Streptococcus pneumoniae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Streptococcus pneumoniae
Pneumococcus CDC PHIL ID1003.jpg
S. pneumoniae di cairan spinal. Pewarnaan FA (diwarnai secara digital).
Klasifikasi ilmiah
Domain: Bacteria
Filum: Firmicutes
Kelas: Cocci
Ordo: Lactobacillales
Famili: Streptococcaceae
Genus: Streptococcus
Spesies: S. pneumoniae
Nama binomial
Streptococcus pneumoniae
(Klein 1884)
Chester 1901

Streptococcus pneumoniae, atau pneumokokus, adalah anggota dari genus Streptococcus yang Gram-positif, alfa-hemolitik (dalam kondisi aerob) atau beta-hemolitik (dalam kondisi anaerob), dan anaerob fakultatif.[1] Sebuah bakteri patogen pada manusia yang signifikan, S. pneumoniae diakui sebagai penyebab utama pneumonia pada akhir abad ke-19, dan merupakan subyek dari banyak penelitian kekebalan humoral.

S. pneumoniae hidup tanpa menyebabkan gejala di nasofaring dari manusia yang sehat. Saluran pernapasan, sinus, dan rongga hidung adalah bagian dari tubuh inang yang biasanya terinfeksi. Namun, pada individu yang rentan, seperti orang tua dan penderita imunodefisiensi dan anak-anak, bakteri bisa menjadi patogen, menyebar ke lokasi lain dan menyebabkan penyakit. S. pneumoniae adalah penyebab utama community acquired pneumonia dan meningitis pada anak-anak dan orang tua, dan septikemia pada orang yang terinfeksi HIV. Metode transmisi termasuk bersin, batuk, dan kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Meskipun namanya demikian, organisme menyebabkan banyak jenis infeksi pneumokokus selain pneumonia. Penyakit-penyakit pneumokokus invasif meliputi bronkitis, rinitis, sinusitis akut, otitis media, konjungtivitis, meningitis, bakteremia, sepsis, osteomielitis, artritis septik, endokarditis, peritonitis, perikarditis, selulitis, dan abses otak.[2]

S. pneumoniae merupakan salah satu penyebab paling umum dari meningitis bakteri pada orang dewasa dan orang dewasa muda, bersama dengan Neisseria meningitidis, dan merupakan penyebab utama meningitis bakteri pada orang dewasa di Amerika Serikat. S. pneumoniae juga salah satu dari dua isolat utama yang ditemukan pada infeksi telinga, otitis media.[3] Pneumonia pneumokokus lebih sering terjadi pada orang yang sangat muda dan sangat tua. Ini juga merupakan bakteri utama untuk penyakit invasif seperti pneumonia dan meningitis pada anak-anak 12 tahun di Asia Selatan, meskipun buktinya memiliki kualitas rendah dan langka.[4]

S. pneumoniae dapat dibedakan dari viridans streptococci, beberapa di antaranya juga alfa-hemolitik, menggunakan tes optochin, karena S. pneumoniae adalah sensitif optochin. S. pneumoniae juga dapat dibedakan berdasarkan sensitivitasnya terhadap lisis oleh empedu, yang disebut "uji kelarutan empedu". Bakteri kokoid, Gram-positif, dan berkapsul ini memiliki morfologi yang khas pada pewarnaan Gram, diplokokus berbentuk lanset. Mereka memiliki kapsul polisakarida yang bertindak sebagai faktor virulensi untuk organisme ini; lebih dari 90 serotipe yang berbeda diketahui, dan jenis-jenis ini berbeda dalam virulensi, prevalensi, dan tingkat resistensi obat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ryan KJ, Ray CG, ed. (2004). Sherris Medical Microbiology. McGraw Hill. ISBN 0-8385-8529-9. 
  2. ^ Siemieniuk, Reed A.C.; Gregson, Dan B.; Gill, M. John (Nov 2011). "The persisting burden of invasive pneumococcal disease in HIV patients: an observational cohort study". BMC Infectious Diseases. 11: 314. doi:10.1186/1471-2334-11-314. PMC 3226630alt=Dapat diakses gratis. PMID 22078162. 
  3. ^ Dagan R (2000). "Treatment of acute otitis media—challenges in the era of antibiotic resistance". Vaccine. 19 (Suppl 1): S9–S16. doi:10.1016/S0264-410X(00)00272-3. PMID 11163457. 
  4. ^ Jaiswal, Nishant; Singh, Meenu; Thumburu, Kiran Kumar; Bharti, Bhavneet; Agarwal, Amit; Kumar, Ajay; Kaur, Harpreet; Chadha, Neelima; et al. (5 May 2014). "Burden of Invasive Pneumococcal Disease in Children Aged 1 Month to 12 Years Living in South Asia: A Systematic Review". PLoS ONE. 9 (5): e96282. doi:10.1371/journal.pone.0096282. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]