Strawberry Fields Forever

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"Strawberry Fields Forever"
Singel oleh The Beatles
Sisi-A"Penny Lane"
Dirilis13 February 1967 (US)
17 February 1967 (UK)
Format7"
DirekamNovember–December 1966
EMI Studios, London
GenrePsychedelic rock,[1] psychedelic pop[2]
Panjang4:05
LabelParlophone (UK)
Capitol (US)
PenciptaLennon–McCartney
ProduserGeorge Martin
Kronologi singel The Beatles
"Yellow Submarine" / "Eleanor Rigby"
(1966)
"Strawberry Fields Forever" / "Penny Lane"
(1967)
"All You Need Is Love"
(1967)
Sampel Musik

"Strawberry Fields Forever" adalah sebuah lagu The Beatles. Lagu ini ditulis oleh John Lennon dan dikaitkan dengan Lennon-McCartney lagu kemitraan. Hal ini terinspirasi oleh kenangan Lennon bermain di taman Angkatan Darat rumah Salvation bernama "Strawberry Field" di dekat rumah masa kecilnya.

"Strawberry Fields Forever" itu dimaksudkan untuk album Sgt.pepper Lonely Hearts Club Band (1967), karena merupakan lagu pertama yang direkam untuk itu, tetapi malah dirilis pada bulan Februari tahun 1967 sebagai ganda single-side dengan Paul McCartney "Penny Lane".Strawberry Fields Forever" mencapai nomor delapan di Amerika Serikat, dengan banyak kritikus menggambarkan sebagai salah satu rekaman terbaik kelompok. Ini adalah salah satu karya mendefinisikan dari genre psychedelic rock dan telah ditutupi oleh banyak seniman,lagu itu kemudian disertakan pada AS Magical Mystery Tour LP (meskipun tidak pada British paket EP ganda dengan nama yang sama).. The Strawberry Fields peringatan di New York City,Central Park dinamai setelah lagu itu dibuat.

Awal mula[sunting | sunting sumber]

Strawberry Field adalah nama rumah salvation army childern's,disekitar sudut rumah masa kecil lennon di woolton,pinggiran liverpool.lennon dan teman masa kecilnya pete shotton, nigel walley,dan ivan vaughan menggunakan tempat ini untuk bermain. salah satu anak mengajak lennon untuk pesta kebun yang diadakan setiap musim panas di calderstones dekat bala keselamatan rumah tiap tahun di mana sebuah band salvation army dimainkan.

Lennon "Strawberry Fields Forever" dan McCartney "Penny Lane" berbagi tema nostalgia selama bertahun-tahun awal mereka di Liverpool. Meskipun kedua disebut lokasi aktual, dua lagu juga memiliki nuansa surealistik dan psychedelic yang kuat. Produser George Martin mengatakan bahwa ketika ia pertama kali mendengar "Strawberry Fields Forever", dia pikir itu disulap "kabur, impresionistik mimpi".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ J. DeRogatis, Turn On Your Mind: Four Decades of Great Psychedelic Rock (Milwaukie, Michigan: Hal Leonard, 2003), ISBN 0-634-05548-8, p. 160.
  2. ^ C. Heylin, The Act You've Known For All These Years: the Life, and Afterlife, of Sgt. Pepper (London: Canongate Books, 2007), ISBN 1-84195-955-3, p. 153