Stjepan Hauser

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stjepan Hauser (2017)

Stjepan Hauser (ucapan Kroasia: pelafalan dalam bahasa Serbo-Croatian: [stjêpaːn xǎuser]; lahir 15 Juni 1986) adalah seorang cellis Kroasia, anggota 2Cellos, bersama dengan Luka Šulić.

Masa kecil dan pendidikan musik[sunting | sunting sumber]

Hauser lahir di Pula dalam sebuah keluarga pemusik. Di situlah ia memulai pendidikan musiknya. Ia mempunyai seorang saudara perempuan, seorang wartawan di Pula. Hauser menyelesaikan pendidikan menengahnya di Rijeka. Ia belajar di Zagreb, London, dan belakangan di Amerika Serikat di bawah bimbingan Bernard Greenhouse.[1]

Ia memenangkan berbagai kompetisi dan penghargaan Britania seperti: PLG Young Artists Auditions 2009, J & A Beare Solo Bach Competition 2009, NYOS Staffa Award 2009, Philharmonia Orchestra – Martin Musical Scholarship Fund 2009 & 2008, Eastbourne Symphony Orchestra Young Soloist Competition 2009 & 2007, Tunbridge Wells International Young Concert Artists Competition 2008 & 2006, Computers in Personnel International Concerto Competition 2008, Frankopan Fund Award 2006, dan MBF Music Education Award 2006 & 2005. Ia juga memperoleh juara dalam berbagai kompetisi cello internasional dan penghargaan seperti Kompetisi Adam Cello di Selandia Baru 2009, dan VTB Capital Prize for Young Cellists 2009. Secara keseluruhan Stjepan mengumpulkan 21 hadiah pertama dari berbagai kompetisi nasional dan internasional dan akibatnya, ia diundang untuk tampil dua kali dalam konser Gala untuk Pangeran Charles di Istana Buckingham dan istana St. James.

Karier[sunting | sunting sumber]

Meskipun baru berusia 20-an tahun, cellis Stjepan Hauser telah mengadakan pertunjukan di lebih dari 40 negara di seluruh benua, termasuk debutnya yang sukses di Wigmore Hall, Royal Albert Hall, Amsterdam Concertgebouw, Southbank Centre dan banyak lagi lainnya.

Cellis muda ini telah bekerja sama dengan berbagai terkemuka lainnya sepserti Mstislav Rostropovich, Bernard Greenhouse, Heinrich Schiff, Frans Helmerson, Arto Noras, Ralph Kirshbaum, Valter Despalj, Philippe Muller, Thomas Demenga, Young-Chang Cho, Valter Despalj, Reinhard Latzko, Karine Georgian, Roel Dieltiens dan Alexander Ivashkin. Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya dengan Natalia Pavlutskaya di Trinity College of Music, kini Trinity Laban, London dan pascasarjanaya dengan Ralph Kirshbaum sebagai Dorothy Stone Scholar di RNCM di Manchester dan dengan Bernard Greenhouse di AS.

Pada Oktober 2006 ia menjadi satu-satunya cellis yang terpilih untuk tampil dalam konser gala di Palazzo Vecchio, Firenze, untuk almarhum Mstislav Rostropovich. Setelah sukses penampilannya ini Stjepan telah diundang untuk tampil dalam festival-festival paling bergengsi di Eropa. Pada Musim Musik Belanda Internasional 2009, ia terpilih untuk ikut serta dalam rangkaian konser "New Masters on Tour", yang menampilkan para seniman muda di tempat-tempat konser bergengsi di seluruh Eropa.[butuh rujukan]

Together with the Slovenian violinist Lana Trotovsek and Japanese pianist Yoko Misumi, Stjepan was a member of the renowned Greenwich Trio described by legendary cellist Bernard Greenhouse as the "New Beaux Arts Trio."

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nina Ožegović (21 December 2012). "Stjepan Hauser - hrvatski virtuoz na dvoru britanske kraljice" (dalam bahasa Croatian). Nacional. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-24. Diakses tanggal 25 July 2012.