Step Brothers (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Step Brothers
Berkas:StepbrothersMP08.jpg
Theatrical poster
SutradaraAdam McKay
Produser
Skenario
Cerita
Pemeran
MusikJon Brion
SinematografiOliver Wood
PenyuntingBrent White
Perusahaan
produksi
DistributorColumbia Pictures
Tanggal rilis
  • 25 Juli 2008 (2008-7-25)
Durasi
98 minutes
105 minutes (unrated version)
NegaraUnited States
BahasaInggris
Anggaran$65 million[1]
Pendapatan kotor$128.1 million[1]

Step Brothers adalah film Amerika Serikat produksi tahun 2008 bergenre drama komedi yang disutradarai oleh Adam McKay, berdasarkan skenario yang ditulis oleh Will Ferrell dan McKay from, diangkat dari cerita karya Ferrell, McKay, dan John C. Reilly. Film ini dibintangi oleh Ferrell dan Reilly, tentang dua orang saudara tiri, Brennan (Ferrell) dan Dale (Reilly), yang tinggal dalam satu rumah bersama kedua orang tua mereka yang baru saja menikah.

Step Brothers dirilis pada tanggal 25 Juli 2008, dua tahun setelah Talladega Nights: The Ballad of Ricky Bobby. Kedua film ini dimainkan oleh aktor yang sama, begitu juga penulis skenario dan tim produksinya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang pria berusia 39 tahun, Brennan Huff, pria berusia 40 tahun, Dale Doback, adalah pengidap sindrom anak-anak yang selalu tinggal di rumah. Brennan tinggal bersama ibunya, Nancy; dan Dale tinggal bersama ayahnya, Robert; orang tua mereka bertemu di suatu acara dan salin jatuh cinta. Robert dan Nancy menikah, memaksa Brennan dan Dale tinggal dalam satu rumah sebagai saudara tiri.

Brennan dan Dale tidak menyukai satu sama lain, saling mencela dan mengintervensi gaya hidup masing-masing. Brennan memainkan perangkat alat musik drums milik Dale dan membuat keributan di halaman rumah. Mereka diberi waktu selama satu pekan oleh sang ayah untuk mencari pekerjaan atau dalam satu bulan mereka akan dipaksa keluar dari rumah.

Ketika adik Brennan, Derek, seorang agen leasing helikopter, datang mengunjungi keluarga itu, dia mengejek atas ketidaksukesan hidup mereka yang usil dan manja, mendapatkan pukulan keras dari Dale di mukanya. Di akhir kunjungan itu, sebelum keluarga Derek pulang, istri Derek tiba-tiba memaksa Dale untuk mencumbui dan melakukan adegan sex sesaat. Selanjutnya, Brennan dan Dale ada banyak hal yang dianggap sebagai kesamaan minat, dan mereka mulai mengembangkan sikap sebagai saudara yang baik, penuh persahabatan.

Robert menjadwalkan beberapa wawancara untuk Brennan dan Dale, tetapi keduanya justru mencela pewawancara melalui sikap-sikap yang kurang menghormati. Robert dan Nancy mengungkapkan rencana mereka untuk pensiun dan berlayar mengelilingi dunia dengan kapal, dan mengizinkan Derek untuk menjual rumah mereka, serta memaksa Brennan dan Dale untuk menjalani terapi untuk menghadapi hidup masa depan mereka. Dale dan Brennan memutuskan mengawali untuk menjalani karier dengan mendirikan perusahaan hiburan, "Prestige Worldwide". Mereka mempersembahkan musik video pertama mereka pada saat ulang tahun Derek, termasuk potongan adegan yang menggambarkan insiden merusak kapal Robert. Pada Hari Natal, Robert mengumumkan bahwa dia akan menceraikan Nancy, yang disebabkan oleh ulah Brennan dan Dale. Saling menyalahkan satu sama lain atas perceraian orang tua mereka, mereka berkelahi, tetapi mereka memutuskan pergi menempuh jalan yang terpisah. Brennan bekerja di perusahaan leasing helikopter milik Derek, dan Dale bekerja di perusahaan catering. Beberapa pekan kemudian, Brennan dan Dale menjadi semakin dewasa dan sukses.

Brennan mengelola perusahaan The Catalina Wine Mixer untuk perusahaan Derek, mengundang Robert dan Nancy. Mereka meminta perusahaan company di mana Dale bekerja, Pesta berjalan sukses, sampai dengan penyanyi utama band Uptown Girl (diambil dari sebuah lagu terbitan 1980 karya Billy Joel), yang merespon seseorang dalam kerumunan melalui kata-kata seronok secara eksplisit, lalu band itu diusir dari acara. Di panggung yang kosong, Brenan dan Dale dengan lagu Con Te Partiro yang memukau penonton, termasuk Derek. Di akhir acara Derek menyatakan kekagumannya kepada Brenan dan Dale, apalagi penjualan helikopter melebihi target. Denise yang juga hadir dalam acara itu akhirnya menyatakan cinta kepada Brenan. Robert akhirnya mendorong Brennan dan Dale agar mereka berpenampilan eksentrik lagi seperti sebelumnya. Dale mengakhiri skandal sex dengan Alice, istri Derek, karena semakin merasa cemas.

Enam bulan kemudian, Robert dan Nancy kembali bersatu dan menempati rumah lama mereka. Brennan dan terapisnya, Denise, menikah, ketika Brennan dan Dale mendirikan perusahaan hiburan yang sukses dan menjalankan usaha acara karaoke. Robert memperbaiki perahunya dan meletakkannya di halaman belakang rumah. Di akhir film, Brennan dan Dale berhasil membalas kenakalan sekelompok anak sekolah yang suka mem-bully mereka setahun sebelumnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Step Brothers menuai beragam ulasan dari para kritikus. Di situs pengumpul ulasan Rotten Tomatoes, film ini menempati rating sebesar 55%, berdasarkan 180 orang pengulas, dengan rata-rata rating 5.5/10.[2] Sedangkan di website Metacritic, film ini mendapatkan skor 51 dari 100, berdasarkan 33 orang kritikus, yang mengindikasikan bahwa film ini mendapatkan ulasan beragam.[3] Film ini dirilis melalui format home video pada tangal 2 Desember 2008 dengan satu keping yang bertanda rated edition, satu keping lagi bertanda unrated edition dan dua keping bertanda unrated edition. Film ini berhasil dijual sekitar 3.87 juta keping DVD dan Blu-ray, dengan total penghasilan mencapai $63.7 juta.[4] Untuk rilis home video, Will Ferrell, John C. Reilly, dan Adam McKay merekam sebuah komentar dan kebanyakan lagu, bersama Jon Brion.[5]

Album Rap[sunting | sunting sumber]

McKay mengumumkan melalui Twitter bahwa produksi album rap untuk film Step Brothers menampilkan Ferrell dan Reilly telah dimulai,[6] namun kemudian dikatakan bahwa proses produksi album rap kurang berjalan sesuai harapan dan tidak akan dirilis.[7]

Kemungkinan sequel[sunting | sunting sumber]

Ferrell dan Reilly pernah membicarakan tentang sebuah sequel atas ide dasar dari Reilly.[8][9] McKay juga telah melakukan wawancara tentang kemungkinan diproduksinya sebuah sequel.[10][11][12][13][14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Step Brothers (2008)". Box Office Mojo. 
  2. ^ "Step Brothers Movie Reviews, Pictures". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 2015-03-29. 
  3. ^ "Step Brothers: Review". rogerebert.com. Diakses tanggal 2010-10-19. 
  4. ^ "Step Brothers - DVD Sales". The Numbers. Nash Information Services. 2010. Diakses tanggal 2012-09-09. 
  5. ^ "Now with extra farts! 25 1/2 gimmicky DVD commentary tracks". The A.V. Club. November 1, 2010. Diakses tanggal 2012-09-09. But to make it more of a challenge, Ferrell and company sing most of the commentary, accompanied by Jon Brion, who vamps while the boys free-associate about the movie-making process, their characters' off-screen lives, and the exorbitant price they had to pay for a pair of fake testicles. Because it's all spontaneous, the commentary ranges from the inspired to the irritatingly prolonged, but when Ferrell and Reilly really get into a good groove, they're actually funnier than the main feature. 
  6. ^ McGlynn, Katla (2011-01-04). "Is There A 'Step Brothers' Rap Album In The Works?". Huffington Post. 
  7. ^ Jagernauth, Evin (2012-11-13). "Exclusive: Adam McKay Says 'Step Brothers' Rap Album Fell Apart, Sequel Still Possible But Won't Be Next". The Playlist. 
  8. ^ "Anchorman and Step Brothers sequels?". Den of Geek. Diakses tanggal 2011-03-27. 
  9. ^ ""Step Brothers": Reunited And It Feels So Good". The Urban Daily. 2008-07-28. Diakses tanggal 2011-03-27. 
  10. ^ Zakarin, Jordan (2011-06-17). "EXCLUSIVE: Major 'Hunger Games' Casting Confusion". Huffington Post. 
  11. ^ "Adam McKay Accepts the Death Of 'Anchorman 2' And Pitches 'Step Brothers' Sequel | News". Screen Junkies. 2011-03-21. Diakses tanggal 2011-03-27. 
  12. ^ Germain Lussier (February 27, 2014). "'Anchorman 3′ Won't Happen Says Adam McKay". Slashfilm.com. Diakses tanggal February 27, 2014. 
  13. ^ http://collider.com/step-brothers-2-adam-mckay-the-big-short/#WCDPGyePVXmlYcJC.99
  14. ^ Greene, Andy (February 21, 2017). "Will Ferrell on 'Step Brothers' Sequel: 'You Have to Resist the Temptation'". Rolling Stone. Diakses tanggal February 23, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]