Stasiun Rembang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Stasiun Rembang
  • Singkatan: RB
  • Nomor: 3807
Eksstaiunrembang.jpg
Bekas Stasiun Rembang
Lokasi
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenRembang
KecamatanRembang
KelurahanLeteh
Sejarah
Dibuka1 Mei 1900
Ditutup1 Februari 1992
Informasi lain
OperatorDaerah Operasi IV Semarang
Kelas stasiun[1]I
Letak[2]
Layanan-
Stasiun Rembang 3 tahun pasca dinon-aktifkan.

Stasiun Rembang (RB) adalah stasiun kereta api nonaktif kelas I yang berada di Leteh, Rembang, Rembang. Stasiun ini termasuk dalam Wilayah Aset IV Semarang.

Setelah sukses di jalur utama Jurnatan–Juwana, Samarang–Joana Stoomtram Maatschappij (SJS) memperpanjang jalurnya agar masyarakat Rembang, Grobogan, dan Blora juga ikut menikmati layanan yang dijalankan oleh SJS. SJS kemudian mengincar dua kota pelabuhan, yakni Kota Rembang dan Kota Lasem.

Untuk jalur Juwana menuju Rembang ini dibuka pada tanggal 1 Mei 1900. Pada jalur ini, SJS menargetkan Lasem terhubung dengan kereta api; maka jalur yang dari Juwana juga langsung disambung menuju Lasem. Hal ini bertujuan agar pengiriman produk-produk dari Lasem berjalan lancar. Selain itu, dibangun pula jalur cabang menuju Cepu Kota.[3]

Jalur kereta apinya ditutup pada tahun 1984 untuk Rembang–Cepu Kota, sementara Kemijen–Rembang ditutup pada tahun 1986, sehingga perjalanan kereta apinya hanya rute Rembang–Bojonegoro dengan pola operasi satu kali pergi pulang sehari.[4]

Pada tahun 1992, barulah jalur Rembang–Jatirogo ditutup. Tetapi perlu dicatat bahwa dalam catatan dan foto yang dibuat dan dipotret oleh Michiel van Ballegoijen de Jong dalam bukunya yang berjudul Spoorwegstations op Java, ternyata jalur tersebut belum dibongkar[5] sebelum akhirnya dibongkar seluruhnya pada tahun 1996, ditandai dengan penutupan jalur Rembang–Blora dan Wirosari–Kradenan.

Stasiun ini memiliki dua bangunan depot lokomotif yang besar dan kecil. Depot yang kecil memiliki dua jalur di dalamnya sedangkan depot besar memiliki tiga jalur rel didalamnya. Depot yang kecil berada di tenggara stasiun sedangkan depot yang besar berada agak jauh ke arah timur stasiun dan berdekatan dengan wesel percabangan menuju Blora.

Saat ini emplasemen stasiun ini berubah menjadi kios dan tidak ada reaktivasi untuk jalur ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Buku Informasi Direktorat Jenderal Perkeretaapian 2014 (PDF). Jakarta: Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan Indonesia. 
  2. ^ Subdit Jalan Rel dan Jembatan (2004). Buku Jarak Antarstasiun dan Perhentian. Bandung: PT Kereta Api (Persero). 
  3. ^ Samarang–Joana Stoomtram. Verslag der Samarang–Joana Stoomtram Maatschappij. SJS. 
  4. ^ Pemkab Rembang (1988). Rembang Selayang Pandang. Rembang: Kantor Statistik Kabupaten Rembang. 
  5. ^ de Jong, Michiel van Ballegoijen (1993). Spoorwegstations op Java. 
Stasiun sebelumnya   Logo PT KAI (Persero) (New version 2016).svg Lintas Kereta Api Indonesia Logo of the Ministry of Transportation of the Republic of Indonesia.svg   Stasiun berikutnya
Rembang Pasar
menuju Juwana
Juwana–RembangTerminus
Rembang–Bojonegoro
Kabongan
menuju Bojonegoro
Rembang–Blora
Besi
menuju Blora
Percabangan menuju Pelabuhan Rembang
Pelabuhan Rembang
Terminus

Koordinat: 6°42′34″S 111°20′32″E / 6.7095756°S 111.3423207°E / -6.7095756; 111.3423207