Stasiun Purwokerto Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Stasiun Purwokerto Timur
COLLECTIE TROPENMUSEUM Het spoorwegstation bij de suikeronderneming Poerwokerto. Het smalspoor werd vooral gebruikt voor transport ten behoeve van de fabriek. TMnr 60004361.jpg
Stasiun Purwokerto Timur tempo doeloe
Letak
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Banyumas
Kecamatan Purwokerto Timur
Kelurahan Kranji
Alamat Jalan Jenderal Soedirman
Kode pos 53116
Sejarah
Dibuka 1896-1917
Ditutup 1978
Nama sebelumnya Stasiun Purwokerto SDS, Purwokerto-Oost
Informasi lain
Operator Daop V Purwokerto
Singkatan stasiun PKT
Letak
Nomor stasiun 2240
Layanan Tidak ada layanan setelah KA Pupuk tak aktif.
Fasilitas
Tata letak stasiun

Stasiun Purwokerto Timur (PKT) adalah stasiun kereta api nonaktif yang terletak di Purwokerto Timur, Banyumas. Stasiun ini terletak di Daerah Operasi V Purwokerto. Stasiun ini milik bekas perusahaan kereta api Belanda, SDS (Serajoedal Stoomtram Maatschappij)

Stasiun ini dahulu merupakan stasiun kedua terbesar di Kota Purwokerto selain Stasiun Purwokerto. Namun sayangnya sejak ditutup jalur menuju Wonosobo, stasiun ini hanya melayani kereta angkutan pupuk Pusri. Itupun hanya sampai tahun 1985 karena faktor yang tak diketahui.

Stasiun ini dahulu dibangun pada tahun 1896-1917 oleh Serajoedal Stoomtram Maatschappij (SDS), perusahaan kereta api Hindia Belanda. Stasiun ini dahulu melayani pemberangkatan kereta api uap tujuan Sokaraja, Purbalingga, Banjarnegara, dan lain-lain. Selain melayani jalur ini, Stasiun Purwokerto Timur merupakan pusat jaringan trem uap kota Purwokerto.

Stasiun ini pun kini menjadi sangat kotor. Bangunan aslinya sudah menjadi sebuah restoran pizza. Gerbong KA yang dahulu pernah dipakai untuk angkutan pupuk pun tersebar di mana-mana. Bahkan sebagian gerbong pupuknya menjadi rumah orang tunawisma. Kini hampir seluruh bagian dalam stasiun ini telah hilang, karena telah dibongkar untuk dijadikan bangunan baru.

Jalur cabang ke Maos[sunting | sunting sumber]

Ke arah barat, sebelum memasuki stasiun Purwokerto, terdapat percabangan yang menuju ke arah selatan. Jalur ini dahulu merupakan jalur kereta api yang menuju stasiun Maos. Jalur ini melewati Patikraja terus bersatu dengan jalur KA utama di Stasiun Kebasen sebelum bercabang kembali ke arah Glempang hingga ke Stasiun Maos. Jalur in dahulu dibuat oleh Serajoedal Stoomtram Maatschappij (SDS), perusahaan kereta api yang mengkelola jalur KA di sekitar Purwokerto untuk kepentingan angkutan barang dan penumpang.

Sayangnya jalur ini dicabut oleh tentara Jepang pada masa pendudukan Jepang. Kini sebagian besar sisanya sudah hilang, namun berberapa jembatanya masih ada seperti Jembatan Patikraja yang berada di Kali Serayu yang kini menjadi jembatan mobil.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jalur kereta api Purwokerto-Wonosobo
Stasiun sebelumnya:
Stasiun Purwokerto
Stasiun berikutnya:
Halte Pasar Wage
Jalur kereta api Maos-Purwokerto Timur
Stasiun sebelumnya:
Halte Tanjung (Banyumas)
Stasiun berikutnya:
-