Stasiun LRT Sri Rampai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
 KJ4 
Stasiun LRT Sri Rampai
Stasiun Angkutan cepat Rute Terminal PUTRA-Kelana Jaya
Sri Rampai station (Kelana Jaya Line), Kuala Lumpur.JPG
Stasiun Sri Rampai
Pemilik Syarikat Prasarana Negara (2002 hingga kini); dikendali oleh RapidKL.
Jalur Laluan Kelana Jaya (2010–)
Rel 2
Informasi lain
Kode stasiun  KJ4 
Sejarah
Dibuka 24 Desember 2010
Layanan
Stasiun sebelumnya   Rel RapidKL   Stasiun berikutnya
Terminal PUTRA-Kelana Jaya

Stasiun LRT Sri Rampai merupakan stasiun Angkutan cepat yang terletak di perbatasan Taman Sri Rampai dan Wangsa Maju di utara Kuala Lumpur, Malaysia, di Rute Terminal PUTRA-Kelana Jaya. Stasiun ini dibuka pada 24 Desember 2010, lebih sepuluh tahun setelah pembukaan jalur ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pemandangan di peron stasiun Sri Rampai.

Konstruksi stasiun ini dimulai bersama seluruh alirannya pada tahun 1996, tetapi dihentikan pada tahun 1997 akibat kekurangan penduduk di daerah sekitar dan pembatalan sebuah proyek perumahan yang berdekatan.[1] Meskipun seluruh Jalur Ini dibuka pada 1999 dengan tersenarai stasiun Sri Rampai dalam peta pengalihan, namun stasiun ini masih ditutup dan semua kereta api berjalan langsung agar melewati stasiun ini.

Pada 25 Agustus 2006, rel di stasiun ini dilanda air banjir kilat, sehingga mengakibatkan layanan tergendala sepanjang seluruh Rute Terminal PUTRA-Kelana Jaya berjam-jam lamanya serta menyebabkan kemaceten penumpang yang hebat di antara Stasiun KLCC dan Stasiun Kuala Lumpur Sentral. Pengoperasian dipulihkan beransur-ansur menjelang 8:30 malam (MST).[2]

Konstruksi dimulai kembali pada September 2008. Pada 24 Desember 2010, stasiun Sri Rampai akhirnya dibuka kepada publik dan memulai layanan berbayar.

Desain bentuk[sunting | sunting sumber]

Stasiun LRT Sri Rampai merupakan stasiun lantai tanah bertingkat dua, dengan daerah peron (yang terdiri dari dua peron tepi) dibangun di bawah permukaan, sedangkan seluruh struktur yang lain terletak di atas permukaan. Inilah satu-satunya stasiun Rute Terminal PUTRA-Kelana Jaya yang terletak di lantai tanah, dibandingkan dengan stasiun-stasiun lain yang terletak di atas tinggi atau bawah tanah.


Stasiun Terdekat[sunting | sunting sumber]

Stasiun sebelumnya Stasiun LRT Sri Rampai Stasiun selanjutnya
Wangsa Maju   Rute Terminal PUTRA-Kelana Jaya   Setiawangsa
  1. ^ http://www.myrapid.com.my/news-events/media-releases/2010/sri-rampai-station-be-opened-friday
  2. ^ Dharmender Singh (2006-08-26). "LRT services disrupted by flooding at new station". The Star Online. Diakses tanggal 2007-05-17.