Stasiun LRT Chan Sow Lin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
 AG11  SP11 
Stasiun LRT Chan Sow Lin
Chan Sow Lin station (Star Line) (exterior), Kuala Lumpur.jpg
Pemandangan luar stasiun transit Chan Sow Lin, ke arah barat daya dari Jalan Chan Sow Lin.
Lokasi Jalan Chan Sow Lin, Pudu, Kuala Lumpur, Malaysia.
Koordinat 3°7′40″LU 101°42′55″BT / 3,12778°LU 101,71528°BT / 3.12778; 101.71528
Pemilik Syarikat Prasarana Negara (2002 – kini); diurus oleh RapidKL.
Peron 2 peron pulau
Rel 3
Sejarah
Dibuka 16 Desember 1996
Layanan
Stasiun sebelumnya   Rel RapidKL   Stasiun selanjutnya
Sentul Timur-Ampang
menuju Ampang
Sentul Timur-Sri Petaling

Chan Sow Lin adalah stasiun Angkutan cepat selantai tanah merupakan perubahan yang terletak di Pudu, Kuala Lumpur, Malaysia. Di sinilah rute tunggal Rute Ampang (dahulunya STAR LRT) dari Sentul Timur bercabang menjadi dua, yaitu satu ke Ampang di arah timur dan satu lagi ke Sri Petaling di arah tenggara.

Stasiun ini dibuka pada 16 Desember 1996 dalam fase pertama pembukaan sistem STAR, bersama 13 stasiun lain sepanjang rute Sultan Ismail-Ampang.


Lokasi[sunting | sunting sumber]

Stasiun perubahan Chan Sow Lin terletak di ujung selatan kota Pudu. Stasiun ini bertujuan mengambil penumpang di ujung selatan Pudu, ujung barat Taman Maluri dan ujung barat laut Taman Miharja. Taman Malur dan Taman Miharja sudah ada stasiun yang sama namanya, iatu stasiun Miharja dan stasiun Maluri di arah timur. Perubahan ini pula memetik namanya dari Jalan Chan Sow Lin yang melalui pintu masuk utama stasiun.

Stasiun ini menggunakan rute lama yang pernah digunakan oleh Federated Malay States Railway dan Malayan Railway (KTM) antara Kuala Lumpur, Ampang dan Salak Selatan. Oleh karena itu, stasiun ini terletak berhampiran dengan beberapa bekas penempatan badan pemerintah (cabang Kerja Raya dan Kerja Rekayasa) yang pernah bersambung dengan rute KTM, sehinggalah ditutup pada 1990-an untuk diberi rute kepada STAR.

Desain arsitektur[sunting | sunting sumber]

Desain arsitektur stasiun perubahan ini sama dengan kebanyakan stasiun lain sepanjang Jalur Ampang, yaitu adanya atap bertingkat-tingkat yang didukung oleh jeda-jeda berkekisi, dan tembok dan tiang berlepa putih. Platform dan landasannya searas dengan tanah, sementara daerah kaunter karcis tunggalnya terletak searas di atas platform dengan jembatan penyebrangan orang yang menyeberangi landasan.

Peron[sunting | sunting sumber]

Pemandangan lantai peron transit Chan Sow Lin, menampakkan penggunaan satu platform tengah (kiri) dan terabainya yang satu lagi (kanan).

Desain arsitektur dan penggunaan platform di stasiun Chan Sow Lin agak berbeda karena wujudnya dua platform tengah yaitu Platform 1 dan 2 berselang tiga landasan. Setiap platform ini dibahagi kepada bagian a dan b, maka dibaca 1a, 1b, 2a dan 2b. Bagian b berkongsi landasan tengah, sementara bagian a menghubungi landasan eksternal masing-masing. Platform 2a dilalui tren ke Putra Heights (PH37) sedangkan platform 1a dilalui tren ke Sentul Timur (S18). Platform b pula dilalui tren ke Ampang (S01) dan menjadi terminal untuk tren menuju ke Ampang.

Transit[sunting | sunting sumber]

Perubahan Chan Sow Lin dikhususkan untuk penggunaan penumpang dari stasiun yang hanya dihubungkan dengan rute ke Ampang untuk pindah kereta api ke stasiun yang hanya dihubungkan dengan rute ke Sri Petaling, atau sebaliknya. Perubahan sedemikian berupa: turun dari kereta api di peron, menunggu, dan naik sebuah tren lain yang tiba di peron sama.

Diingatkan bahwa perubahan antara tren ke Ampang dan tren ke Sri Petaling juga bisa dilakukan di semua stasiun lain antara rute tunggal Sentul Timur dan Chan Sow Lin karena bagian aliran ini digunakan oleh kedua-dua tren ke Ampang dan ke Sri Petaling. Namun begitu, memandangkan stasiun perubahan Chan Sow Lin adalah satu-satunya stasiun dalam rute tunggal tersebut yang berplatform tengah dan dikongsi oleh kedua-dua tren ke Ampang dan ke Sri Petaling, maka stasiun ini dapat melicinkan perubahan antara kedua-dua cabang aliran.

Hubungan dengan Bus RapidKL[sunting | sunting sumber]

Stasiun LRT Chan Sow Lin bisa dicapai melalui bus RapidKL yang berikut:-

  • U41 : Terminal Jalan Sultan Mohamad - Kota Sungai Long melalui KTM Komuter Serdang - Terminal Jalan Sultan Mohamad
  • U48 : KL Monorail Bukit Bintang - Desa Petaling - KL Monorail Bukit Bintang

Stasiun terdekat[sunting | sunting sumber]

Stasiun sebelumnya Stasiun LRT Chan Sow Lin Stasiun selanjutnya
Pudu   Rute Sentul Timur-Ampang   Miharja
Pudu   Rute Sentul Timur-Sri Petaling   Cheras