Star Trek: Deep Space Nine Musim 1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
DS9.JPG

Episode[sunting | sunting sumber]

Emmisary[sunting | sunting sumber]

Seperti episode pembuka seri televisi Star Trek lainnya, Emmisary dibuat sepanjang dua episode biasa. Dalam episode ini, diceritakan bahwa Starfleet baru tiba di Deep Space Nine yang kondisinya sangat parah. Komandan Benjamin Sisko ditugaskan untuk memimpin stasiun luar angkasa tersebut, tetapi ia menolaknya. Kapten Jean-Luc Pciard berjanji akan mencarikan penganti, akan tetapi sampai penggantinya ditemukan ia harus tetap bertugas di sana.

Pada episode ini pula ia menemukan wormhole yang menghubungkan Kuardan Alpha dan Kuardan Gamma. Akhir cerita, Sisko memutuskan untuk tetap tinggal di stasiun Deep Space Nine.

Past Prologue[sunting | sunting sumber]

Mayor Kira bertemu dengan teman lamanya saat ia masih memberontak memperjuangkan kemerdekaan Bajoran dari Cardassian. Ternyata, teman lama yang ia percayai berencana untuk meenghancurkan wormhole ynag menghubungkan Kuardan Alpha dan Kuardan Beta. Kira berhasil mencegahnya.

A Man Alone[sunting | sunting sumber]

Terjadi kehebohan di Deep Space Nine. Kepala keamanan Odo dituduh telah membunuh musuh bebuyutannya. Namun, setelah melalui investigasi yang panjang dan rumit, ternyata sang musuh membuat kloning dirinya sendiri lalu membunuhnya agar dapat menjebak Odo.

Babel[sunting | sunting sumber]

Stasiun Deep Space Nine diserang virus apashia yang menyebabkan semua awak tidak dapat berbicara dengan benar dan mati perlahan. Mayor Kira menjemput salah seorang teman pembuat virus tersebut, sedangkan sebagai dua orang terakhir yang masih bertahan, Kepala Keamanan Odo dan Quark, pedagang Ferengi menyelamatkan stasiun tersebut dari ledakan sebuah pesawat. Akhirnya, virus tersebut berhasil ditanggulangi dan kehidupan normal berjalan di stasiun.

Captive Pursuit[sunting | sunting sumber]

Seorang alien yang mengindentifikasi dirinya sebagai Tosk datang dari Kuardan Gamma ke Kuardan Alpha. Ternyata, ia sedang diburu sebagai bagian dari kebudayaan masyarakat di sana. O'Brien membantu Tosk untuk melarikan diri.

Q-Less[sunting | sunting sumber]

Q, mahluk dengan kekuatan luar biasa mendatangi stasiun Deep Space Nine seiring dengan dievakuasinya arkeologis Vash setelah terdampar tahunan di Kuardan Gamma. Ternyata, Vash yang dibawa Q kesana tanpa sengaja membawa sebuah mahluk endemik ke stasiun. Mahluk tersebut hampir menghancurkan seluruh stasiun setelah menariknya ke lubang wormhole.

Dax[sunting | sunting sumber]

Dax, seorang simbion Trill dituduh telah membunuh seseorang bertahun-tahun yang lalu melalui simbion sebelumnya. Namun, setelah investigasi yang panjang, ternyata Dax tidak bersalah sama sekali karena simbion sebelumnya sedang berada di kamar istri sang korban.

The Passanger[sunting | sunting sumber]

Rao Vantika, buronan kelas kakap Kobliad menguasai tubuh Dokter Bashir dan membajak pengiriman deuridium yang beracun dan berharga. Beruntung awak Deep Space Nine berhasil mengeluarkan Vantika dari pikiran Bashir dan semua kembali normal.

Move Along Home[sunting | sunting sumber]

Beberapa delegasi Wadi dari Kuardan Gamma datang dan bermain di Quark's, tetapi Quark mencurangi mereka sehingga ia ditantang untuk bermain melawan mereka dalam permainan yang disebut Chula. Tiba-tiba, begitu permainan dimulai, Komandan Benjamin Sisko, Mayor Kira, Dokter Bashir, dan Letnan Dax menghilang dan muncul di dalam permainan Chula yang memiliki objektif untuk pulang ke rumah (move along home).

Mereka gagal, tetapi ternyata permainan tersebut sepenuhnya aman. Para Wadi kembali ke Kuardan Gamma dan menantang Quark untuk mengadakan pertandingan ulang di kemudian hari.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]