Stabilisasi gambar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Stabilisasi gambar atau penstabilan gambar (bahasa Inggris: image stabilization) adalah teknik yang digunakan untuk mengurangi keburaman yang berkaitan dengan gerakan kamera atau perangkat pencitraan selama pengeksposuran. Pada umumnya, teknik ini mengkompensasi gerakan pan dan tilt (gerakan angular atau setara dengan yaw dan pitch) dari perangkat pencitraan, meskipun stabilisasi gambar elektronik juga dapat mengkompensasi rotasi.[1] Teknik ini digunakan dalam teropong gambar distabilkan, kamera penangkap gambar diam dan video, teleskop astronomi, dan juga telepon pintar, terutama yang berkualitas tinggi. Dengan kamera diam, goyangan kamera ini terutama bermasalah pada lambatnya kecepatan rana atau dengan panjang fokal (lensa tele atau zoom). Dengan kamera video, goyangan kamera goyang terlihat bingkai-bingkai jitter dalam video yang direkam. Dalam astronomi, masalah goyangan lensa diperkuat oleh variasi dalam atmosfer dari waktu ke waktu, perubahan yang jelas posisi dari benda-benda dari waktu ke waktu.

Teknik[sunting | sunting sumber]

Stabilisasi gambar optik[sunting | sunting sumber]

Perbandingan foto jarak dekat dari papan tombol dengan dan tanpa stabilisasi gambar optik

Sebuah penstabil gambar optik, adalah mekanisme yang digunakan dalam kamera foto atau kamera video yang dapat menstabilkan gambar yang direkam dengan menyesuaikan jalur optik untuk sensor. Teknologi ini diimplementasikan dalam lensa itu sendiri, yang berbeda dengan penstabil gambar dalam badan kamera, yang beroperasi dengan menggerakkan sensor sebagai elemen terakhir pada jalur optik. Elemen kunci dari semua sistem stabilisasi optik adalah bahwa penstabilan gambar diproyeksikan pada sensor sebelum sensor mengubah gambar ke informasi digital.

Perusahaan tertentu memiliki nama yang berbeda untuk teknologi ini, misalnya:

  • Vibration Reduction (VR) – Nikon (memproduksi lensa optik stabil, 38–105 mm f/4-7.8 zoom yang dibenamkan ke kamera Nikon Zoom 700VR (AS: Zoom-Touch 105 VR) pada 1994)[2]
  • Image Stabilizer (IS) – Canon (memperkenalkan lensa dua aksis optik pertama (EF 75–300 mm F4-5.6 IS USM) pada tahun 1995. Pada tahun 2009, mereka memperkenalkan lensa pertama (EF 100 mm F2.8 Macro L) yang menggunakan Hybrid IS empat aksis.)
  • Anti-Shake (AS) – Minolta dan Konica Minolta (Minolta memperkenalkan penstabil gambar berbasis sensor dua aksis dengan DiMAGE A1 pada tahun 2003)
  • IBIS – Body Image StabilizationOlympus
  • Optical SteadyShot (OSS) – Sony (untuk Cyber-shot dan beberapa α lensa E-mount)
  • MegaOIS, PowerOIS – Panasonic dan Leica
  • SteadyShot (SS), Super SteadyShot (SSS), SteadyShot INSIDE (SSI) – Sony (berdasarkan Konica Minolta Anti-Shake pada awalnya, Sony memperkenalkan variasi bingkai penuh dua aksis untuk DSLR-A900 pada tahun 2008 dan penstabil 5 aksis untuk bingkai penuh ILCE-7M2 pada tahun 2014)
  • Optical Stabilization (OS) – Sigma
  • Vibration Compensation (VC) – Tamron
  • Shake Reduction (SR) – Pentax
  • PureViewNokia (memproduksi ponsel dengan sensor optik stabil pertama yang dibenamkan ke dalam Lumia 920)
  • UltraPixel – HTC (Stabilisasi Gambar ini hanya tersedia untuk HTC One tahun 2013 & HTC 10 tahun 2016 dengan UltraPixel. Fitur ini tidak tersedia untuk HTC One (M8) atau HTC Butterfly S, yang juga memiliki UltraPixel)

Sebagian besar ponsel pintar berkualitas tinggi pada akhir tahun 2014 menggunakan Stabilisasi Gambar Optik untuk foto dan video.[3]

Dalam mata biologis[sunting | sunting sumber]

Pada banyak hewan, termasuk manusia, telinga bagian dalam berfungsi sebagai analog biologis dari sebuah akselerometer di sistem stabilisasi gambar kamera untuk menstabilkan gambar dengan menggerakkan mata. Ketika rotasi kepala terdeteksi, penghambatan sinyal yang dikirim ke otot-otot ekstraokular pada satu sisi dan merangsang sinyal ke otot-otot pada sisi yang lain. Hasilnya adalah kompensasi gerakan mata. Biasanya gerakan penundaan gerakan mata terhadap kepala kurang dari 10 milidetik.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Correct shaky video in Final Cut Pro". Apple Support (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 16 Maret 2020. 
  2. ^ "Nikon camera models 1992–1994". mir.com.my (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 16 Maret 2020. 
  3. ^ "15 smartphone cameras with optical image stabilization" (dalam bahasa Inggris). 14 Desember 2014. 
  4. ^ Barnes, G. R. (1979). "Vestibulo-ocular function during co-ordinated head and eye movements to acquire visual targets". Investigative Ophthalmology & Visual Science. 287: 127–147. PMC 1281486alt=Dapat diakses gratis.