Sprite

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sprite (minuman))
Lompat ke: navigasi, cari
Sprite
Didirikan Bendera Jerman 1959 (sebagai Fanta Klare Zitrone)
Bendera Amerika Serikat 1961
Pemilik The Coca-Cola Company
Moto "When You're Reaching For More, Reach For Sprite (1979–1980)"
"Reach For a Sprite" (1981–1982)
"Great Lymon Taste" (1984–1994)
"Obey Your Thirst" (1994-saat ini)
Situs web www.sprite.com

Sprite (sebelumnya bernama Fanta Klare Zitrone (Clear Lemon Fanta) di Jerman Barat pada tahun 1959, di Venezuela disebut sebagai "Chinotto") adalah minuman yang tidak berwarna dengan rasa lemon dan jeruk nipis serta bebas kafeina yang diproduksi oleh The Coca-Cola Company dan diluncurkan secara resmi di Amerika Serikat pada tahun 1961 untuk menggantikan nama Fanta Klare Zitrone di Jerman Barat. Sprite diproduksi oleh The Coca-Cola Company menyusul kesuksesan 7 Up yang diproduksi oleh Dr Pepper Snapple Group dengan ciri-ciri yang sama. Sprite dikemas dalam kaleng berwarna biru dan hijau serta dikemas dalam botol transparan berwarna hijau (versi internasional) dan botol transparan tanpa warna (versi Jepang). Logo Sprite pertama pada tahun 1961 masih digunakan pada versi Jepang sampai saat ini.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Botol Sprite dari masa ke masa. Dari kiri ke kanan: kemasan tahun 1961, 1996, 2006, dan 2009.
Botol Sprite kemasan 500 ml versi Jepang, transparan tanpa warna, dengan logo tahun 1961 yang digunakan sampai saat ini
Botol Sprite pada tahun 1975–1980. Pada logo Sprite terdapat bintang di atas huruf "I".

Gagasan penamaan "Sprite" telah dicetuskan oleh Haddon Sundblom, seorang ilustrator, yang terinspirasi dari maskot "The Sprite Boy", maskot Coca-Cola pada dasawarsa 1940-an hingga 1950-an. Sebagai respon atas kesuksesan 7 Up, maka Sprite melakukan metode pemasaran yang gencar dengan terus menekan 7 Up, hingga akhirnya menjadi pemimpin pasar internasional untuk kategori minuman berkarbonasi rasa lemon dan jeruk nipis pada tahun 1978. Salah satu bukti yang dapat terlihat adalah beberapa iklan Sprite (termasuk Diet Sprite) pada pertengahan dasawarsa 1980-an yang banyak menyerang 7 Up, sehingga sempat menimbulkan pro dan kontra tentang persaingan dagang yang tidak sehat antara The Coca-Cola Company dengan Dr Pepper Snapple.

Ciri-ciri Sprite adalah memiliki rasa lemon dan jeruk nipis, serta tidak berwarna. Dalam pemasarannya, Sprite menggunakan kata kunci Lymon (singkatan dari gabungan kata Lime (jeruk nipis) dan Lemon).

Pada tahun 1979 dan 1980, Sprite hadir dengan motto: "When You're Reachin' For More, Reach For Sprite", iklan-iklannya[1][2][3] pada saat itu sering ditampilkan di TVRI. Kemudian, pada tahun 1981 dan 1982, Sprite hadir dengan motto: "Reach For A Sprite". Karena pada tahun 1981 TVRI dilarang beriklan, maka iklan tersebut[4][5] ditampilkan pada tahun 1982. Inilah transkrip lagu pada iklan Sprite pada tahun 1979–1980.

Pada tahun 1984, Sprite hadir dengan motto "Great Lymon Taste". Pada tahun yang sama, pernah pula diluncurkan "Diet Sprite" yang tidak mengandung kalori dan memiliki kemasan kaleng berwarna perak dan warna hijau yang lebih terang dari Sprite reguler.

Memasuki dasawarsa 1990-an, setiap motto Sprite secara terus-menerus digunakan sampai saat ini, sehingga menjadi ikon yang dimiliki oleh Sprite. Di seluruh dunia, Sprite dikampanyekan dengan motto "Obey Your Thirst". Sedangkan di Filipina, Sprite dikampanyekan dengan motto "Magpakatotoo Ka!" ("jadilah diri sendiri"). Pada tahun 1996, Sprite membuat logo dengan ikon lemon berwarna kuning dan jeruk nipis berwarna hijau di atas huruf "I". Kemudian, pada tahun 1997, Sprite membuat logo dengan ikon dua lingkaran berwarna kuning (melambangkan rasa lemon) dan hijau (melambangkan rasa jeruk nipis).

Memasuki milenium 2000, Sprite mulai berinovasi dengan berbagai varian baru. Pada tahun 2002 diluncurkan "Sprite Remix" di Amerika Serikat, "Sprite Super Lemon" dan Sprite On Fire/Sprite Finger Lemon di Hong Kong dan Tiongkok (2004), serta "Sprite Ice" di Korea Selatan dan wilayah lainnya di Asia (2004). "Sprite Duo" diluncurkan dalam kemasan kaleng pada tahun 2007.

Sprite Remix adalah minuman campuran antara rasa lemon dan jeruk nipis serta rasa buah-buahan. Sprite Remix memiliki tiga jenis rasa yaitu, Tropical, Berryclear, dan Aruba Jam.

Jenis produk[sunting | sunting sumber]

  • Sprite, minuman berkarbonasi rasa lemon dan jeruk nipis
  • Diet Sprite, versi tanpa kalori dari Sprite yang diproduksi pada tahun 1984
  • Sprite Zero, versi tanpa kalori dari Sprite
  • Sprite Remix, campuran rasa lemon dan jeruk nipis dengan tambahan buah-buahan: Tropical, Berryclear, dan Aruba Jam

Di Indonesia, Sprite diproduksi oleh PT. Coca-Cola Bottling Indonesia, Bekasi 17520-Indonesia

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]