Spesiasi simpatrik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Spesiasi simpatrik adalah suatu proses ketika spesies baru berevolusi dari satu spesies nenek moyang yang tinggal di wilayah yang sama. Dalam bidang biologi evolusioner dan biogeografi, simpatrik dan simpatri adalah istilah yang mengacu pada organisme yang tinggal di wilayah yang sama. Apabila organisme-organisme tersebut berhubungan erat (misalnya spesies saudara), persebarannya mungkin disebabkan oleh spesiasi simpatrik.

Spesiasi simpatrik merupakan salah satu dari tiga fenomena spesiasi berdasarkan geografi.[1][2] Spesiasi alopatrik adalah evolusi populasi yang terisolasi secara geografis menjadi spesies-spesies yang berbeda. Dalam spesiasi ini, perbedaan genetika di antara mereka disebabkan oleh ketiadaan aliran gen yang cenderung membuat genetika suatu populasi serupa. Spesiasi parapatrik adalah evolusi populasi yang secara geografis bersebrangan menjadi spesies yang berbeda. Dalam spesiasi ini, muncul perbedaan genetik meskipun kadang-kadang terjadi perkawinan antara dua anggota kelompok yang terpisah secara geografis saat mereka sedang bertemu. Dalam spesiasi simpatrik, tidak terdapat batasan geografis yang mempersulit perkawinan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Futuyma, D. J. 2009. Evolution (2nd edition). Sinauer Associates, Inc.[halaman dibutuhkan]
  2. ^ Fitzpatrick, B. M.; Fordyce, J. A.; Gavrilets, S. (2008). "What, if anything, is sympatric speciation?". Journal of Evolutionary Biology. 21 (6): 1452–9. doi:10.1111/j.1420-9101.2008.01611.x. PMID 18823452. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]