Soyuz-2 (roket)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Soyuz 2 metop.jpg

Soyuz-2, indeks Grau 14A14, adalah sebutan kolektif untuk versi baru dari roket Soyuz Rusia. Dalam bentuk dasarnya, itu adalah roket tiga tahap yang menempatkan muatan ke orbit Bumi rendah. Penguat tahap pertama dan tahap dua inti memiliki mesin uprated dengan sistem injeksi yang ditingkatkan, dibandingkan dengan versi sebelumnya dari Soyuz. Kontrol penerbangan dan telemetri sistem digital memungkinkan roket yang akan diluncurkan dari platform peluncuran tetap, sedangkan platform peluncuran roket Soyuz untuk awal harus diputar sebagai roket tidak bisa melakukan roll untuk mengubah jalur track dalam penerbangan.

Soyuz-2 sering diterbangkan dengan tahap atas, yang memungkinkan untuk mengangkat muatan ke orbit yang lebih tinggi, seperti Molniya dan geosynchronous orbit. Tahap atas dilengkapi dengan kontrol penerbangan dan sistem telemetri independen dari yang digunakan di seluruh roket. NPO Lavochkin memproduksi Fregat sebagai tahap atas yang paling sering digunakan.

Roket Soyuz-2 saat diluncurkan dari LC-31 di Kosmodrom Baikonur, dan LC-43 di Kosmodrom Plesetsk, fasilitas peluncuran bersama dengan roket R-7 berasal sebelumnya termasuk Soyuz-U dan Molniya. Komersial penerbangan Soyuz-2 dikontrak oleh Starsem, dan telah meluncurkan dari LC-31 di Baikonur dan ELS (l'ensemble de Lancement Soyouz), yang telah dibangun di Guyana Space Centre di pantai utara Amerika Selatan. Soyuz-2 diharapkan dapat memberikan 2,8-3,5 ton untuk GTO dari situs ini.

Soyuz-2 telah menggantikan roket Molniya-M dan mulai menggantikan Soyuz-U dan Soyuz-FG yang saat ini dalam pelayanan di samping itu, karena mereka diharapkan akan dihapus dari 2014 dan seterusnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]