Soviet Deep Space Network

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
One of two receiver antennas of the North station.
The 70 meter antenna at Yevpatoria

Soviet Deep Space Network adalah jaringan dari antena besar dan fasilitas komunikasi yang mendukung interplanetary spacecraft missions (misi antarplanet pesawat ruang angkasa), dan radio dan pengamatan radar astronomi untuk eksplorasi tata surya dan alam semesta. Fasilitas dibangun untuk mendukung misi ruang angkasa Uni Soviet. Jaringan yang sama dijalankan oleh Amerika Serikat, Eropa, Cina, Jepang, dan India.

Jaringan angkasa Soviet pertama memiliki 13 stasiun dan dirancang untuk melacak satelit orbit Bumi. Misi antarplanet membutuhkan antena yang lebih besar, pemancar lebih kuat, dan penerima lebih sensitif, dan usaha ini dimulai pada tahun 1959 untuk mendukung peluncuran dari seri misi Venera 1960 untuk Venus dan program Mars pesawat ruang angkasa ke Mars.

Desain yang dipilih terdiri dari delapan piringan 16 meter ditempatkan pada dua lambung kapal selam diesel, dilas bersama-sama dan diletakkan di atas gulungan jembatan kereta api. Gulungan tersebut dipasang pada bantalan dari senjata menara kapal perang. Tiga antena seperti dibangun:. Dua stasiun Utara untuk menerima, dan stasiun selatan beberapa kilometer jauhnya untuk transmisi.

Pada tahun 1978, antena tersebut ditambah dengan antena 70 meter di Yevpatoria dan Ussuriisk, dengan ketiga yang tidak pernah selesai di Suffa, Uzbekistan.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

70 meteran antena di Yevpatoria

Ada tiga antena utama dalam Deep Space Network:

  • Sebuah antena 70 meter pada Yevpatoria, di Crimea
  • Sebuah 64 meteran antena [3] di Bear Lakes, dekat Moskow
  • Sebuah antena 70 meter pada Ussuriisk, di Primorsky Krai, Rusia

Misi[sunting | sunting sumber]

Beberapa misi program luar angkasa Soviet yang telah dikomunikasikan oleh DSN Soviet meliputi:

Referensi[sunting | sunting sumber]