South Pacific (musikal)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


South Pacific
SutradaraJoshua Logan
ProduserBuddy Adler
Ditulis olehOscar Hammerstein II
Joshua Logan
James Michener
Paul Osborn
PemeranRossano Brazzi
Mitzi Gaynor
John Kerr
Penata musikRichard Rodgers
SinematograferLeon Shamroy
Distributor20th Century Fox
Tanggal rilis
1958
Durasi151 menit
Bahasabahasa Inggris
IMDbInformasi di IMDb

South Pacific adalah sebuah drama musikal yang terkenal di Broadway. Pertunjukan tersebut mulai diperlihatkan pada tanggal 7 April 1949 dan berlangsung selama lebih dari lima tahun. Rekaman musik yang digunakan di dalam drama tersebut diciptakan oleh Richard Rodgers dengan dibantu lirik oleh Oscar Hammerstein II.Beberapa orang mengatakan bahwa South Pacific termasuk dalam salah satu drama musikal terbesar sepanjang masa. Beberapa lagunya seperti Bali Ha'i, Younger than Springtime, dan Some Enchanted Evening, telah menjadi standar internasional. Drama musikal ini mendapat Penghargaan Pulitzer untuk Drama pada tahun 1950.

Drama ini menyuguhkan dua cerita pendek karya James A. Michener yang memperoleh Penghargaan Pulitzer untuk Fiksi pada tahun 1948 yakni Tales of the South Pacific. Drama ini dibintangi oleh Mary Martin sebagai tokoh utama, Nellie Forbush bintang opera, dan Ezio Pinza sebagai Emile de Becque, orang Prancis pemilik perkebunan. Selain itu, ada pula Juanita Hall, Myron McCormick, Betta St. John, dan William Tabbert. Meskipun De Becque dan Forbush sudah merupakan tokoh yang berkembang penuh dalam cerita-cerita Michener, pada suatu masa dalam pembuatan South Pacific, Rodgers dan Hammerstein akhirnya meminta Pinza dan Martin secara khusus untuk memainkan kedua peran ini. Pinza adalah seorang penyanyi bass opera terkenal dan Martin, bersama Ethel Merman, komedian musik Broadway terkemuka pada masa itu. Oleh karena itu, musiknya dan pembawaannya di dalam pertunjukan ini disesuaikan khusus untuk suara Pinza dan Martin.

Untuk memperingati satu abad kelahiran Richard Rodgers pada tahun 2002, Royal National Theatre mereproduksi musikal ini dengan arahan sutradara terkenal Trevor Nunn.

Jalan cerita[sunting | sunting sumber]

Di sebuah pulau di Pasifik Selatan pada masa Perang Dunia II, seorang perawat AL Amerika, Ensign Nellie Forbush, jatuh cinta dengan seorang pemilik perkebunan berkebangsaan Prancis setengah baya, Emile de Becque. Sementara itu, para pelaut AL yang kelelahan, di bawah pimpinan perwira zeni yang berjiwa wiraswasta Luther Billis, mengeluh karena tidak adanya perempuan atau pertempuran yang dapat menghilangkan kebosanan mereka, ketika Letnan Joe Cable dari Korps Marinir AS tiba di pulau itu untuk ikut serta dalam sebuah misi mata-mata berbahaya yang dapat menolong membalikkan angin peperangan melawan tentara Jepang. Karena hanya perwira yang dapat menggunakan kapal, Billis melihat kesempatan ini untuk dapat mencapai pulau misterius dan berharga yang bernama Bali Ha'i. Ia meyakinkan Cable untuk menyertainya. Di Bali Ha'i, Bloody Mary, penjual suvenir penduduk setempat, memperkenalkan Cable kepada anak perempuannya, Liat, dan keduanya jatuh cinta. Hubungan mereka semakin dekat, dan setuju untuk menikah. Namun, Nellie terkejut ketika mengetahui bahwa Emile mempunyai anak-anak yang berdarah campuran dari hubungannya sebelumnya, dan Cable menolak menikahi Liat karena rasnya yang berbeda. Hal ini membuat Mary marah. Merasa kecewa dan merasa tidak mempunyai apa pun yang perlu dipertaruhkan, Emile dan Cable sepakat untuk pergi dalam misi mereka yang berbahaya. Mereka berhasil mengirimkan laporan tentang gerak-gerik musuh. 'Operation Alligator' pun berlangsung, dan para pelaut yang sebelumnya menganggur, termasuk Luther Billis yang setengah hati, dikirim ke medan tempur. Malangnya, Cable tewas dalam misi ini, dan Emile hampir mengalami nasib yang sama ketika kembali kepada Nellie dan anak-anaknya yang kini bisa memahaminya.

Alur ceritanya dianggap sejumlah orang terlalu dangkal karena mereka melihatnya terlalu menekankan lagu-lagu yang populer dan terkenal. Namun, masalah prasangka rasial dibahas dengan hati-hati dan terbuka. James Michener mengklaim bahwa ia ditekan untuk meminta Rodgers dan untuk menghapus cerita Joe Cable, karena melibatkan orang yang berdarah campuran.

Lagu-lagu dalam South Pacific[sunting | sunting sumber]

Musikal ini dijadikan film pada 1958, dibintangi oleh Rossano Brazzi dan Mitzi Gaynor sebagai pemeran utamanya, dengan Juanita Hall yang membawakan peran Bloody Mary, seperti yang dimainkannya dalam produksi panggung aslinya. Ironisnya, Hall, yang tidak hanya menyanyi dalam produksi panggung tetapi juga ikut serta dalam rekaman album awaknya, digantikan suaranya dalam versi filmnya oleh Muriel Smith. Binta Metropolitan Opera Giorgio Tozzi membawakan suara Emile de Becque. Ray Walston yang berperan sebagai Billis, dan menyanyikan There Is Nothin' Like a Dame, digantikan suaranya. John Kerr yang memerankan Letnan Cable, digantikan suaranya oleh Bill Lee. Ken Clark, yang memerankan Stewpot, digantikan suaranya oleh Thurl Ravenscroft. Kauai, salah satu Kepulauan Hawaii, dijadikan lokasi pengambilan film. Film ini terkenal karena menggunakan filter berwarna dalam banyak bagian nyanyiannya, yang mengundang banyak kritik atas film ini. Sutradara Joshua Logan menginginkannya sebagai perubahan yang halus, tetapi 20th Century Fox, perusahaan yang mengedarkan film versi 35mm, membuat perubahan yang ekstrem, dan karena tiket untuk film ini telah dijual sebelumnya (ini adalah atraksi keliling), mereka tidak punya waktu untuk memperbaikinya. Kritik terhadap penggunaan filter ini tidak mencegah film ini menjadi film terlaris tahun itu, dan sinematografi Todd-AO 65mm (oleh Leon Shamroy) dinominasikan untuk Academy Award, untuk adaptasi musik dan suara. Film ini mendapatkan Academy Award untuk kategori terakhir. Semua lagunya dipertahankan, dan sebuah lagu yang berjudul "My Girl Back Home," dinyanyikan oleh Letnan Cable dan Nellie, yang dipotong dari pertunjukan Broadway, ditambahkan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]