Sorini Corporindo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sorini Corporation)


PT Sorini Agro Asia Corporindo Tbk
Publik
Industrikimia
Didirikan1983
Kantor
pusat
Pasuruan, Jawa-Timur, Indonesia
Situs webwww.sorini.co.id

PT Sorini Agro Asia Corporindo Tbk Didirikan pada tahun 1983, dan pada tahun 1992 menjadi perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (dahulu Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya). Saat ini, Sorini merupakan salah satu produsen Sorbitol terkemuka di dunia. Sorini memproduksi Starch (tepung) dan Starch Sweeteners (pemanis) termasuk Sorbitol Syrup dan Sorbitol Powder, Maltitol, Dextrose Monohydrate, Maltose Syrup, dan Maltodextrine. Berbagai produk tersebut merupakan bahan baku dalam produksi berbagai industri barang konsumsi mulai dari makanan dan minuman hingga kepada kosmetik dan farmasi.

Sorini memasok produknya kepada pelanggan multinasional di lebih dari 70 negara dan saati ini sedang meningkatkan penjualan di pasar Indonesia yang berkembang pesat.

Pada tanggal 28 Januari 2011, Cargill menyelesaikan akuisisi saham mayoritas di Sorini, yang pertama kali diumumkan pada tanggal 15 Desember 2010. Per tanggal 31 Mei 2011 Cargill kini memiliki 97,99% saham Sorini. Dengan selesainya transaksi ini, Sorini menjadi anak perusahaan dari Cargill.

Sorini mengoperasikan dua pabrik starch sweeteners dan lima pabrik starch di Indonesia, antara lain di provinsi Jawa Timur dan Lampung.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]