Sop saudara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sop sodara)
Lompat ke: navigasi, cari
Sop Saudara
Sop saudara.JPG
Semangkuk Sop Saudara
Asal
Daftar asal Bendera Indonesia Indonesia
Dari daerah Sulawesi Selatan
Pembuat H. Dollahi
Detail
Jenis makanan Hidangan Utama
Penyajian Disajikan Panas
Bahan utama Daging sapi
Jahe
Lengkuas
Daun jeruk purut
Serai
Pala
Kayu manis
Dan lain-lain
Informasi lain Biasa disajikan dengan nasi putih dan ikan bakar

Sop saudara merupakan masakan khas dari Sulawesi Selatan berupa hidangan berkuah dengan bahan dasar daging sapi yang biasanya disajikan bersama bahan pelengkap seperti bihun, perkedel kentang, jeroan sapi (misalnya, paru goreng), dan telur rebus.[1][2][3][4] Masakan ini umum dikonsumsi bersama dengan nasi putih dan ikan bolu (bandeng) bakar.[2][5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Konon, sop saudara berawal dari H. Dollahi yang merupakan seorang pelayan dari H. Subair, seorang penjual sop daging yang cukup terkenal di Makassar pada era tahun 1950-an. Keduanya adalah warga kampung Sanrangan Pangkep yang mengadu peruntungan untuk meneruskan hidup dengan membuka warung makan.

Setelah selama 3 tahun berkongsi, H. Dollahi pun memberanikan diri untuk membuka usaha sendiri pada tahun 1957 dengan membawa nama Sop Saudara yang membuka lapak di kawasan Karebosi, Makassar. Racikan H. Dollahi ini ternyata mampu menarik minat pecinta kuliner baik bagi warga asli maupun pendatang.

Nama Sop Saudara yang unik ini dipilih karena terinspirasi dari nama "coto paraikatte" (biasa dijadikan nama warung yang menjual Coto Makassar). Dalam bahasa Makassar "paraikatte" berarti "saudara" atau "sesama". Dengan nama tersebut, H. Dollahi berharap semua orang yang makan di warung ini akan merasa bersaudara dengan pemilik, pelayan dan sesama penikmat Sop Saudara.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Muhammad Nur Abdurrahman (21 Maret 2013). "5 Kuliner Paling Lezat dari Makassar". detikTravel. Diakses tanggal 25 Juli 2013. 
  2. ^ a b Usman (23 Maret 2012). "Wisata Kuliner Makassar: Menikmati Sop Saudara Dan Ikan Bandeng Bakar Khas Pangkep". MakassaRTV. Diakses tanggal 25 Juli 2013. 
  3. ^ Odilia Winneke (21 Mei 2012). "Konro Bakar Empuk Racikan Daeng Memang". detikFood. Diakses tanggal 25 Juli 2013. 
  4. ^ "Sop Pakai Lombok". Sumut Pos. 9 November 2009. Diakses tanggal 25 Juli 2013. 
  5. ^ "Menu Tradisional Bugis". Okezone.com. 15 November 2008. Diakses tanggal 25 Juli 2013. 
  6. ^ "Cerita Menarik Seputar Sop Saudara Makassar". panduanwisata.com. Diakses tanggal 2013-06-28.