Solex (karburator)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Solex adalah produsen karburator Perancis dan sepeda bertenaga VéloSoleX .

Karburator Solex digunakan oleh banyak perusahaan mobil Eropa dan dilisensikan kepada perusahaan pembuat Mikuni dari Jepang.

Perusahaan Solex didirikan oleh Marcel Mennesson dan Maurice Goudard yang memproduksi radiator kendaraan. Ini dipasang ke beberapa merek mobil awal termasuk Delaunay-Belleville dan bus perusahaan Paris General Omnibus.[1][2][3][4]

Setelah Perang Dunia I, bisnis radiator mengalami kemunduran dan perusahaan membeli hak paten karburator dari Jouffret dan Renée dan menamainya Solex sesuai nama bisnis mereka.

Merek Solex sekarang dimiliki oleh Magneti Marelli. Perusahaan Solex yang asli mengubah namanya pada tahun 1994 menjadi Magneti Marelli France dan pada tanggal 31 Mei 2001, Magneti Marelli France membeli sebagian asetnya (termasuk merek dagang SOLEX) dari Magneti Marelli Motopropulsion France SAS.[5][6][7]

Karburator Solex banyak digunakan oleh banyak pembuat mobil Eropa dan di bawah lisensi Mikuni di Asia sampai pertengahan 1980-an ketika injeksi bahan bakar diadopsi secara luas. Di antara perusahaan Eropa yang menggunakan karburator Solex adalah: Rolls-Royce Motors, Alfa Romeo, Bristol, Fiat, Audi, Ford, BMW, Citroën, Opel, Simca, Saab, Renault, Peugeot, Lancia, Land Rover Series, Lada, Mercedes Benz, Volvo, Volkswagen, dan Porsche.

Karburator Solex telah dibuat di bawah lisensi oleh sejumlah perusahaan termasuk Mikuni dari Jepang yang menandatangani perjanjian manufaktur berlisensi dengan Solex pada tahun 1960 dan selanjutnya mengembangkan banyak desain asli Solex. Produsen mobil dan pabrikan sepeda motor Jepang yang menggunakan karburator Mikuni antara lain: Toyota, Mitsubishi, Suzuki, Nissan, dan Yamaha.

Referensi[sunting | sunting sumber]