Software Alkitab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Perangkat lunak (software) Alkitab atau program Alkitab adalah sekumpulan aplikasi komputer yang dirancang untuk melihat dan mempelajari teks-teks dan konsep Alkitab. Perangkat lunak Alkitab biasanya dirancang untuk memudahkan pencarian kata dan frasa, untuk mengakses catatan Alkitab pembelajaran dan tafsiran-tafsiran, referensi berbagai terjemahan modern, referensi silang bagian dan topik serupa, kamus Alkitab, teks bahasa asli dan alat-alat bahasa, peta, bagan, dan e-book lain yang dianggap relevan untuk memahami teks-teks dari sebuah pendekatan filologis.

Perangkat lunak Alkitab bervariasi dalam kompleksitasnya tergantung pada kebutuhan pengguna, misalnya hanya untuk penggunaan dalam pembelajaran pribadi, untuk persiapan khotbah, penyebaran inspirasi atau bahkan sebagai alat penelitian lebih lanjut. Perangkat lunak Alkitab dasar biasanya ditujukan untuk ponsel, dan dirancang hanya menampilkan teks dari satu terjemahan Alkitab, dengan pencarian kata dan frasa sebagai satu-satunya alat yang tersedia. Sedangkan paket yang lebih maju berjalan pada komputer pribadi dan memiliki jauh lebih banyak fitur, menampilkan lebih banyak jenis sumber teologis, dan mungkin menawarkan fitur-fitur seperti sinopsis dan harmoni dari naratif Injil, morfologi dan pencarian sintaksis dari teks asli, diagram kalimat, catatan pengguna, penyorotan manual dan dinamis, tampilan leksionari, dll.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Minat dalam penggunaan komputer untuk pencarian secara cepat dalam Alkitab dan penyalinan bagian-bagian teks pada pelajaran maupun khotbah-khotbah muncul pada awal 1980-an. Perangkat lunak Alkitab jauh lebih cepat dibandingkan alat-alat belajar tradisional dalam bentuk buku. Perangkat lunak Alkitab awalnya ditujukan hanya pada pencarian kata dan frasa dalam berbagai terjemahan modern. Kemudian, ketika komputer ditingkatkan dalam menangani font bahasa asing, barulah teks Perjanjian Lama bahasa Ibrani asli dan Perjanjian Baru bahasa Yunani Koine dari Alkitab ditambahkan. Ketika bekerja dengan bahasa-bahasa Alkitab asli, salah satu kemampuan yang pertama adalah morfologi, memberikan informasi mengenai bagian-bagian pengucapan dari berbagai kata untuk membantu dalam memahami maksud dari teks tersebut. Oleh sebab itulah, maka muncul banyak program Alkitab yang hingga hari ini masih dipublikasikan.[1]

Perangkat lunak Alkitab yang umum digunakan[sunting | sunting sumber]

Bahasa Indonesia[sunting | sunting sumber]

Bahasa Inggris[sunting | sunting sumber]

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bible Software History 101". Hall Harris. Diakses 2009-12-08. 
  2. ^ "Sabda.net-Download Program Alkitab". Diakses 2009-12-09. 
  3. ^ "e-Sword". Rick Meyers. Diakses 2009-12-09. 
  4. ^ "Bible Software Survey 2005". Diakses 2009-12-09. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]