Sofia Mubarika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sofia Mubarika (lahir 7 Agustus 1948 [1]) adalah ahli Peneliti Kesehatan Indonesia. Beliau merupakan anggota Dewan Riset Nasional Komisi Kesehatan dan Obat tahun 2006-2012. Beliau juga merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi DIY (2013-Sekarang). Banyak penelitian yang sudah di publikasikan oleh Sofia. Beliau juga seorang anggota AIPI Komisi Kedokteran sejak tahun 2010.

Sofia Mubarika seorang Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Beliau menamatkan Pendidikan Kedokteran pada tahun 1973 dan melanjutkan ke jenjang karier sebagai dosen di FK UGM. Untuk melanjutkan studi menjadi seorang dosen, beliau mendapatkan beasiswa Rockefeller Foundation di Selandia Baru pada tahun 1983-1985 untuk jenjang M.Med. Sc. Beliau juga pernah mengikuti program pertukaran pelajar ke Fakultas Kedokteran Kobe University Jepang dalam bidang immunologi dan biologi molekuler kanker pada tahun 1988-1989. Selanjutnya Program Doktor diselesaikan dengan disertasi mengenai Genetika Molekuler Leukemia Myeloblastik Akut pada Anak.

Saat ini Sofia menjabat sebagai ketua Program Doktor FK UGM dan menjadi peninjau LPPM UGM, LITBANGKES, juga pernah menjadi Juri The Best and Young Scientist- Ristek Kalbe Science Awards/RKSA yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali.

Berbagai penelitian yang dilakukan oleh Sofia Mubarak, membuat beliau terkenal sebagai ahli dibidang kanker. Penelitian beliau selama ini, me-research tentang biomarker kanker. Dengan begitu, menghantarkan Sofia Mubarak menjadi salah satu Best Practices Translational research di bidang kanker. Penelitian ini terus dikembangkan dan diikutsertakan ke beberapa mahasiswa S-2 dan S-3 baik dari UGM dan RS Kanker Dharmais.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Sofia Mubarika". aipi.or.id. Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-09-16. Diakses tanggal 16 September 2018.