Partai Sosialis (Prancis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Socialist Party (France))
Partai Sosialis
Parti Socialiste
SingkatanPS
Sekretaris PertamaOlivier Faure
Presiden di Majelis NasionalBoris Vallaud
Presiden di SenatPatrick Kanner
PendiriFrançois Mitterrand
Alain Savary
Dibentuk4 Mei 1969; 54 tahun lalu (1969-05-04)
Kantor pusat99, rue Moliére 9420 Ivry-sur-Seine
Surat kabarLe Populaire (1969-1970)
Sayap pemudaYoung Socialist Movement
Sayap LGBTHomosexualités et Socialisme
Keanggotaan (2023)Kenaikan 45,000
IdeologiDemokrasi sosial
Pro-Eropanisme
Posisi politikKiri tengah
Afiliasi EropaPartai Sosialis Eropa
Afiliasi internasionalSosialis Internasional
Aliansi Progresif
Kelompok Parlemen EropaAliansi Progresif dari Sosialis dan Demokrat
Warna  Merah muda
Majelis Nasional
32 / 577
Senat
66 / 348
Parlemen Eropa
3 / 79
Presiden Dewan Regional
5 / 17
Presiden Dewan Departemen
22 / 95
Situs web
www.parti-socialiste.fr

Partai Sosialis (Parti Socialiste, PS) adalah partai politik sayap kiri terbesar di Prancis. Partai ini menggantikan Partai Pekerja Internasional Prancis (SFIO) tahun 1969 dan saat ini dipimpin oleh Sekretaris Pertama Olivier Faure. PS adalah anggota dari Partai Sosialis Eropa, Progressive Alliance dan Sosialis Internasional.

Kandidat partai untuk pemilihan presiden 2007, Ségolène Royal, dikalahkan Nicolas Sarkozy dengan perolehan suara 53% banding 47%. Ps memenangkan banyak pemilihan lokal dan regional dan untuk pertama kalinya pada lebih dari 50 tahun ini memenangkan kendali atas Senat pada pemilihan senat 2011.[1] Pada 6 Mei 2012, François Hollande berperang melawan tingkat pengangguran yang tinggi, berbagai serangan teroris Jihad, tingkat kepercayaan yang kurang dan kelompok sempalan dari AP Sosialis sayap kiri yang dikenal sebagai froundeurs (pemberontak). Pada tanggal 1 Desember 2016, Hollande menolak untuk mengadakan kembali pemilihan ulang dan PS kemudian menyelenggarakan pemilihan pendahuluan presiden. Benoît Hamon, dari sayap kiri partai, ditunjuk sebagai kandidat Sosialis setelah mengalahkan mantan Perdana Menteri Manuel Valls. Menghadapi kemunculan Emmanuel Macron yang berhaluan tengah dan Jean-Luc Mélenchon yang berhaluan kiri, Hamon gagal membangun kembali kepemimpinan PS di kiri-tengah dan menempati posisi ke-5 dalam pemilihan presiden 2017, mengumpulkan hanya 6.35 persen suara dari pemilihan. Partai ini kemudian kehilangan mayoritas anggota parlemennya pada pemilu legislatif tahun 2017, hanya memperoleh 26 kursi, dan menjadi kelompok terbesar keempat di Majelis Nasional.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gerakan Sosialis Perancis dan SFIO[sunting | sunting sumber]

Kekalahan Paris Commune (1871) dengan drastisnya mengurangi kekuatan dan dukungan gerakan sosialis di Perancis. Para pemimpinnya dibunuh atau diasingkan. Partai sosialis pertama di Perancis, Federation of the Socialist Workers of France (FTSF), didirikan pada 1879. Kelompok ini dikategorikan sebagai kelompok “dimungkinkan” karena mendukung reformasi secara bertahap. Dua partai memisahkan diri darinya: in 1882, French Workers' Party (POF) dari Jules Guesde dan Paul Lafargue (menantu dari Karl Marx), kemudian pada 1890 Revolutionary Socialist Workers' Party (POSR) dari Jean Allemane. Pada saat yang bersamaan, ahli waris dari Louis Auguste Blanqui, sebuah simbol tradisi revolusioner Perancis, membuat Central Revolutionary Committee (CRC) dipimpin oleh Édouard Vaillant. Ada juga beberapa deputi yang dinyatakan sosialis seperti Alexandre Millerand dan Jean Jaurès yang bukan anggota partai mana pun.

Yayasan PS dan Persatuan Kiri (1969–1981)[sunting | sunting sumber]

Pada 1969, selama Kongres Alfortville, SFIO digantikan oleh Partai Sosialis (Parti socialiste atau PS). Klub ini juga diikuti oleh klub-klub pro-Pierre Mendès-Prancis (Persatuan Klub untuk Pembaruan Kiri dipimpin oleh Alain Savary) dan kelompok republik sayap kiri (Persatuan Kelompok dan Klub Sosialis Jean Poperen). Selama Kongres Issy-les-Moulineaux, Alain Savary dicalonkan sebagai Sekretaris Pertama dengan dukungan pendahulunya Guy Mollet. Dia mengusulkan "dialog ideologis" dengan Komunis.

Dua tahun kemudian, selama Kongres Epinay, klub pro-François Mitterrand (Konvensi Lembaga Partai Republik), bergabung dengan partai. Mitterrand mengalahkan pasangan Savary-Mollet dengan mengusulkan program pemilu dengan Komunis dan memimpin. Lambang baru, tinju dan mawar, diadopsi untuk menandakan perubahan pada tahun 1971.[2] Pada 1972, Common Programme ditandatangani dengan PCF dan Partai Radikal Kiri. Selama konferensi Sosialist Internasional, Ia menjelaskan, aliansi partai-partai sayap kiri merupakan dambaan para pemilih sayap kiri Prancis. Dalam hal ini, tujuan strateginya adalah "untuk mendapatkan kembali 3 juta dari 5 juta pemilih PCF". Sisi Kiri, dan khususnya Partai Sosialis, mengalami sebuah pemulihan elektoral pada pemilu legislatif tahun 1973. Mitterrand, kandidat dari aliansi sayap-kiri, nyaris memenangkan pemilihan presiden tahun 1974. Memang, ia memperoleh 49,2% suara di putaran kedua.

Pemilihan kepresidenan 2012[sunting | sunting sumber]

Kandidat untuk presiden Perancis mengikuti pemilihan pendahuluan terbuka pada tanggal 9 Oktober 2011 untuk memilih kandidat Partai Sosialis untuk pemilihan presiden 2012. Nominasi pencalonan dibuka pada 28 Juni. Padahal dia belum secara resmi menyatakan pencalonannya, Dominique Strauss-Kahn, seorang anggota dari Partai Sosialis yang terkemuka dan direktur pengawas International Monetary Fund jelas-jelas difavoritkan dalam jajak pendapat untuk mengalahkan presiden konservatif yang saat ini menjabat, Nicolas Sarkozy.[3] Tetapi terkena kasus pengaduan pelecehan seksual di New York dan secara de facto dieliminasi dari pengaduan utama.

Pada akhirnya, mantan ketua partai François Hollande memenangkan pemilihan pendahuluan dan mencalonkan diri sebagai calon resmi Presiden Prancis dari Partai Sosialis. Dia mengalahkan petahana Nicolas Sarkozy dengan tipis, menjadi presiden terpilih Prancis pada 6 Mei 2012.

Ide untuk mengadakan pemilihan pendahuluan terbuka untuk memilih calon presiden dari Partai Sosialis pertama kali dikemukakan pada tahun 2008, oleh lembaga pemikir independen berhaluan kiri Terra Nova.[4]

Pemilihan kepresidenan 2022[sunting | sunting sumber]

Pada putaran pertama dari pemilihan suara pada Pemilihan presiden Prancis 2022, calon Anne Hidalgo memperoleh hasil pemilihan presiden terburuk dalam sejarah partai, dengan 1,75% dari total suara.[5]

Pemilu Legislatif 2022[sunting | sunting sumber]

Jelang pemilu legislatif Prancis 2022, partai ini mengadakan aliansi sayap kiri, New Ecologic and Social People's Union (NUPES), mengikuti Europe Ecology – The Greens, Partai Komunis Perancis, La France Insoumise dan partai sayap kiri kecil lainnya.[6] Beberapa sosialis seperti Sylvie Tolmont, kecewa dengan aliansi, mencalonkan diri dalam pemilihan sebagai kandidat pembangkang.[7] Partai Sosialis mampu meraih 27 kursi, menjadikan kekuatan sayap-kiri kedua di Majelis Nasional, setelah La France Insoumise.

Dari kiri ke kanan: Dominique Strauss-Kahn, Bertrand Delanoë dan Ségolène Royal duduk di barus depan pada pertemuan tanggal 6 Feb. 2007 oleh Partai Sosialis Prancis di Carpentier Hall di Paris.

Kepemimpinan[sunting | sunting sumber]

Sekretaris pertama sejak 1969:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Catherine, Bremer (25 September 2011). "French left seizes Senate majority, hurts Sarkozy". Reuters. 
  2. ^ Cépède, Frédéric (January–March 1996). "« Le poing et la rose », la saga d'un logo". Vingtième Siècle. Revue d'histoire (dalam bahasa Prancis). Paris. 49: 18–30. doi:10.3406/xxs.1996.3481. ISSN 0294-1759. Diakses tanggal 20 November 2022. 
  3. ^ "France's Sarkozy may not make 2012 runoff | Reuters". Uk.reuters.com. 9 May 2011. 
  4. ^ "Pour une primaire à la Française | Terra Nova". tnova.fr. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 January 2015. Diakses tanggal 11 February 2015. 
  5. ^ "Anne Hidalgo obtains the worst presidential election result in the history of the Parti Socialiste". Le Monde.fr (dalam bahasa Inggris). 2022-04-11. Diakses tanggal 2022-04-21. 
  6. ^ "French left agrees rare coalition deal to take on Macron". Reuters.com (dalam bahasa Inggris). 2022-05-04. Diakses tanggal 2022-05-04. 
  7. ^ Mortimer, Gavin (13 June 2022). "France's Socialists have been punished for their intolerance | The Spectator". The Spectator (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-06-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]