Sobangan, Mengwi, Badung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sobangan
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiBali
KabupatenBadung
KecamatanMengwi
Kodepos80351
Luas4,11 km²
Jumlah penduduk3.525 jiwa (2016)[1] 3.281 jiwa (2010)[2]
Kepadatan857,66 jiwa/km²

Sobangan adalah desa di kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Desa Sobangan memisahkan diri pada tanggal 5 Mei 1994 dari sebelumnya masuk dalam wilayah administrasi Desa Baha. Desa Sobangan terdiri dari 4 banjar dinas yaitu :

  1. Banjar Dinas Dukuh Moncos
  2. Banjar Dinas Tegalnarungan
  3. Banjar Dinas Tengah
  4. Banjar Dinas Selat.

Sedangkan untuk batas wilayah yaitu :

  • Batas Utara Desa Sembung
  • Batas Timur Desa Ayunan
  • Batas Selatan Desa Baha
  • Batas Barat Desa Werdhi Buana

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal Usul Nama Sobangan konon berasal dari pemberian Arya Sentong yang bermukim di Ayunan, dimana dia hendak pergi ke Baha melalui padang (rumput) So yang berwarna merah ( Bang) sehingga dia menamai daerah tersebut Sobang dan untuk memperoleh akhiran -an. Desa sobangan sendiri termasuk desa yang relatif muda yang memiliki jumlah penduduk tidak begitu padat.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Potensi perekonomian di Desa Sobangan yang menonjol adalah pertanian dan peternakan dimana hampir 75 persen penduduk desa sobangan berprofesi sebagai petani sekaligus peternak Komoditas sektor pertanian berupa padi, palawija, dan tanaman pangan lainnya serta yang terbaru dikembangkan adalah budidaya bunga gumitir dan bunga pacar air yang digunakandalam kegiatan peribadatan atau persembahyangan agama hindu. Untuk komoditas peternakan ada budidaya pemeliharaan ternak sapi bali, ternak babi, aneka unggas dan budidaya ikan air tawar.

Di Desa Sobangan terdapat sentra peternakan sapi bali yang terbesar di Provinsi Bali dimana terdapat 400 ekor sapi. Peternakan ini sendiri merupakan pilot project pengembangan bibit sapi bali serta tempat belajar mahasiswa Fakultas Peternakan dan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Denpasar. Sentra ternak ini juga dicanangkan untuk menjadi salah satu objek atraksi wisata edukasi sapi bali yang dikombinasikan dengan kegiatan tracking untuk menikamti keindahan alam desa sobangan.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Penduduk desa Sobangan terdiri dari 1.786 laki-laki dan 1.739 perempuan dengan sex rasio 102. Tingkat kelahiran selama tahun 2016 sebanyak 61 jiwa dan kematian 27 jiwa.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]