Soa, Ngada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Soa
Negara Indonesia
ProvinsiNusa Tenggara Timur
KabupatenNgada
Pemerintahan
 • CamatLeonardus Tambu,S.IP
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri53.09.07 Edit the value on Wikidata
Luas- km²
Desa/kelurahan-

Soa adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Terdiri dari 14 Desa yaitu Desa Waepana, Desa Seso, Desa Masumeli, Desa Piga, Desa Tarawaja, Desa Loa, Desa Mengeruda, Desa Libunio, Desa Meliwaru, Desa Ngabheo, Desa Masukedhi, Desa Tarawali, Desa Bogoboa dan Desa Piga Satu. Pada Tanggal 20 Desember 2016 terjadi Pemekaran Desa Persiapan Waepana I dan Pembentukan Desa Persiapan Lokaweka.

Secara geografis, Soa beriklim tropis dan berada di dataran rendah, berjarak sekitar 16 km dari kota Bajawa. Soa terletak pada posisi yang vital dan merupakan daerah yang cukup pesat perkembangan pembangunannya. Potensi daerah yang dimilki diantaranya bidang pertanian, perkebunan, peternakan & Pariwisata. Soa termasuk wilayah yang subur dan dikelilingi rangkaian pegunungan tinggi, perbukitan dan lembah. Gunung tinggi yang mengelilingi teritorial Soa adalah: Inelika, Ebulobo dan Matataka.

Soa adalah daerah penghasil beras (lumbung Beras) dan jagung untuk Kabupaten Ngada. Hampir di setiap desa di Soa memilki area ladang/persawahan yang menghasilkan produksi hasil panen padi yang cukup merata dan berikut nama-nama desa serta area wilayah persawahannya: Tarawaja – Radawea, Loa – Wirase, Piga – Waemeo – Faoboa, Mengeruda – Hobotopo, Masu – Malamasu, Seso – Lagurea.

Ada kelebihan lain yang dimilki Soa, khsususnya kecamatan2 di daerah Kab Ngada, sarana dan prasarananya yang cukup mendukung diantaranya bandar udara Turelelo (Bandar Udara Soa), didarati pesawat dan merupakan akses transportasi penerbangan udara lintas kota di NTT, dari dan tujuan luar NTT, juga akses jalan yang sangat memadai yang menghubungkan kota Bajawa dan ke kecamatan2 di Kabupaten Ngada.

Dengan adanya sarana & prasarana, transportasi yang memadai akan menjadi infrastruktur penting dalam upaya peningkatan perekonomian di Soa dan juga secara langsung memudahkan para tamu dari luar Soa/bule/turis domestik mengunjungi, menikmati objek WISATA AIR PANAS ALAM SOA-MENGERUDA yang sudah terkenal di mancanegara sebagai pendapatan kas daerah sektor wisata serta mereka dapat menjelajahi keunikan panorama lainnya dan tradisi budaya Soa setiap desa yang masih terjaga dan terpelihara dengan baik.

Kecamatan Soa:

1. Kecamatan Soa dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Ngada No. 19 Tahun 2000. Beribu kota Waepana.

2. Batas Wilayah:

Timur: Kabupaten Nagekeo

Barat: Kecamatan Bajawa Utara

Utara: Kecamatan Wolomeze

Selatan: Kecamatan Golewa

3. Jumlah Penduduk (thn 2007): 11.992 jiwa, Luas wilayah: 91.14, Kepadatan Penduduk: 132 perkm”.

3. Nama Desa/Kelurahan:

Tarawaja, Loa, Piga, Mengeruda, Masumeli, Seso & Waepana