Smith Pabbola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Smith Pabbola
Bupati Maros
Masa jabatan
1999–1999
PresidenB. J. Habibie
Abdurrahman Wahid
GubernurZainal Basri Palaguna
Informasi pribadi
Lahir(1942-03-30)30 Maret 1942
Amparita, Kedatuan Sidenreng, Pendudukan Jepang
Meninggal30 Desember 2023(2023-12-30) (umur 81)
Jakarta, Indonesia
MakamTempat pemakaman umum Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
KebangsaanIndonesia
Suami/istriHj. Andi Rosnani Nurdin
Anak5 anak
Alma materUniversitas Hasanuddin
PekerjaanASN / PNS
ProfesiBirokrat / pamong praja
Dikenal karenaBirokrat / pamong praja di wilayah Sulawesi Selatan
Pangkat / GolonganIV.e / Pembina Utama
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Drs. H. Smith Pabbola atau yang lebih akrab disapa Smith (lahir di Amparita, 30 Maret 1942 – 30 Desember 2023) adalah seorang purnabakti (pensiunan) birokrat Indonesia asal Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan yang pernah menjabat sebagai Penjabat (Pj.) Bupati Kepala Daerah (BKDH) Tingkat II Kabupaten Maros pada tahun 1999.

Riwayat Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Karier birokrat[sunting | sunting sumber]

Dalam kariernya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Smith Pabbola telah mengemban berbagai jabatan penting dalam lingkup wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Ia pernah menjabat sebagai Kepala bagian (Kabag) bidang pembangunan di Pemerintahan Kabupaten Soppeng, Sekretaris daerah (Sekda) di Pemerintahan Kabupaten Selayar, Pembantu Gubernur Sulawesi Selatan Wilayah II Palopo, Kepala Inspektorat di Pemerintahan Kabupaten Pinrang, Kepala biro bidang perekonomian di Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala biro bidang personalia di Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan, Pembantu Gubernur Sulawesi Selatan Wilayah IV Bantaeng (1996), Kepala Inspektorat Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan (1995–2002), Penjabat Bupati Kepala Daerah (BKDH) Maros (1999), Kepala Badan Pengawas Daerah Provinsi Sulawesi Selatan serta menutup kariernya dengan menjadi Ketua Harian Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (KAPET) Kotamadya Pare-pare sebelum pensiun dari ASN dengan pangkat IV.e.[1]

Sejarah elektoral[sunting | sunting sumber]

Kematian[sunting | sunting sumber]

Smith Pabbola meninggal dunia pada usia 81 tahun. Awalnya, ia mengeluh sakit perut dan tiba-tiba kehilangan kesadaran, dan meninggal dunia setelah sekitar 5 jam dirawat di rumah sakit di Jakarta pada 30 Desember 2023. Jenazahnya dikebumikan dengan penghormatan di Pekuburan Keluarga di Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan pada 1 Januari 2024. Sebelumnya, jenazahnya diterbangkan dari Jakarta ke Kota Makassar dan disemayamkan di rumah duka di Town House, Jl. Hertasning, Kota Makassar. Smith Pabbola meninggalkan seorang istri bernama Hj. Andi Rosnani Nurdin dan lima orang anak, masing-masing Lely Smith, Muhammad Rusmin Smith, Muhammad Ruslan Smith, Siti Nurrusiah Smith, dan Muhammad Nawafil Smith.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Harianto (1 Januari 2024). "Jenazah Drs H. Smith Pabbola Tiba di Makassar, Disemayamkan di Rumah Duka Town House". global.katasulsel.com. Diakses tanggal 24 Februari 2024. 
  2. ^ Tim redaksi www.pemilu.asia (2009). "Pemilu DPD 2004". www.pemilu.asia. Diakses tanggal 25 Februari 2024. 
  • Departemen Dalam Negeri Dari Masa Ke Masa: Tentang Biografi Menteri-Menteri 1945-1995. Jakarta: Depdagri & CV Muara Agung Jakarta. 1996. hlm. 308. 
  • Wenas, Jotam, dkk (1998). Direktori Pemerintahan Republik Indonesia 1998: Kabinet Reformasi Pembangunan (Buku II). Jakarta: PT Mitra Info. hlm. 172. 
Jabatan politik
Didahului oleh:
Drs. H. Andi Pamadengrukka Mappanyompa (Pj.)
Bupati Maros
1999
Diteruskan oleh:
Drs. H. Andi Nadjamuddin Aminullah, B.A.