Small Astronomy Satellite 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SAS 2

Small Astronomy Satellite 2, juga dikenal sebagai SAS-2, SAS B atau Explorer 48, adalah teleskop sinar gamma NASA. Ini diluncurkan pada 15 November 1972 ke orbit Bumi rendah dengan periapsis dari 443 km dan apoapsis dari 632 km. Ini menyelesaikan pengamatan pada 8 Juni 1973.

SAS 2 adalah yang kedua dalam serangkaian pesawat ruang angkasa kecil yang dirancang untuk memperpanjang studi astronomi di X-ray, sinar gamma, ultraviolet, tampak, dan daerah inframerah. Tujuan utama dari SAS-B adalah untuk mengukur distribusi spasial dan energi galaksi primer dan radiasi gamma extragalactic yang energi antara 20 dan 300 MeV. Instrumentasi terdiri terutama dari detektor penjaga kilau, bagian atas dan bagian ruang percikan yang lebih rendah, dan teleskop partikel bermuatan.

SAS-2 diluncurkan dari platform San Marco di lepas pantai Kenya, Afrika, ke orbit hampir khatulistiwa. Pesawat ruang angkasa mengorbit dalam bentuk silinder sekitar 59 cm dan 135 cm. Empat dayung surya digunakan untuk mengisi ulang 6 amp-jam baterai nikel-kadmium dan memberikan listrik ke pesawat ruang angkasa dan teleskop percobaan. Pesawat ruang angkasa itu berputar stabil, dan sistem kontrol commandable magnetis torqued digunakan untuk menunjukkan sumbu putar dari pesawat ruang angkasa untuk setiap posisi dalam ruang dalam waktu kurang lebih 1 derajat. Sumbu percobaan terletak di sepanjang sumbu ini memungkinkan teleskop untuk melihat setiap wilayah yang dipilih dari langit dengan ditambah atau minus 30 derajat penerimaan aperture. Tingkat putaran nominal adalah 1/12 rpm. Data diambil pada 1000 bit/s dan dapat direkam pada tape recorder onboard dan secara simultan ditransmisikan secara real time. Data yang direkam ditransmisikan sekali per orbit. Ini diperlukan sekitar 5 menit.

Percobaan teleskop awalnya dihidupkan 20 November 1972, dan oleh 27 Nov 1972, pesawat ruang angkasa mulai beroperasi secara penuh. Tegangan listrik rendah untuk percobaan gagal pada 8 Juni 1973. Tidak ada data ilmiah yang berguna diperoleh setelah tanggal tersebut. Dengan pengecualian dari sensor bintang yang sedikit rusak, bagian kontrol pesawat ruang angkasa dilakukan dengan cara yang sangat baik.

SAS-2 pertama kali terdeteksi Geminga, sebuah pulsar diyakini sebagai sisa-sisa supernova yang meledak 300.000 tahun yang lalu.

Referensi[sunting | sunting sumber]