Skithia Minor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Provincia Scythia Minor
Μικρά Σκυθία
Provinsi di Keuskupan Trakia, Kekaisaran Romawi Timur
Sekitar tahun 293–Abad ke-7
Ibu kotaTomi
Sejarah
Era sejarahZaman Kuno Akhir
• Pembagian oleh Kaisar Diokletianus
Sekitar tahun 293
• Wilayah Donau lepas
Abad ke-7
Didahului oleh
Digantikan oleh
Moesia Inferior
ksrKekaisaran
Bulgaria Pertama
Sekarang bagian dari Bulgaria
 Rumania

Skithia Minor atau Skithia Kecil (Greek: Μικρά Σκυθία, Mikrá Skythia) pada zaman kuno merupakan kawasan yang dikelilingi oleh Sungai Donau di sebelah utara dan barat serta Laut Hitam di timur, kurang lebih serupa dengan wilayah Dobrogea modern.

Deskripsi pertama mengenai kawasan ini disusun oleh Herodotus yang menyebut Skithia sebagai wilayah yang membentang dari sebelah utara delta Donau. Dalam sebuah inskripsi dari abad ke-2 SM yang mencatat dekret Histria yang menghormati Agathocles, kawasan ini sudah diberi nama Skithia, sementara penggunaan nama "Skithia Kecil" (Mikrá Skythia) untuk pertama kalinya dalam teks tertulis berasal dari buku Geografi karya Strabo dari awal abad ke-1.

Pada abad ke-7 SM, beberapa koloni Yunani didirikan di pesisir Laut Hitam, dan laporan tertulis Yunani paling awal mencatat bahwa wilayah tersebut dihuni oleh bangsa Trakia, dan kemudian berubah menjadi orang Getae dan akhirnya menjadi orang Dacia. Belakangan kawasan ini juga diserbu oleh bangsa Kelt dan Skithia. Wilayah ini pernah menjadi bagian dari Kerajaan Dacia, dan kemudian ditaklukan oleh Kekaisaran Romawi dan menjadi bagian dari Provinsi Moesia Inferior. Setelah dilancarkannya reformasi Kaisar Diokletianus, wilayah ini dilepaskan dari Moesia dan menjadi provinsi sendiri yang disebut "Skithia". Setelah perpecahan Kekaisaran pada tahun 395, provinsi ini menjadi wilayah Kekaisaran Romawi Timur.

Referensi[sunting | sunting sumber]