Sjahbuddin Latif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sjahbuddin Latif
Menteri Penerangan Indonesia ke-4
Masa jabatan
11 November 1947 – 29 Januari 1948
PresidenSoekarno
Sebelum
Pendahulu
Setiadi
Sebelum
Menteri Muda Penerangan Indonesia ke-3
Masa jabatan
3 Juli 1947 – 11 November 1947
PresidenSoekarno
Sebelum
Pengganti
Setiadi
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir1898
Pariaman, Sumatera Barat, Hindia Belanda
Partai politikPartai Syarikat Islam Indonesia
PendidikanHulp Akte Onderwijzer, Yogyakarta
ProfesiWartawan, politikus
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Sjahbuddin Latif (lahir 1898)[1] adalah seorang politisi, pejuang dan menteri Indonesia. Ia diangkat jadi Menteri Penerangan pada Kabinet Amir Sjarifuddin II yang berjalan dari tanggal 11 November 1947 sampai 29 Januari 1948. Sjahbudin duduk di posisi itu menggantikan Mohammad Natsir yang tidak lagi menjabat Menteri Penerangan.

Sebelumnya ia menempati posisi Menteri Muda Penerangan pada Kabinet Amir Sjarifuddin I dari tanggal 3 Juli 1947 sampai 11 November 1947. Sjahbudin Latif berasal dari Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII). Ia adalah tokoh Sarekat Islam (SI) yang kemudian kembali ke PSII.

Beliau menikah dengan Rosliana dan memiliki 6 anak dan beberapa cucu. Cucu tertuanya adalah H. Firmansyah N. Nazaroedin, Ak., M. Sc, CA, Asean CPA., merupakan pejabat tinggi Kementerian Keuangan dan kini dia merupakan pejabat negara dengan penugasan sebagai Ketua Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji. Salah satu dari menantu beliau adalah Prof. Dr. Ir. Zuhal, M.Sc, E.E. , yang merupakan seorang ilmuwan dan mantan Menteri Riset dan Teknologi era Kabinet Reformasi Pembangunan serta mantan Direktur Utama PLN.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://books.google.co.id/books?id=rtIjAAAAMAAJ&pg=PA171&lpg=PA17