Sitta europaea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sitta europaea Edit nilai pada Wikidata
Kleiber Sitta europaea-0447.jpg
S. e. caesia in Central Europe
Song recorded in Surrey, England
Call recorded in Surrey, England
Rekaman


Edit nilai pada Wikidata
Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Status iucn3.1 LC.svg
Risiko rendah
IUCN103879804 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliSittidae
GenusSitta
SpesiesSitta europaea Edit nilai pada Wikidata
Linnaeus, 1758
Tipe taksonomiSitta europaea europaea Edit nilai pada Wikidata
Tata nama
Dinamakan berdasarkanEropa Edit nilai pada Wikidata
Distribusi
Sitta europaea map.png
Range of S. europaea      Approximate range
Sitta europaea

Sitta europaea adalah burung pengicau kecil yang ditemukan di seluruh Palearktik dan di Eropa. Seperti nuthatch lainnya, ia adalah burung berekor pendek dengan paruh panjang, paruh biru keabu-abuan, dan garis mata hitam. Ini adalah burung vokal dengan panggilan dwip keras berulang. Ada lebih dari 20 subspesies dalam tiga kelompok utama; burung di bagian barat kisaran memiliki bagian bawah oranye-buff dan tenggorokan putih, yang di Rusia memiliki bagian bawah keputihan, dan yang di bagian timur memiliki penampilan yang mirip dengan burung Eropa, tetapi tidak memiliki tenggorokan putih.

Habitatnya yang disukai adalah hutan gugur tua atau hutan campuran dengan pohon-pohon besar dan tua, lebih disukai pohon ek. Pasangan memegang wilayah permanen, dan bersarang di lubang pohon, biasanya sarang burung pelatuk, tetapi kadang-kadang rongga alami. Jika pintu masuk ke lubang terlalu besar, betina diplester dengan lumpur untuk mengurangi ukurannya, dan sering melapisi bagian dalam rongga juga. Telur putih berbintik 6-9 diletakkan di dasar pinus atau serpihan kayu lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Sitta europaea". 2012: e.T22711150A39675798. doi:10.2305/IUCN.UK.2012-1.RLTS.T22711150A39675798.en. Diarsipkan dari versi asli Parameter |archive-url= membutuhkan |url= (bantuan) tanggal 18 April 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]