Sistem urogenital

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sistem urogenital
Male pelvic structures.svg
Beberapa komponen sistem urogenital pada pria
Rincian
Pengenal
Bahasa LatinApparatus urogenitalis, systema urogenitale
MeSHD014566
Daftar istilah anatomi

Sistem urogenital atau sistem genitourinari adalah sistem organ dari sistem reproduksi dan sistem kemih [1] Keduanya dikelompokkan bersama karena kedekatannya satu sama lain, memiliki asal embriologis yang sama dan penggunaan jalur umum seperti uretra pria. Juga, karena kedekatannya, sistem kadang-kadang dicitrakan bersama. [2]

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Organ kemih dan organ reproduksi berkembang dari mesoderm perantara. Organ permanen orang dewasa didahului oleh seperangkat struktur yang murni embrionik, dan dengan pengecualian pada duktus, menghilang hampir seluruhnya sebelum akhir kehidupan janin. Struktur embrio ini berada di kedua sisi: pronephros, mesonephros, dan metanephros dari ginjal, dan saluran Wolffian dan Mullerian alat kelamin. Pronephros menghilang sangat awal; unsur-unsur struktural mesonephros sebagian besar mengalami kemunduran, tetapi gonad dikembangkan di tempatnya, dengan mana duktus Wolffian tetap sebagai duktus pada jantan, dan Müllerian seperti jantan. Beberapa tubulus mesonephros membentuk bagian dari ginjal permanen.

Gangguan[sunting | sunting sumber]

Kematian karena penyakit urogenital per juta orang pada tahun 2012
  22-87
  88-106
  107-123
  124-137
  138-148
  149-164
  165-177
  178-214
  215-255
  256-382

Gangguan pada sistem urogenital termasuk serangkaian gangguan mulai dari yang asimptomatik hingga yang memanifestasikan serangkaian tanda dan gejala. Penyebab gangguan ini termasuk kelainan bawaan, penyakit menular, trauma, atau kondisi yang melibatkan struktur urin.

Untuk mendapatkan akses ke tubuh, patogen dapat menembus selaput lendir yang melapisi saluran urogenital.

Malformasi urogenital meliputi:

  • Hipospadia
  • Epispadias
  • Fusi labial
  • Varikokel

Sebagai spesialisasi medis, patologi urogenital adalah subspesialisasi patologi bedah yang berkaitan dengan diagnosis dan karakterisasi neoplastik dan non-neoplastik penyakit dari saluran kemih, saluran kelamin laki-laki, dan testis. Namun, kelainan medis pada ginjal umumnya dalam keahlian patolog ginjal. Ahli patologi genitourinari umumnya bekerja erat dengan ahli bedah urologi.

  1. ^ "genitourinary system" di Dorland's Medical Dictionary
  2. ^ "UC Davis Department of Radiology - Genitourinary Radiology". Diakses tanggal 2010-03-16.