Sistem kabel Matrix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
MCS
Jenis kabelFibre-optic
Mulai dibangun2007
Selesai dibangun2008
Kapasitas maksimum8 tbit/dtk
PembangunTyco Electronics
Titik pendaratanSingapura, Batam, Jakarta
JangkauanSingapura-Indonesia
PemilikMatrix Networks, NAP Info Lintas Nusa

Matrix Cable System (MCS) sebuah sistem kabel bawah laut international swasta pertama yang menghubungkan antara Jakarta <> Singapura. Diluncurkan pertama kali pada tanggal 8 Agustus 2008 oleh Matrix Networks Pte,Ltd. dan PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info), kabel bawah laut ini membentang sejauh 1055 km dengan satu Unit Cabang aktif di Batam dan dua Unit Cabang tambahan yang dapat memperluas jaringan ke kabel lain yang telah tersedia dalam cakupan Asia Tenggara / Australia.

Matrix Cable System (MCS) dibangun oleh Tyco – Mitra Teknologi terkemuka di kelasnya dalam hal pembangunan kabel laut. Saat ini Matrix Cable System secara berkesinambungan memaksimalkan kualitas pelayanan serta didukung teknologi terkini dalam konektivitas optik, serta bertujuan agar dapat meningkatkan efisiensi throughput.

Kabel lapis baja tunggal (Single-Armored) dan ganda (Double-Armored) digunakan secara ekstensif di area berisiko tinggi, sedangkan kabel lapis baja ringan digunakan pada segment lainnya. Matrix Cable System (MCS) memiliki angka latensi 12 ms antara Jakarta <> Singapura dengan kapasitas hingga 60 Tbps dengan 2,7 Tbps lit.

Rujukan[sunting | sunting sumber]