Sistem Kader Partai Komunis Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sistem Kader Partai Komunis Tiongkok merupakan institusi dan metode yang digunakan oleh Partai Komunis Tiongkok untuk melatih, mengatur, menunjuk, dan mengawasi personelnya agar dapat bertugas dan berperan sebagai pelayanan sipil bagi Partai, negara, militer, bisnis, dan organisasi lain di seluruh Tiongkok. Sistem ini terdiri dari beberapa juta kader (Hanzi sederhana: 干部; Hanzi tradisional: 幹部; Pinyin: gànbù) penuh waktu dan profesional.

Tiongkok adalah negara satu partai, sehingga Partai Komunis berfungsi sebagai satu-satunya otoritas hukum di Tiongkok. Pengelolaan kader merupakan salah satu cara Partai untuk menguasai negara dan mempengaruhi masyarakat luas. Semua kader harus setia kepada Partai Komunis, tetapi tidak selalu menjadi anggota Partai. Kader tidak hanya dilatih untuk menjadi administrator yang kompeten, tetapi juga secara ideologis setia kepada Partai dan berusaha untuk mewujudkan Sosialisme dengan karakteristik Tiongkok.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pieke 2009, hlm. 29-30: "The recruitment and deployment of cadres is one of the most important ways in which the party-state integrates itself with society and guides and directs the project of socialist transformation. ... The cadre system, as the party's main instrument, also continues to impinge equally on all these branches of the party's domain of governance. Appointments to all institutions of governance continue to be managed as part of one comprehensive system, and individual cadres move freely from posts in government to party positions and appointments in legislative and united front branches."