Sirnagalih, Cilaku, Cianjur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sejarah Desa Sirnagalih[sunting | sunting sumber]

Tertulis/terdengar cerita, dulu terdapat kampung subur dan hijau yang kemudian dikenal dengan nama Kampung Cibinong Girang.Letaknya bersebelahan dengan kampung Cibinong Hilir dengan hanya dipisahkan oleh batas alam berupa aliran sungai bernama Sungai Cibinong.

Diceritakan, salah seorang tokoh dari kampung Cibinong Girang memiliki gagasan untuk merubah Kampung Cibinong Girang menjadi sebuah Desa. Pada suatu malam tokoh tersebut mengumpulkan warga di sebuah masjid bermaksud untuk musyawarah merubah nama kampung Cibinong Girang tersebut menjadi sebuah Desa. Setelah mendengarkan paparan dan argumentasi dari setiap tokoh masyarakat mengenai gagasan pendirian sebuah Desa, singkat cerita akhirnya semua warga setuju dengan usulan tersebut.

Setelah disepakati, giliran dicari nama yang tepat untuk Desa baru tersebut. Musyawarah berjalan alot, hingga belum bisa di sepakati di hari yang sama. Waktu berjalan, seluruh tokoh termasuk masyarakat ikut memikirkan nama yang tepat penganti Kampung Cibinong Girang.

Hari berganti, setelah lama merenung akhirnya  salah satu tokoh masyarakat mengusulkan nama SIRNAGALIH sebagai pengganti nama yang sebelumnya. Nama ini terdiri dari empat kata yang masing - masing mengandung arti. SIR artinya Perasaan (Rasa Cinta), NA  berarti di dalam, dan GALIH berarti  hati /Jiwa. Jika di satukan, SIRNAGALIH bermakna Perasaan Cinta dari dalam Jiwa yang Sangat dalam.

Nama tersebut merupakan representasi dari keadaan wilayah dan kondisi masyarakat saat itu di mana budaya gotong royong, silih asah, silih asih, silih asuh merupakan identitas dari masyarakat. Selain itu, nama ini juga diharapkan menjadi do’a agar sejauh apapun perkembangan jaman, secanggih apapun teknologi, sehebat apapun pengetahuan kita, diharapkan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat Desa Sirnagalih tetap tejaga hingga kapanpun.

Perangkat Desa Sirnagalih Tahun 2022.jpg

Tentang Desa Sirnagalh[sunting | sunting sumber]

Sirnagalih
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenCianjur
KecamatanCilaku
Kode Kemendagri32.03.04.2003 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Desa Sirnagalih merupakan 1 dari 10 desa yang berada di kecamatan Cilaku, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia. Secara geografis terletak di 06º 51 105 LS dan terletak di 107º 07 777 BT. Topografi Desa Sirnagalih termasuk dalam kategori Daerah dataran rendah dengan ketinggian ± 450-500 M meter dari permukaan laut (DPL).

Desa Sirnagalih sendiri terletak di perbatasan sebelah barat Desa Rancagoong, Utara Desa Sukamaju, Timur Desa Cibinonghilir, dan selatan berbatasan Desa Sukasari.

Desa Sirnagalih terdiri dari 4 dusun, 18 RW, dan 73 RT dengan perangkatnya terdiri dari Seorang Kepala Desa, satu sekertaris Desa, tiga orang kepala Seksi (Kasi), tiga orang Kaur, empat orang Kepala Dusun, dan dibantu oleh 4 orang staff. Data bulan Juli tercatat, Desa Sirnagalih memiliki jumlah penduduk 24.830 orang yang terdiri dari 12.373 laki-laki, dan 12.457 perempuan.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2019 dibawah kepemimpinan Kepala Desa H. Sugilar, Desa Sirnagalih terus melakukan inovasi dan akselerasi diberbagai bidang terutama dibidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Hal itu menjadikan Desa Sirnagalih berhasil mencapai IDM "MANDIRI" pada tahun 2019 akhir. Pencapaian itu diantaranya:

  1. Desa dengan IDM Mandiri pada tahun 2019
  2. Salah satu desa dengan pengelolaan asset terbaik tahun 2021
  3. Juara 1 Lomba Desa Tingkat Kabupaten tahun 2022

Dari prestasi itu, Desa Sirnagalih berhasil mendapat reward dari pemeirintah, baik Kabupaten, Provinsi, bahkan Nasional (Kemendagri), diantaranya:

  1. Mobil Maskara dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
  2. Reward BKKPD untuk Desa Mandiri 2022
  3. Perbantuan SDM dari Provinsi, Patriot Desa tahun 2022

Digitalisasi Desa[sunting | sunting sumber]

Dalam rangka menyesuaikan diri dengan tuntutan industri 4.0, Desa Sirnagalih terus berakselerasi untuk menerapkan sistem digitalisasi desa. Salah satu diantaranya adalah terkait sistem informasi masyarakat. Melalui pendampingan Patriot Desa, Desa Sirnagalih kini telah mengaktivasi website desa di https://sirnagalih-cilaku.kampungpinter.co.id/ dan media sosial instagram https://www.instagram.com/pemdes_sirnagalih/ sebagai media informasi dan komunikasi yang 24 jam dapat diakses oleh masyarakat.

Pergerakan ini didukung oleh Diskominfo Jawa Barat, melalui pendampingan Patriot Desa, di tahun 2022 Desa Sirnagalih masuk sebagai salah satu proyeksi Desa Digital Pemerintah Provinsi Jawa Barat.