Sirenia (grup musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sirenia
Informasi latar belakang
AsalStavanger, Norwegia
GenreDeath-doom (awal), Gothic metal, Symphonic metal
Tahun aktif2001–saat ini
LabelNapalm (2002-2005, 2014-present)[1]
Nuclear Blast (2005-2014)[2]
Artis terkaitArtifact, Tristania, Sinphonia, Trail of Tears
Situs websirenia.no
AnggotaMorten Veland
Ailyn
Jonathan Perez
Jan Erik Soltvedt
Mantan anggotaFabienne Gondamin
Henriette Bordvik
Kristian Gundersen
Monika Pedersen
Bjørnar Landa
Michael S. Krumins

Sirenia adalah sebuah band gothic metal dari Stavanger, Norwegia yang menggabungkan campuran gothic metal dan symphonic metal, serta metal ekstrem dan elemen death metal. Lirik, ditulis oleh Morten Veland, menceritakan kisah kehilangan kosneptual yang dimulai pada Widow's Weed , saat ia masih menjadi anggota Tristania. Band ini menggunakan instrumental melodik, synthesizer, gitar dan terdistorsi dengan vokal perempuan, vokal laki-laki, paduan suara, dan biola. Liriknya yang bersangkutan dengan keberadaan manusia, emosi, dan kondisi mental.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Sirenia dibentuk pada awal tahun 2001, ketika Morten Veland berpisah dengan mantan bandnya Tristania karena perbedaan pendapat dan masalah pribadi. Band ini gagal menemukan penyanyi yang cocok sebelum rekaman di Prancis, sehingga mereka melakukan audisi dan menemukan Fabienne Gondamin untuk rekaman album debut mereka At Sixes and Sevens. Pada tur berikutnya Fabienne Gondamin digantikan oleh Henriette Bordvik, yang dengannya band ini merekam album An Elixir for Existences dan Sirenian Shores EP. Pada November 2005 Henriette Bordvik meninggalkan band karena alasan pribadi. Pada tahun 2007 mereka merilis album ketiga - Nine Destinies And A Downfall. Dalam album ini, terdapat penyanyi baru, Monika Pedersen dari Denmark, yang bergabung dengan band pada bulan April 2006, dan gitaris baru Bjørnar Landa (dari Artifact), yang bergabung dengan band selama rekaman.

Pada tanggal 5 November 2007, Monika Pedersen keluar dari band atas perbedaan pendapat musik. Kepergiannya menyebabkan Sirenia mencabut diri dari tur Eropa yang direncanakan dengan Therion.Pada tanggal 9 April 2008, Sirenia mengumumkan kontestan X Factor Spanyol, Ailyn sebagai vokalis baru wanita mereka.

Pada tanggal 19 Mei 2008, ia mengumumkan bahwa Bjørnar Landa meninggalkan band untuk memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga dan penelitian. Ia digantikan oleh Michael S. Krumins (Green Carnation). Pada tanggal 12 Juni 2008, Sirenia mengumumkan bahwa untuk pertama kalinya dalam karier mereka, mereka telah memutuskan untuk bekerja dengan bassplayer untuk pertunjukan live mereka. Pemain bass sesi mungkin Kristian Olav Torp.

Sirenia mulai merekam album keempat mereka pada bulan Juli 2008. Album direkam di Studio Sound Suite, Prancis dan Stargoth Studios, Norwegia. The Mixing dan Mastering berlangsung di Antfarm Studios, Denmark dengan Tue Madsen. Album, yang disebut The 13th Floor, selesai pada September dan tanggal rilis adalah 23 Januari 2009. Fitur album penampilan tamu oleh Jan Kenneth Barkved. Single pertama, "The Path To Decay", dirilis pada tanggal 26 Desember 2008 sebagai download digital.

Sirenia langsung di Norway Rock Festival pada tahun 2009

Pada tanggal 8 Juli 2010, Sirenia mengumumkan bahwa mereka mulai merekam album baru. Itu selesai pada bulan November, dan akan berjudul The Enigma of Life. Tanggal rilis adalah 21 Januari 2011.

Single pertama, "The End of It All", dirilis pada tanggal 21 Desember 2010 sebagai download digital.

Pada tanggal 19 April 2011, Michael meninggalkan Sirenia untuk lebih banyak waktu pada bandnya sendiri dan proyek.

Pada April 2011, Jan Erik Soltvedt bergabung dengan band dan akan mengisi sebagai gitaris.

Pada tanggal 16 Oktober 2012, Sirenia mengumumkan bahwa mereka telah memasuki studio untuk merekam album mereka berikutnya yang rilis awal 2013. Kutipan band pada album keenam mereka, "Kemajuan di album baru akan sangat baik - kami merasa yakin bahwa album keenam Sirena akan memiliki beberapa kejutan yang menyenangkan, seperti yang kita sudah tekadkan untuk membuat rekaman ini agak berbeda dari dua album sebelumnya sebelumnya.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Anggota Sekarang[sunting | sunting sumber]

Mantan Anggota[sunting | sunting sumber]

  • Henriette Bordvik – Vocals (2003–2005)
  • Monika Pedersen – Vocals (2006–2007)
  • Kristian Gundersen – Guitars (only live) & Clean vocals (2001–2004)
  • Bjørnar Landa – Guitars (only live) (2004–2008)
  • Michael S. Krumins – Guitars & Harsh vocals (only live) (2008–2011)
  • Kristian Olav Torp – Bass (only live) (2008)
  • Roland Navratil – Drums (only live) (2004–2005, 2009)

Album[sunting | sunting sumber]

EP[sunting | sunting sumber]

Single and Single Promo[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sirenia Returns To Napalm Records - Blabbermouth.net". BLABBERMOUTH.NET. Diakses tanggal 19 September 2014. 
  2. ^ "Sirenia Sign With Nuclear Blast Records - Blabbermouth.net". BLABBERMOUTH.NET. Diakses tanggal 19 September 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]