Sir Andrew Clark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sir Andrew Clark, Baronet Pertama (28 Oktober 1826 - 6 November 1893), adalah seorang dokter dan ahli patologi Skotlandia.

Sir Andrew Clark lahir di Aberdeen anak dari Amelia Anderson dan Andrew Clark. Ayahnya, yang juga seorang dokter, meninggal saat usianya baru beberapa tahun. Setelah bersekolah di Aberdeen, ia dikirim oleh walinya ke Dundee untuk melanjutkan sekolahnya dan magang di sebuah apotek sebagai apoteker. Setelah kembali ke Aberdeen ia melanjutkan studinya di Universitas Aberdeen. Kemudian ia pergi ke Edinburg di sekolah akademis ekstra. Ia menjadi mahasiswa terbaik karena memiliki deskripsi karier yang cemerlang. Kemudia ia menjadi asisten Dr. John Hughes Bennett di Departemen Patologi di Edinburgh Royal Infirmary dan asisten demonstran anatomi untuk Robert Knox. Tetapi dikarenakan ia mendapatkan gejala tuberkolosis membuat ia harus segera mengakhiri masa akademiknya. Dengan harapan laut bisa bermanfaat bagi kesehatannya, dia bergabung dengan departemen medis Angkatan Laut Kerajaan Britania Raya tahun 1848.

Pada tahun selanjutnya ia menjadi ahli patologi ke Rumah Sakit Haslar dimana T.H. Huxley adalah salah satu rekannya. Pada tahun 1853 ia adalah kandidat terbaik sebagai kurator yang baru di Museum Rumah Sakit London. Di sana ia bermaksud mencurahkan seluruh kemampuannya pada patologi, namun keadaan membawa ia aktif dalam praktik medis. Pada tahun 1854, tahun di mana dia mengambil gelar doktornya di Aberdeen, jabatan asisten dokter di rumah sakit menjadi kosong dan ia kemudian mengajukan dirinya untuk itu. Dia sangat suka menceritakan bagaimana gejala tuberkulosisnya untuk pengangkatannya. "Dia hanya seorang dokter Skotlandia yang malang," katanya, "namun beberapa bulan lagi tinggal, biar dia memilikinya." dan dua tahun sebelum kematiannya pada saat pemilihan asisten dokter staf rumah sakit secara terbuka menyatakan bahwa ia adalah satu-satunya cocok sebagai asisten dokter.

Pada tahun 1854, dia menjadi anggota Royal College of Physicians, dan mendapatkan penghargaan dari Perguruan Tingginya dan pada tahun 1888 ia mendapatkan penghargaan dari Presiden. Sejak terpilih sebagai asisten dokter di Rumah Sakit London, ia mulai dikenal dengan praktik medis terbanyak di London dan di antara pasiennya adalah orang paling terkemuka di masa itu. Dalam kasus yang sangat serius, keterampilan dan ketelitian diagnosisnya tidak dapat dilampaui oleh siapapun. Dia menjadi konsultan di Lumleian Lectures pada tahun 1867.

Dia dianugerahkan gelar kebangsawanan Baronet pada tahun 1883 sebagai pengakuan jasanya di bidang kedokteran. Pada tahun yang sama ia terpilih sebagai Presiden Klinis Masyarakat London. Pada bulan Juni 1885 dia terpilih sebagai Anggota Royal Society.

Ia juga banyak menulis buku mengenai penyakit paru-paru terutama fibrosis paru-paru namun ia juga menulis buku mengenai hal-hal lain, seperti gagal ginjal, anemia, sembelit, dll.

Dia meninggal di London, setelah mengalami stroke paralitik, dan dimakamkan di Essenden, di dekat rumahnya di Hatfield, Hertfordshire.