Singhapala

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Singhapala (Aksara Baybayin: ᜐᜒᜅ᜔ᜑᜉᜎ, bahasa Cebu: Dakbayan sa Singapala, bahasa Tagalog: Lungsod ng Singapala, bahasa Melayu Kuno: Kota Singapura) adalah kota berbenteng kuno, yang merupakan ibu kota dari Kerajaan Cebu. Letak kota kuno ini adalah yang sekarang menjadi Barangay Mabolo modern di distrik utara Kota Cebu. Kota ini didirikan oleh Sri Lumay bergelar Raja Muda Lumaya, seorang pangeran campuran Tamil-Melayu dari Sumatra.[1][2]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama Singhapala diserap secara tidak langsung dari bahasa Sanskerta melalui bahasa Tamil, yaitu Singama (சிங்கம்) menjadi Singa dalam bahasa Melayu Kuno, dan Puram (புரம்) berarti "Kota" menjadi Pura dalam bahasa Melayu Kuno, lalu diserap ke bahasa Filipina menjadi Pala, ragam Sanskritisasi menjadi "Singa-Puram", lalu ragam Melayu Kuno menjadi Singapura, yang berarti "Kota Singa", diserap dari Singapur (சிங்கப்பூர்), akar kata yang sama menamai negara Singapura.

Letak[sunting | sunting sumber]

Pemandangan Distrik Utara di Kota Cebu.

Letak Singhapala kuno dikatakan berada di tempat yang sekarang menjadi bagian dari distrik Utara di barangay Mabolo modern di Kota Cebu,[1] dengan perkiraan jumlah penduduk sebanyak 21.842 jiwa pada tahun 2010. Kota Cebu modern terdiri atas 80 barangay. Barangay-barangay itu dikelompokkan menjadi dua distrik kongres, terdiri atas 46 barangay di Distrik Utara dan 34 barangay di in Distrik Selatan.[3][4][5][6]

Pusat perdagangan[sunting | sunting sumber]

Selama masa pemerintahan Rajah Humabon, wilayah tersebut sejak itu menjadi pusat perdagangan penting di mana hasil-hasil pertanian dipertukarkan ke luar Filipina. Dari Jepang, parfum dan peralatan kaca biasanya diperdagangkan untuk barang-barang asli. Produk gading, kulit, batu mulia, dan batu semi-mulia, serta śarkarā(Sarkarai dalam bahasa Tamil) berarti gula, sebagian besar berasal dari pedagang India dan Burma.[7] Pelabuhan Sugbu dan ibu kota Singhapala dikenal sehari-hari sebagai sinibuayng hingpit ("tempat berdagang"), disingkat menjadi sibu atau sibo ("berdagang"), yang diserap ke bahasa Spanyol menjadi "Cebú". Juga pada masa pemerintahan Humabon, Lapu-Lapu tiba dari Kalimantan, dan Humabon diberikan wilayah Mandawili (kini Mandaue), termasuk pulau yang dikenal sebagai Opong atau Opon (kemudian dikenal sebagai Mactan). Kontak pertama dengan Spanyol juga terjadi pada masa pemerintahan Humabon, yang mengakibatkan tewasnya Fernando de Magelhaens.[8]

Pendirian[sunting | sunting sumber]

Menurut Aginid, Bayok sa atong Tawarik,[9] sebuah cerita rakyat Bisaya, sebelum penjajahan Spanyol, kerajaan adalah bentuk umum negara bagian atau pemerintahan pulau Cebu. Kerajaan ini didirikan oleh Sri Lumay (k. 1400 M), yang merupakan seorang pangeran dari Dinasti Cholayang menaklukan Sumatra kemudian yang menetap di Cebu dengan putranya, Sri Alho, mereka memerintah selatan yang dikenal sebagai Sialo yang meliputi Valladolid, Carcar, hingga Santander.[1][2]

Putranya yang lain, Sri Ukob, memerintah di utara yang dikenal sebagai Nahalin yang meliputi kota-kota Consolacion, Liloan, Compostela, Danao, Carmen, dan Bantayan saat ini. Sebagai seorang penguasa, Sri Lumay dikenal tegas, tak kenal ampun, dan pemberani. Dia menugaskan magalamag untuk mengajar rakyatnya membaca dan menulis huruf kuno. Dia memerintahkan pengawasan rutin melalui kapal dari Nahalin ke Sialo oleh mangubat (prajurit).

Meskipun seorang penguasa yang ketat, Sri Lumay adalah orang yang penuh kasih yang tidak seorang budak pun lari darinya. Selama masa pemerintahannya, Magalos (secara harfiah perusak perdamaian) yang datang dari Mindanao Selatan dari waktu ke waktu menyerbu pulau untuk menjarah dan berburu budak. Sri Lumay memerintahkan untuk membakar kota setiap kali orang selatan datang untuk mengusir mereka dengan tangan kosong. Kemudian, mereka melawan Magalo (perompak Moro) ini sehingga mereka meninggalkan kota untuk selamanya.

Dengan demikian, kota itu secara permanen disebut Kang Sri Lumayang Sugbo, atau kota hangus Sri Lumay. Perdagangan dilakukan dengan semarak oleh orang-orang Sri Lumay dengan pedagang dari Tiongkok, Jepang, India, dan Burma di Parian, yang terletak di bagian timur laut Kota Cebu.

Kepulauan ini terletak strategis di Asia Tenggara sehingga secara alami menjadi bagian dari jalur perdagangan dunia kuno. Produk pertanian ditukar dengan kain sutra Tiongkok, lonceng, barang porselen, perkakas besi, lampu minyak, dan jamu. Dari Jepang, parfum dan peralatan gelas biasanya diperdagangkan dengan barang-barang asli. Produk gading, kulit, batu mulia dan semi mulia serta sarkara (gula) sebagian besar berasal dari pedagang Burma dan India.

Sri Lumay tewas dalam salah satu pertempuran melawan magalos dan digantikan oleh putra bungsunya Sri Bantug yang memerintah Singhapala.

“Bantug menjalankan aturan ayahnya sepanjang masa pemerintahannya. Dia mengatur umalahukwan (wartawan) untuk mendesak orang-orang di Nahalin dan Sialo untuk mematuhi perintahnya, terutama pada produksi pertanian dan pertahanan.

Penjajahan Spanyol[sunting | sunting sumber]

Singhapala mungkin terus ada sampai tahun 1565, ketika Kerajaan Cebu dibubarkan pada masa pemerintahan Rajah Tupas oleh pasukan penakluk Miguel López de Legazpi dalam pertempuran Cebu.[10] Singhapala dan daerah-daerah yang sekarang terdiri dari Kota Cebu modern telah tergabung dalam pemerintahan Spanyol, dan Miguel López de Legazpi menamai kota baru itu Villa de San Miguel de Cebú (kemudian berganti nama menjadi "Ciudad del Santísimo Nombre de Jesús)." Pada tahun 1567, garnisun Cebu diperkuat dengan kedatangan 2.100 tentara dari Spanyol Baru (Meksiko). Daerah jajahan yang berkembang kemudian dibentengi oleh Benteng San Pedro.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "The Aginid - Philstar.com". philstar.com. 
  2. ^ a b "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-05-04. Diakses tanggal 2022-03-09. 
  3. ^ "Cebu City North District Urban Barangays". Cebu City Official Website. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-25. Diakses tanggal 21 August 2016. 
  4. ^ "Cebu City North District Rural Barangays". Cebu City Official Website. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-25. Diakses tanggal 21 August 2016. 
  5. ^ "Cecu City South Urban Barangays". Cebu City Official Website. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-25. Diakses tanggal 21 August 2016. 
  6. ^ "Cebu City South District Rural Barangays". Cebu City Official Website. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-08-25. Diakses tanggal 21 August 2016. 
  7. ^ The Rajahnate of Cebu, The Bulwagan Foundation Trust.
  8. ^ Celestino C. Macachor (2011). "Searching for Kali in the Indigenous Chronicles of Jovito Abellana". Rapid Journal. 10 (2). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-03. 
  9. ^ Ouano-Savellon, Romola (2014). ""Aginid Bayok Sa Atong Tawarik": Archaic Cebuano and Historicity in a Folk Narrative". Philippine Quarterly of Culture and Society. 42 (3/4): 189–220. JSTOR 44512020. 
  10. ^ William Henry Scott (1992), Looking for the Prehispanic Filipino: and other essays in Philippine history, New Day Publishers, ISBN 978-971-10-0524-5.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]