Sinema Vietnam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sinema Vietnam
Sebuah bioskop di Ho Chi Minh City
Jumlah layar246 (2012)[1]
Film fitur yang diproduksi (2011)[2]
Fiksi3
Animasi4
Dokumenter28
Jumlah admisi (2011)[3]
Total13,500,000
Keuntungan Box Office (2012)[4]
Total$43 juta

Sinema Vietnam bermula pada 1920an, dan sebagian besar menyoroti peperangan yang terjadi di negara tersebut dari 1940an sampai 1970an. Film-film berbahasa Vietnam terkenal meliputi Cyclo, The Scent of Green Papaya dan Vertical Ray of the Sun, semuanya dibuat oleh seorang sutradara Việt Kiều yang dilatih di Prancis yang bernama Tran Anh Hung. Pada tahun-tahun terkini, ketika industri film Vietnam dimodernisasikan, para pembuat Vietnam kontemporer meraih sambutan dari para penonton dengan film-film seperti Buffalo Boy, Bar Girls, The White Silk Dress, dan Muoi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Film-film awal[sunting | sunting sumber]

Pada 1920an, sekelompok intelektual Vietnam membentuk Perusahaan Film Huong Ky di Hanoi. Perusahaan tersebut memproduksi dokumenter-dokumenter tentang pemakaman Kaisar Khải Định dan pelantikan Bảo Đại. Terdapat juga film fitur bisu, Một đồng kẽm tậu được ngựa (A Penny for a Horse). Film bersuara pertama diproduksi dari 1937 sampai 1940, dengan Trọn với tình (True to Love), Khúc khải hoàn (The Song of Triumph) dan Toét sợ ma (Toét's Scared of Ghosts) oleh studio Asia Film Group di Hanoi dengan partisipasi dari artis Tám Danh. Vietnam Film Group, yang dipimpin oleh Trần Tấn Giàu memproduksi Một buổi chiều trên sông Cửu Long (Sore Hari di Sungai Mekong) dan Thầy Pháp râu đỏ (The Red-Bearded Sorcerer).

Dua film lainnya, Cánh đồng ma (The Ghost Field) dan Trận phong ba (The Storm), dibuat pada 1937 dan '38 di Hong Kong dengan aktor danm dialog Vietnam, namun mengalami kegagalan dalam hal keuangan.

Kementerian Informasi dan Propaganda dari pemerintah tersebut membentuk sebuah departemen film pada sekitar tahun 1945 dan mendokumentasikan pertempuran-pertempuran dalam Perang Indochina Pertama dalam film-film dokumenter Trận Mộc Hóa (Pertempuran Mộc Hóa) pada 1948, Trận Đông Khê (Pertempuran Đông Khê) pada 1950 Chiến thắng Tây Bắc (Kemenangan Barat Laut) pada 1952, Việt Nam trên đường thắng lợi (Việt Nam di Jalan Menuju Kemenangan) pada 1953 dan Dien Bien Phu (1954).

Tahun-tahun perang[sunting | sunting sumber]

Pada akhir Perang Indochina Pertama dan pembentukan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, terdapat dua industri film Vietnam, dengan industri Hanoi yang berfokus pada film-film propaganda dan Saigon yang kebanyakan memproduksi film-film komedi atau bertemakan perang.

Studio Film Vietnam di Hanoi didirikan pada 1956 dan Sekolah Film Hanoi dibuka pada 1959. Film fitur pertama yang diproduksi di Republik Demokratik Vietnam adalah sebuah karya nasionalistik yang disutradarai oleh Nguyễn Hồng Nghị, Chung một Dòng sông (Bersama pada Sungai yang Sama). Terdapat pula sebuah film fitur animasi, Đáng đời Thằng cáo (A Just Punishment for the Fox) pada 1960.

Film-film fitur dan dokumenter dari Hanoi mendapatkan sambutan di festival-festival film di Eropa Timur pada waktu itu. Dokumenter Nước về Bắc Hưng Hải (Air Kembali ke Bắc Hưng Hải) memenangkan Penghargaan Emas di Festival Film Moskow 1959, dan film fitur 1963 buatan Phạm Kỳ Nam, Chị Tư Hậu (Saudari Tư Hậu) memenangkan Penghargaan Perak di Moskow. Film tersebut dibintangi oleh aktris utama Trà Giang.

Namun, kebanyakan industri yang berbasis di Hanoi berfokus pada mendokumentasikan Perang Vietnam. Antara 1965 dan 1973, 463 film berita, 307 dokumenter dan 141 film ilmu pengetahuan diproduksi, bersamaan dengan 36 film fitur dan 27 kartun. Film-film pada masa tersebut meliputi dokumenter Du kích Củ Chi (Para Gerilyawan Củ Chi) pada 1967 dan Lũy thép Vĩnh Linh (Vĩnh Linh Steel Rampart) pada 1970, yang meliputi rekaman-rekaman pertempuran. Film-film lainnya, seperti Đường ra phía trước (Jalan menuju ke Depan) pada 1969 dan Những người săn thú trên núi Dak-sao (Para Pemburu di Gunung Dak-sao) pada 1971 adalah dokudrama.

Film fitur dari masa tersebut meliputi Nguyễn Văn Trỗi (1966), Đường về quê mẹ (Jalan Kembali ke Ibu), Truyện vợ chồng Anh Lực (Kisah Anh Lực dan Istrinya) pada 1971, dan Em bé Hà Nội (Gadis dari Hanoi) pada 1974.

Saigon memproduksi sejumlah dokumenter dan film informasi publik, serta film fitur. Kebanyakan film fitur terkenal yang berasal dari akhir 1950an adalah Chúng Tôi Muốn Sống (Kamu Ingin Hidup), sebuah penggambaran realistis dari kampanye reformasi lahan berdarah di Vietnam Utara dibawah kepemimpinan Vietminh yang didominasi Komunis. Beberapa film fitur hitam-putih pertengahan 1960an menampilkan kisah bertemakan perang, dengan aktor-aktor seperti Đoàn Châu Mậu dan La Thoại Tân. Beberapa film fitur berwarna terkenal pada masa selanjutnya menampilkan tentang kisah bertemakan tragedi keluarga atau pribadi dalam sebuah masyarakat yang terkena perang, seperti Người Tình Không Chân Dung (Kekasih Tak Berwajah) yang dibintangi oleh Kiều Chinh, Xa Lộ Không Đèn(Jalan Tol Gelap) yang dibintangi oleh Thanh Nga, Chiếc Bóng Bên Đường (Bayangan di Sisi Jalan) yang dibintangi oleh Kim Cương dan Thành Được. Film-film komedi biasanya dirilis pada sekitar Tết, Tahun Baru Vietnam; yang paling terkenal adalah Triệu Phú Bất Đắc Dĩ(The Reluctant Millionaire) yang dibintangi oleh komedian yang paling dicintai Thanh Việt.

Adaptasi Joseph Mankiewicz dari The Quiet American karya Graham Greene difilmkan di dalam dan di sekitar Saigon pada 1957. Aktor Amerika Marshall Thompson menyutradarai dan membintangi A Yank in Vietnam, dan Year of the Tiger pada 1964.

Penyatuan kembali[sunting | sunting sumber]

Setelah penyatuan kembali Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, studio-studio di bekas Vietnam Selatan berubah halauan pada pembuatan film-film Sosialis Realisme.

Film-film dari tahun-tahun tersebut mengisahkan tentang perang yang berfokus pada upaya-upaya heroik dalam revolusi tersebut, penderitaan manusia yang terjadi akibat perang tersebut dan masalah-masalah sosial pada masa pemulihan pasca perang. Film-film dari masa ini meliputi Mùa gió chướng (Season of the Whirlwind) pada 1978 dan Cánh đồng hoang (The Wild Field) pada 1979.

Sinema kontemporer[sunting | sunting sumber]

Pada 2007, Muoi (Muoi: Leganda dari sebuah Lukisan), film horor pertama di Vietnam setelah Kejatuhan Saigon (berkolaborasi dengan produser-produser Korea) juga menjadi film berating teratas dengan batasan usia 16 tahun.[5][6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "State film agency urged to upgrade censorship device". Tuổi Trẻ news. Diakses tanggal 9 November 2013. 
  2. ^ "Table 1: Feature Film Production - Genre/Method of Shooting". UNESCO Institute for Statistics. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-24. Diakses tanggal 5 November 2013. 
  3. ^ "Berlin 2013: A Company Launches Vietnamese Distribution Arm". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 9 November 2013. 
  4. ^ "Vietnamese cinemas earn $43 million in 2012". News VietNamNet. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-09. Diakses tanggal 9 November 2013. 
  5. ^ Tin Tuc Online - Vietnamnet Diarsipkan 2008-03-08 di Wayback Machine. informasi palsu dari VN-news, karena film horor Vietnam pertama dirilis pada 1973 di Vietnam Selatan dengan nama Con ma nha ho Hua (Hantu Keluarga Hua) dan Oan hon (Jiwa-Jiwa) pada 2004 dari Vietnam Amerika
  6. ^ "Laodong.com.vn | Dưới 16 tuổi không được xem phim Mười - Duoi 16 tuoi khong duoc xem phim Muoi". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-03-22. Diakses tanggal 2015-07-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]