Simpang Lima Semarang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemandangan Simpang Lima Semarang dari Plasa Simpang Lima

Simpang Lima Semarang (Hanacaraka:ꦱꦶꦩ꧀ꦥꦁ​ꦭꦶꦩ​ꦱꦼꦩꦫꦁ) adalah sebuah persimpangan yang berada di pusat kota Semarang. Persimpangan ini merupakan pertemuan dari lima jalan yang menyatu, yaitu Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada dan Jalan Ahmad Dahlan. Di tengahnya terdapat lapangan, yang disebut juga Lapangan Pancasila.[1] Di sekitarnya berdiri hotel-hotel berbintang dan pusat perbelanjaan. Di antaranya Hotel Ciputra, Hotel Horison, Hotel Graha Santika, Mall Ciputra, E Plaza, Plaza Simpang Lima, Living Plaza, @Hom Hotel, Holiday Inn Expres, Warhol Apartemen dan Condotel (sedang konstruksi). Lapangan ini merupakan pusat keramaian warga Semarang setiap hari Sabtu-Minggu. Terutama pada hari Minggu pagi tempat ini hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki dan bersepeda.

Simpang Lima dijadikan sebagai pusat Alun-alun Semarang berdasarkan atas usulan Presiden RI pertama kali yaitu Ir. Soekarno dengan alasan pusat alun-alun yang semula berada di kawasan Kauman telah beralih fungsi menjadi pusat perbelanjaan. Rencana pembangunan Lapangan Pancasila waktu itu dipilih di ujung jalan Oei Tiong Ham (Jalan Pahlawan Semarang). Lapangan Pancasila kemudian dapat terbangun pada tahun 1969.

Saat ini Lapangan Pancasila atau Lapangan Simpang Lima sudah menjadi landmark kota Semarang merupakan ruang terbuka yang biasa digunakan oleh masyarakat Semarang untuk beraktivitas. Kota Semarang sendiri menjadi identik dengan Simpang Lima, karena pusat kegiatan dan keramaian berada disini.[2]

Pada malam hari banyak disewakan sepeda lampu dengan bentuk unik. Banyak orang tua yang mengajak anaknya untuk berwisata atau sekedar menikmati suasana kota.

Lapangan Simpang ini biasanya pada hari Minggu di padati oleh pengunjung yang ingin berolahraga, jalan-jalan, dan aktivitas lainnya. Apalagi disaat menjelang pergantian tahun, Simpang Lima Semarang menjadi pusat perayaan pergantian Tahun. Biasanya di Simpang Lima Semarang ini diadakan pesta kembang api dan konser musik.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tentang Simpang Lima Semarang". 13 Juli 2012. 
  2. ^ "Simpang Lima Semarang". 13 Juli 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-04-25. Diakses tanggal 2012-07-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 6°59′25″S 110°25′23″E / 6.990183°S 110.423020°E / -6.990183; 110.423020