Simon Fuller

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Simon Fuller
Lahir17 Mei 1960 (umur 63)
Siprus Britania
AsalHastings, East Sussex, Inggris
PekerjaanManajer bakat, produse rtelevisi, investor, konsultan kreatif
Tahun aktif1981–sekarang
Label19 Entertainment (1985–2010)
XIX Entertainment (2010–)
Artis terkaitDavid and Victoria Beckham, Sir Bradley Wiggins, Andy Murray, Annie Lennox, Spice Girls, Jennifer Lopez, Abba, Amy Winehouse (almh.), Cathy Dennis, Carrie Underwood, Will Young, Lisa Marie Presley, Steven Tyler, S Club 7, Lewis Hamilton, Now United, dan lainnya.
Situs webxixentertainment.com

Simon Fuller (lahir 17 Mei 1960) adalah seorang pengusaha Inggris, manajer artis, dan produser film dan televisi. Dia terkenal sebagai pencipta franchise Idol, yang pertama kali ditayangkan di Inggris dengan nama Pop Idol, dan termasuk American Idol di AS. Fuller juga produser eksekutif dari beberapa acara termasuk So You Think You Can Dance dan Q Viva.

Seorang tokoh berpengaruh dalam budaya populer Inggris, Fuller menjadi terkenal melalui pengelolaan grup pop Spice Girls.[1] Dia telah mengelola berbagai talenta yang mencakup David dan Victoria Beckham, Annie Lennox, S Club 7, Sir Bradley Wiggins, Steven Tyler, Lewis Hamilton, Andy Murray, mendiang Amy Winehouse, Carrie Underwood, Kelly Clarkson, Will Young, Emma Bunton, Lisa Marie Presley, dan lainnya.[2] Dia bermitra dengan duo Jennifer Lopez dan Marc Anthony.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The man with stars in his eyes The Guardian. Retrieved 30 May 2012
  2. ^ "Annie Lennox behind the Spice Girls' success, says Simon Fuller". The Guardian. Diakses tanggal 8 October 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]