Simfoni No. 9 (Bruckner)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Simfoni No. 9
oleh Anton Bruckner
KunciD minor
KatalogWAB 109
Digubah1887–1896 (tidak selesai)
Didedikasikan untukUntuk Tuhan yang terkasih

Simfoni No. 9 dalam D minor, WAB 109, adalah simfoni terakhir yang ditulis oleh Anton Bruckner. Ia meninggalkan gerakan keempat secara tidak lengkap pada saat kematiannya, tahun 1896. Bruckner mendedikasikan simfoni kesembilannya "untuk Tuhan yang terkasih" (dalam bahasa Jerman, dem lieben Gott ). Simfoni ini ditayangkan pertama kali di bawah Ferdinand Löwe di Wina pada tahun 1903.

(Catatan disambiguasi: Meskipun logis untuk menamakan simfoni ini sebagai "Simfoni dalam D minor, opus anumerta", namun biasanya nama tersebut mengacu kepada Simfoni "tidak bernomor" dalam D minor.)

Dedikasi[sunting | sunting sumber]

Bruckner dikatakan mendedikasikan simfoni kesembilannya untuk "Tuhan yang Maha Pengasih". August Göllerich dan Max Auer, dalam biografinya tentang Bruckner, Ein Lebens- und Schaffensbild, mengklaim bahwa ia mengatakan kepada dokternya, Richard Heller, tentang dedikasi karya ini dengan mengatakan:

"Anda tahu, saya telah mendedikasikan dua simfoni "keagungan duniawi" untuk Raja Ludwig sebagai pelindung kesenian [Simfoni ketujuh] Kepada Kaisar kita yang termasyhur dan terkasih sebagai keagungan duniawi tertinggi, yang saya akui [Simfoni kedelapan] Dan kini saya mendedikasikan karya terakhir saya untuk yang teragung dari semua yang agung, Tuhan yang Maha Pengasih, dan saya berharap Ia memberi saya begitu banyak waktu untuk menyelesaikannya."[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Segera setelah ia menyelesaikan versi pertama dari Simfoni kedelapannya pada 10 Agustus 1887, Bruckner mulai menulis simfoninya yang kesembilan. Sketsa konsep pertama yang kini disimpan di perpustakaan Jagiellońska, Kraków, bertanggal 12–18 Agustus 1887.[2][3] Selain itu, Skor pertama dari gerakan pertama ditulis pada 21 September 1887.

Penulisan gerakan pertama kemudian terpotong untuk sementara waktu. Konduktor Hermann Levi, yang oleh Bruckner baru saja dikirimkan skor simfoni kedelapannya, menemukan bahwa orkestrasinya tidak mungkin dan terdapat tema-tema yang "meragukan", menyarankan agar Bruckner mengerjakan ulang simfoni tersebut.[4] Bruckner berencana untuk merevisinya pada tahun 1888. Ketika merevisi simfoni kedelapannya, ia juga merevisi simfoninya yang Ketiga dari bulan Maret 1888 hingga di bulan yang sama pada tahun 1889.

Ketika ia merevisi simfoni kedelapan dan ketiga, pada 12 Februari 1889 Bruckner memulai persiapan Simfoninya yang kedua untuk dipublikasikan. Tanggal 10 Maret 1890, Ia menyelesaikan revisi simfoni kedelapan sebelum merevisi lebih jauh Simfoni pertamanya dan yang keempat, serta Massa dalam F minor.[5]


Penayangan perdana[sunting | sunting sumber]

Tiga gerakan pertama ditampilkan secara perdana di Wina, di Wiener Musikvereinssaal, Wina pada 11 Februari 1903 oleh Wiener Concertvereinsorchester, yang merupakan pendahulu dari Wiener Symphoniker (Orkestra Simfoni Wina), dibawah konduktor Ferdinand Löwe dengan aransemennya sendiri. Skor asli karya bruckner diubah oleh Löwe dengan mengadaptasikan orkestrasi bruckner dengan suara ideal Wagner, dan mengubah harmoni asli Bruckner pada beberapa bagian tertentu (terutama di bagian klimaks pada gerakan keempat, Adagio). Ia mempublikasikan karya yang diubah olehnya tanpa komentar, dan versi tersebut telah lama dianggap sebagai karya asli Bruckner. Pada 1931, musikologis Robert Haas menunjukkan perbedaan antara pengubahan oleh Löwe dan karya asli Bruckner.[6] Tahun berikutnya, konduktor Siegmund von Hausegger memainkan kedua versi, sehingga ketiga gerakan pertama simfoni ini ditayangkan perdana secara sebenarnya pada 2 April 1932 di München. Rekaman pertama (diterbitkan dalam format LP pada tahun 1950-an) direkam oleh konduktor Hausegger dengan Filharmonik Munchen dalam versi aslinya (yang diubah oleh Alfred Orel) pada bulan April tahun 1938.[7]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Simfoni kesembilan memiliki empat gerakan, meskipun gerakan akhir tidak lengkap dan terdiri dari fragmen-fragmen:

  1. Feierlich, misterioso (D minor)
  2. Scherzo: Bewegt, lebhaft (D minor); Trio. Schnell (F♯ mayor)
  3. Adagio: Langsam, feierlich (E mayor)
  4. Finale: Misterioso, nicht schnell[8] (D minor, tidak selesai)

Banyak bagian gerakan finale dalam lembaran penuhnya yang mungkin hilang setelah kematian sang komposer; beberapa bagian yang selamat hanyalah terdiri dari dua hingga empat bait. Penempatan Scherzo pada gerakan kedua dan kunci D minor hanyalah dua unsur yang sama antara simfoni ini dengan Simfoni Kesembilan karya Beethoven.

Simfoni ini sering dimainkan tanpa finale yang oleh beberapa penulis menggambarkan simfoni ini "berbentuk [sebagai] ... lengkungan besar, dua gerakan lambat mengangkangi Scherzo yang energik."[9]

Alat musik[sunting | sunting sumber]

Simfoni ini membutuhkan masing-masing tiga seruling, obo, klarinet dalam B dan A, fagot, trompet dalam F, dan trombon, dengan delapan French horn (pemain kelima dan kedelapan memainkan juga Tuba wagner), Tuba kontrabas, Timpani and alat-alat musik senar.

Waktu pertunjukan[sunting | sunting sumber]

  • Gerakan 1 s.d. 3: sekitar 55–65 menit (1: 535 bar, 2: 512 bar, 3: 243 bar)
  • Gerakan 4 (diselesaikan oleh yang lain):
    • Carragan: Sekitar 22 menit (717 bar)
    • Josephson: sekitar 15 menit (644 bar)
    • Letocart: sekitar 25 menit (674 bar)
    • Samale-Mazzuca-Phillips-Cohrs: sekitar 25 menit (665 bar)
    • Schaller: sekitar 25 menit (736 bar)
  • Komposisi bebas yang memasukkan material asli Bruckner: P. J. Marthé: sekitar 30 menit[10]
  • Mengganti gerakan keempat dengan Te Deum karya Bruckner: sekitar 23 menit

Gerakan keempat yang tidak terselesaikan[sunting | sunting sumber]

Meski Bruckner berkehendak untuk menggunakan Te Deum sebagai gerakan akhir dari simfoni kesembilan, terdapat berbagai upaya untuk menyelesaikan simfoni dengan gerakan keempat yang didasarkan oleh manuskrip finale yang tersisa. Sketsa Bruckner digunakan sebagai pembenaran untuk menyelesaikan gerakan keempat, sejak adanya fragmen-fragmen gerakan finale, yang menurut para ahli seperti John A. Phillips[11]) juga menunjukkan bahwa sang komposer tidak ingin agar karyanya ini selesai dengan Adagio.

Sketsa-sketsa musik dari gerakan keempat dirawat dengan menunjukkan berbagai tahapan komposisi: dari sketsa yang sederhana hingga sketsa yang sudah hampir lengkap. Sketsa-sketsa ini disebut dengan "bifolio" (bahasa Jerman: Bogen), yang terdiri dari lembar kertas ganda (empat halaman). Terkadang ada banyak bifolio dalam satu dokumen, yang menunjukkan konsep-konsep yang berbeda. Bagian terbesar manuskrip dari gerakan keempat dapat dilihat di Perpustakaan Nasional Austria. Bagian lainnya dapat dilihat di Perpustakaan Wina, di Perpustakaan Universitas Musik dan Seni Pertunjukkan Wina, di Museum Sejarah Kota Wina, dan di Perpustakaan Jagiellonska, Kraków.

Edisi yang telah dipublikasikan (Tiga gerakan pertama)[sunting | sunting sumber]

Bruckner tidak pernah merevisi simfoni kesembilannya. Banyak dari versi karyanya dan upaya untuk menyelesaikan gerakan keempat yang telah diterbitkan.

Edisi Löwe (1903)[sunting | sunting sumber]

Edisi ini adalah yang pertama kali dipublikasikan. Versi ini menjadi versi yang ditampilkan dalam penayangan perdana simfoni anumerta ini, dan menjadi versi yang satu-satunya terdengar hingga 1932. Ferdinand Löwe dianggap mengkomposisikan ulang dengan mengubah secara besar-besaran karya asli Bruckner.[12] Selain orkestrasi, frasa, dan dinamika Bruckner yang menebak-nebak, Löwe juga memutar balik harmoni Bruckner yang lebih berani, seperti pada akor dominan ke-13 penuhnya dalam Adagio.[13]

Edisi Orel (1934)[sunting | sunting sumber]

Edisi ini adalah upaya yang pertama kalinya untuk menuliskan apa yang sebenarnya ditulis bruckner. Pertama kali ditampilkan pada tahun 1932 oleh Filharmonik Munchen dibawah konduktor Siegmund von Hausegger, dalam program yang sama setelah ditampilkannya edisi oleh Löwe. Edisi ini dipublikasikan, mungkin dengan beberapa penyesuaian, dua tahun kemudian (1934) dibawah naungan Gesamtausgabe.

Edisi Nowak (1951)[sunting | sunting sumber]

Edisi ini adalah cetakan ulang dengan koreksi-koreksi atas edisi Orel tahun 1934.[butuh rujukan] Edisi Nowak kini adalah yang paling sering dimainkan.

Edisi Cohrs (2000)[sunting | sunting sumber]

Sebuah edisi baru terhadap tiga gerakan pertama direkam oleh Nikolaus Harnoncourt, Simon Rattle dan Simone Young. Edisi ini mengoreksi beberapa kesalahan cetakan dan memasukkan penjelasan lengkap terhadap permasalahan editorial. Secara terpisah, terdapat catatan-catatan kritis Cohrs yang terdiri dari beberapa faksimile dari tiga gerakan pertama, termasuk edisi dari dua Trio sebelumnya untuk pertunjukan konser.[14]

Skor musik[sunting | sunting sumber]

  • Anton Bruckner: Symphonie No. 9 D Moll, Eigentum der Universal-Edition, Vienna. Ernst Eulenburg, Leipzig (No. 67)
  • Alfred Orel: Entwürfe und Skizzen zur Neunten Sinfonie. Sonderdruck zu Band 9 der Anton-Bruckner-Gesamtausgabe, 1934
  • Leopold Nowak (ed.): Anton Bruckner, IX. Symphonie d-Moll. Musikwissenschaftlicher Verlag Wien, 1951.
  • Anton Bruckner: Symphony No. 9 in d (Versi asli 1894, editor Haas und Orel.). Luck's Music Library (#05148).
  • Anton Bruckner: Symphonie Nr. 9 d-Moll, Robert Haas, Alfred Orel, Fassung 1894. "Die Klassiker" Wina.
  • Benjamin-Gunnar Cohrs (ed.): Anton Bruckner, IX. Symphonie d-moll (1. Satz – Scherzo & Trio – Adagio), kritische Neuausgabe unter Berücksichtigung der Arbeiten von Alfred Orel und Leopold Nowak, Partitur und Stimmen. Wina 2000.
  • Benjamin-Gunnar Cohrs (ed.): Anton Bruckner, IX. Symphonie d-moll (1. Satz – Scherzo & Trio – Adagio), kritischer Bericht zur Neuausgabe. Wina 2001.
  • Benjamin-Gunnar Cohrs (ed.): Anton Bruckner, IX. Symphonie d-moll, Scherzo & Trio, Studienband zum 2. Satz. Wina 1998.
  • Benjamin-Gunnar Cohrs (ed.): Anton Bruckner, 2 nachgelassene Trios zur IX. Symphonie d-moll, Aufführungsfassung, Partitur incl. kritischer Kommentar und Stimmen. Wina 1998.
  • Nors S. Josephson (editor): Anton Bruckner, Finale zur 9. Sinfonie, Ergänzungen von Nors S. Josephson, skor (DIN A4), 162 halaman, Carus-Verlag, Stuttgart, 2007, No 40.588/00.
  • John A. Phillips (editor): Anton Bruckner, IX. Symphonie d-moll, Finale (tidak selesai), Rekonstruktion der Autograph-Partitur nach den erhaltenen Quellen. skor studi, Wina 1994/99.
  • John A. Phillips (editor): Anton Bruckner, IX. Symphonie d-moll, Finale (tidak selesai), Rekonstruktion der Autograph-Partitur nach den erhaltenen Quellen, Dokumentation des Fragments, Partitur einschl. Kommentar und Stimmen. Wina 1999/2001.
  • John A. Phillips (editor): Anton Bruckner, IX. Symphonie d-moll, Finale (tidak selesai), Faksimile-Ausgabe sämtlicher autographen Notenseiten. Wina 1996.
  • Nicola Samale, John A. Phillips, Giuseppe Mazzuca [fr], Benjamin-Gunnar Cohrs (editor): Anton Bruckner: IX. Symphonie d-moll, Finale. Vervollständigte Aufführungsfassung Samale-Phillips-Cohrs-Mazzuca. Neuausgabe mit kritischem Kommentar, edisi baru dengan beberapa catatan kritis (dt./engl.) oleh Benjamin-Gunnar Cohrs. München 2005/Letztmalig revidierter Nachdruck 2012, Skor Studi Repertoar 444.
  • Gerd Schaller (editor): Anton Bruckner, Neunte Symphonie d-Moll IV. Satz, Dilengkapi dari sumber asli dan dilengkapi oleh Gerd Schaller, edisi revisi dengan komentar-komentar analitis yang lengkap, teks (dalam bahasa Jerman dan Inggris) (87 halaman), skor (120 halaman), ISMN M-013-51487-8, Ries & Erler, Berlin 2018, skor No 51487.
  • Anton Bruckner, Nona Sinfonia, Finale, integrazioni a cura di Roberto Ferrazza, Roma, BetMultimedia, 2017 (vol. I: versione filologica, con note in appendice; vol. II: versione esecutiva)

Diskografi simfoni[sunting | sunting sumber]

Rekaman lengkap yang mengikutkan gerakan keempat biasanya menggunakan edisi Nowak ataupun Cohrs untuk tiga gerakan pertama.[15]

Sebuah rekaman edisi Orel atau Nowak rata-rata berkisar 65 minutes, namun beberapa konduktor yang bermain dengan tempo cepat seperti Carl Schuricht dapat turun menjadi hanya 56 menit.

Rekaman lengkap tertua (dari tiga gerakan lengkap) dalam bentuk record adalah oleh Otto Klemperer dengan Filharmonik New York dari tahun 1934.

Rekaman komersial pertama dibuat oleh Siegmund von Hausegger dengan Filharmonik Munchen pada 1938 untuk HMV. kedua rekaman menggunakan edisi Orel.

Versi apokrifa Löwe ada dalam bentuk CD sebagai remaster dari bentuk piringan hitam oleh Hans Knappertsbusch dan F. Charles Adler. Rekaman ini dapat menjadi sependek 51 menit.

Rekaman tertua edisi Orel adalah pertunjukan langsung Oswald Kabasta dengan Filharmonik Munchen pada 1943 untuk label rekaman Music and Arts, dan rekaman studio Wilhelm Furtwängler dengan Berliner Philharmoniker pada 1944 (beberapa label).

Setelah rekaman studio Bruno Walter dengan Orkestra Simfoni Columbia pada 1959 untuk Sony/CBS, edisi Nowak menjadi yang lebih disukai.

Rekaman edisi Orel yang paling terkini adalah rekaman langsung Daniel Barenboim dengan Berliner Philharmoniker tahun 1991 untuk label Teldec.

Nikolaus Harnoncourt dan Wiener Philharmoniker merekam edisi Cohrs dengan fragmen Finale untuk label BMG/RCA, tanpa koda pada 2003.

Dalam CD "Bruckner unknown" (PR 91250, 2013) Ricardo Luna merekam Scherzo, tiga versi Trio (edisi sendiri) juga fragmen Finale dengan sketsa koda.[16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Göllerich & Auer 1922, IV/3, p. 526.
  2. ^ Bruckner, Anton. IX. Sinfonie Kompositionsskizzen. Perpustakaan Digital Jagiellonia. 
  3. ^ Schönzeler, Hans-Hubert (1987). Zu Bruckners IX. Symphonie. Die Krakauer Skizzen. Musikwissenschaftlicher Verlag Wien. hlm. 9. ISBN 3-900 270-12-0. Bestellnummer B 104. 
  4. ^ Korstvedt, Benjamin (2000). Bruckner: Symphony No. 8. Cambridge University Press. hlm. 18. ISBN 0-521-63537-3. 
  5. ^ Steinbeck, Wolfram (1993). Stefan Kunze, ed. Bruckner, Neunte Symphonie d-Moll. Meisterwerke der Musik, Heft 60. Wilhelm Fink Verlag, München. hlm. 9. ISBN 3-7705-2783-6. 
  6. ^ Haas, Robert (1931). Aufführungspraxis, Handbuch der Musikwissenschaft, herausgegeben von Dr. Ernst Bücken. Akademische Verlagsgesellschaft Athenaion, Wildpark-Potsdam. 
  7. ^ first recording (LP): Anton Bruckner, Symphonie Nr. 9 (Edition Alfred Orel), Münchner Philharmoniker, LP-recording, Label Victor (15972-A) April 1938
  8. ^ "Symphony No.9 in D minor, WAB 109 (Bruckner, Anton)". IMSLP. Diakses tanggal 4 September 2015. 
  9. ^ Kenneth McLeish & Valerie McLeish, The Listener's Guide to Classical Music: An Introduction to the Great Classical Composers and Their Works. New York: G.K. Hall & Co. (1986): 49
  10. ^ "Symphony No. 9 – Finale". www.abruckner.com. 
  11. ^ John A. Phillips, essay in booklet of Camerata CD B000001ZJ3, Kurt Eichhorn conducting Bruckner Orchester Linz
  12. ^ "Bruckner Symphony Versions". bruckner.webs.com. 
  13. ^ C. van Zwol, p. 668
  14. ^ Anton Bruckner: Sämtliche Werke: Band IX: IX. Symphonie d-Moll, Musikwissenschaftlicher Verlag der Internationalen Bruckner-Gesellschaft, Leopold Nowak (editor), Wina, 1951 – edisi baru oleh Benjamin-Gunnar Cohrs, 2000
  15. ^ Complete discography of Bruckner's Symphony No. 9
  16. ^ "Symphony No. 9 in D Minor". www.abruckner.com. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Anton Bruckner, Sämtliche Werke, Kritische Gesamtausgabe – Band 9: IX. Symphonie d-Moll (Originalfassung), Musikwissenschaftlicher Verlag der internationalen Bruckner-Gesellschaft, Alfred Orel (Editor), Vienna, 1934
  • Anton Bruckner: Sämtliche Werke: Band IX: IX. Symphonie d-Moll, Musikwissenschaftlicher Verlag der Internationalen Bruckner-Gesellschaft, Leopold Nowak (editor), Vienna, 1951 – edisi baru oleh Benjamin-Gunnar Cohrs, 2000
    • IX/2-Q: 2. Satz – Entwürfe, älteres Trio mit Viola-Solo, Faksimile, Benjamin-Gunnar Cohrs (Editor), 1998
    • IX/4: Finale Fragment, 1895/96, John A. Phillips (Editor), 1994/1999
  • Göllerich, August; Auer, Max (1922). Anton Bruckner. Ein Lebens- und Schaffensbild (dalam bahasa Jerman). Regensburg: Gustav Bosse Verlag.