Simbol Soyombo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Simbol Soyombo

Simbol Soyombo adalah satu simbol khusus dalam abjad Soyombo, yang saat ini telah menjadi salah satu simbol nasional Mongolia. Selain itu, simbol Soyombo juga menjadi bagian dari bendera dan lambang Mongolia. Soyombo adalah simbol yang menunjukkan kemerdekaan dan kebebasan rakyat Mongolia. Simbol Soyombo juga terdapat pada lambang dan bendera Republik Buryatia, salah satu subyek federal milik Rusia.

Bagian Simbol[sunting | sunting sumber]

Dari atas ke bawah, simbol Soyombo dibagi menjadiKesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; nama tidak sah; misalnya, terlalu banyak:

  • Api: Bagian atas adalah api yang memiliki tiga lidah yang masing-masing memiliki arti sebagai masa lalu, masa kini, dan masa depan. Api juga merupakan simbol kemakmuran dan kesuksesan.
  • Matahari dan bulan melambangkan langit.
  • Segitiga dan persegi panjang: Ada dua pasang segitiga dan persegi panjang dalam simbol Soyombo, yang masing-masing dipisahkan oleh simbol lingkaran, dan secara bergantian menumpuk satu sama lain. Segitiga yang mengarah kebawah melambangkan kemenangan melawan musuh. Bentuk persegi panjang memiliki "fungsi" untuk menyeimbangkan bentuk lingkaran yang diapitnya, dan selain itu juga memiliki arti sifat kejujuran dan keadilan yang dimiliki oleh rakyat Mongolia.
  • Lingkaran yang menyerupai bentuk yin yang: Melambangkan sifat laki-laki dan perempuan yang melengkapi satu sama lain. Simbol ini juga dapat diartikan sebagai dua ekor ikan, yang karena tidak bisa menutup matanya, menumbuhkan sikap waspada yang lebih baik.
  • Persegi panjang tegak: Bisa diartikan sebagai dua benteng, yang melambangkan persatuan dan kekuatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]