Simbiogenesis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Simbion internal: mitokondrion memiliki matriks dan membran, seperti sel proteobakteri yang bebas, dan mungkin berasal dari situ.

Simbiogenesis atau teori endosimbiotik adalah teori yang menyatakan bahwa sel eukariot berasal dari organisme prokariot. Teori ini pertama kali dikemukakan pada tahun 1905 dan 1910 oleh ahli botani Rusia Konstantin Mereschkowski, dan kemudian dikembangkan dan diperkuat dengan bukti-bukti mikrobiologis oleh Lynn Margulis pada tahun 1967.

Menurut teori ini, organel pada sel eukariot berkembang dari proses simbiosis prokariot-prokariot bersel tunggal (bakteri dan Arkea). Akibatnya, mitokondria, plastid seperti kloroplas dan organel-organel sel eukariot lainnya sebelumnya adalah prokariot yang hidup secara bebas dan kemudian tergabung dengan yang lain dalam proses endosimbiosis sekitar 1,5 miliar tahun yang lalu. Mitokondria tampaknya berkerabat dengan proteobakteri Rickettsiales dan kloroplas dengan sianobakteri berfilamen pengikat nitrogen.

Bukti-bukti yang mendukung keabsahan teori simbiogenesis adalah fakta bahwa mitokondria dan plastid baru hanya terbentuk lewat fisi biner dan sel tidak dapat membuat yang baru; bahwa protein transpor yang disebut porin dapat ditemui di membran luar mitokondria, kloroplas dan membran sel bakteri; bahwa kardiolipin hanya dapat ditemukan di membran dalam mitokondria dan sel bakteri; dan fakta bahwa mitokondria dan plastid mengandung molekul ADN yang serupa dengan ADN bakteri.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]