Silang-bulat-silang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tic-tac-toe
Tic tac toe.svg
Contoh permainan Tic-Tac-Toe
GenrePermainan kertas dan pensil
Jumlah pemain2 tim atau 2 Orang
Waktu persiapanMinimal
Waktu permainan~1 menit
Kesempatan acakTidak diberikan
Keterampilan yang dibutuhkanStrategi, observasi
SinonimNoughts and crosses
Xs and Os

Tic-tac-toe (juga dikenal sebagai noughts dan crosses atau Xs dan Os) adalah permainan kertas dan pensil untuk dua pemain, X dan O, yang bergiliran menandai ruang dalam grid 3 × 3. Pemain yang berhasil menempatkan tiga tanda mereka di baris horisontal, vertikal, atau diagonal memenangkan pertandingan.




Contoh permainan Tic-tac-toe

Tic-tac-toe-game-1.svg

Pemain segera menemukan bahwa permainan terbaik dari kedua belah pihak menghasilkan hasil imbang. Oleh karena itu, tic-tac-toe paling sering dimainkan oleh anak-anak muda.

Karena kesederhanaan tic-tac-toe, sering digunakan sebagai alat pedagogis untuk mengajarkan konsep sportifitas yang baik dan cabang kecerdasan buatan yang berhubungan dengan pencarian pohon permainan. Sangat mudah untuk menulis program komputer untuk bermain tic-tac-toe dengan sempurna atau untuk menghitung 765 posisi yang pada dasarnya berbeda (kompleksitas ruang keadaan) atau 26.830 kemungkinan permainan hingga rotasi dan refleksi (kompleksitas pohon permainan) pada ruang ini.

Permainan dapat digeneralisasikan ke m, n, k-permainan di mana dua pemain bergantian menempatkan batu dengan warna mereka sendiri di papan m × n, dengan tujuan mendapatkan k warna mereka sendiri berturut-turut. Tic-tac-toe adalah (3,3,3) -game. Harary's general tic-tac-toe adalah generalisasi yang lebih luas dari tic-tac-toe. Ini juga bisa digeneralisasikan sebagai game n. Tic-tac-toe adalah gim mana n sama dengan 3 dan d sama dengan 2. Jika dimainkan dengan benar, gim akan berakhir seri, membuat tic-tac-toe

e[1] adalah generalisasi yang lebih luas dari tic-tac-toe. Ini juga bisa digeneralisasikan sebagai game n. Tic-tac-toe adalah permainan di mana n sama dengan 3 dan d sama dengan 2. Jika dimainkan dengan benar, permainan akan berakhir dengan seri, membuat tic-tac-toe menjadi permainan yang sia-sia

  1. ^ W., Weisstein, Eric. "Tic-Tac-Toe". mathworld.wolfram.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-05-12.