Siklon ekstratropis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah siklon ekstratropis yang terbentuk di selatan Australia pada akhir Desember 2016.

Siklon ekstratropis, juga disebut gelombang siklon atau siklid midlatitude, sejenis sistem badai yang terbentuk di lintang menengah atau tinggi, di kawasan dengan variasi horizontal besar yang disebut zona frontal. Siklon ekstratropis menghadirkan kontras dengan siklon atau badai tropis yang lebih dahsyat, yang terbentuk di daerah bersuhu relatif beragam.

Menurut teori front-polar, siklon ekstratropis terbentuk ketika gelombang terbentuk pada permukaan frontal yang memisahkan massa udara hangat dari massa udara dingin. Ketika amplitudo gelombang meningkat, tekanan di pusat gangguan turun, akhirnya mengintensifkan ke titik dimana sirkulasi siklon dimulai. Pembusukan sistem semacam itu terjadi ketika udara dingin dari Belahan Utara, atau dari selatan dari Belahan Selatan, di sisi barat topan tersebut menyapu di bawah semua udara tropis yang hangat dari sistem sehingga seluruh topan terdiri dari massa udara dingin. Tindakan ini dikenal sebagai oklusi.

Sekuensi cuaca khas dikaitkan siklon ekstra tropis. Stasiun di depan sisi depan gelombang yang mendekat, yang disebut front hangat, biasanya mengalami awan yang semakin menebal dan turun, diikuti oleh curah hujan, yang biasanya bertahan sampai pusat siklon melewati stasiun. Jika stasiun terletak jauh ke selatan pusat siklon, maka biasanya hanya periode presipitasi yang relatif pendek terjadi selama lewatnya sisi belakang gelombang, yang disebut front dingin. Di lintang tinggi dan menengah, sejumlah siklon ekstratropis ada di seluruh dunia pada waktu tertentu. Badai ini cenderung terbentuk di lokasi yang disukai dan mengikuti jalur tipikal, meskipun pengecualian untuk pola tipikal ini sering terjadi.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Extratropical cyclone | meteorology". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-02.