Sikatan-rimba dada-coklat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sikatan-rimba dada-coklat
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
C. olivaceus
Nama binomial
Cyornis olivaceus
(Hume, 1877)
Sinonim

Rhinomyias olivaceus

Sikatan-rimba dada-coklat (bahasa Latin: Cyornis olivacea) adalah spesies burung dari keluarga Muscicapidae, dari genus Cyornis. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangg dan memiliki habitat di tepi hutan, hutan sekunder, perkebunan. tersebar sampai ketinggain 1.200 m dpl. dan dapat ditemukan di Brunei, Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Habitat alaminya adalah hutan dataran rendah subtropis atau tropis.

Spesies ini sebelumnya ditempatkan di genus Rhinomyias namun dipindahkan ke Cyornis berdasarkan hasil studi filogenetik molekuler 2010.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Sikatan-rimba dada-coklat memiliki tubuh berukuran sedang (15 cm). Tubuh bagian atas coklat keabu-abuan. Tungging dan ekor tersapu merah karat. Dagu dan tenggorokan keputihan. Garis tebal melintang di dada kuning kecoklatan. Perut dan ekor bawah keputihan. Iris coklat, paruh hitam, kaki merahjambu. Tinggal pada tajuk bawah. Berburu sendirian di antara dedaunan, terbang mengejar serangga. Sarang berbentuk cawan, paad pohon kecil atau semak. Telur berwarna coklat kemerahjambuan berkilat, sedikit berbintik, jumlah 3 butir. Berbiak bulan Maret-April.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

  • Semenanjung Malaysia, Sunda Besar.
  • Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Cyornis olivaceus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.1. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 16 July 2012.