Sigrun, Sultan Daulat, Subulussalam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sigrun
Negara Indonesia
ProvinsiAceh
KotaSubulussalam
KecamatanSultan Daulat
Kodepos
24782
Kode Kemendagri11.75.04.2003 Edit the value on Wikidata
Luas... km2
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km2

Sigrun merupakan salah satu kampong yang ada di kecamatan Sultan Daulat, kota Subulussalam, provinsi Aceh, Indonesia. Desa ini merupakan satu dari 17 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Sultan Daulat. Desa ini memiliki kodepos 24782.

Desa ini memiliki jumlah penduduknya sebagian besar bersuku daerah Aceh. Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian petani.

Hasil pertanian utama di desa ini ialah padi, jagung, kakao, kelapa, dll.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Kampong Sigrun merupakan salah satu Kampong tertua di Kemukiman Pasir Belo, Sigrun yang sebelumnya dikenal orang dengan nama Kurnia kemudian berubah menjadi selok pangkat, berubah menjadi Gelombang, sigekhung dan sampai pada sekarang menjadi Sigrun. Sigrun berada didaerah aliran sungai soraya dan sigrun juga sallah satu jalan lintas provinsi. sigrun pernah menjadi pusat perdagangan di Kecamatan Sultan Daulat, {Dulu Simpang Kiri Aceh Selatan}kecamatan sultan daulat, buktinya adanya pasar mingguan yang saat ini pasar tersebut pindah ke kampung tetangga yaitu kampung suka maju. kampong sigrun sudah banyak melahirkan tokoh untuk wilayah tanah singkil, diantaranya Drs,M.Yakub saat ini menjabat sebagai Sekdakab Aceh Singkil, Baginda,SH,MM Kasat Pol PP Kota Subulussalam, Drs Ilyas Kepala SMA Plus Muhammadyah Kota Subulussalam, Tgk Saripuddin Janggi Pimpinan Pondok Pasantren Janatul Firdaus Kota Subulussalam,Tgk Maksum Ketua MPD Kota Subulussallam, Ramli efendi,SPd.I Kabid Lingkungan Hidup Kota Subulussalam, Bahari,Spd.I Kepala SMK Sultan Daulat, Muliadi S.Sos Kasi Hummas Satpol PP kotta Subulussalam dan Andong Maha,SP,M.AP tokoh pemuda,Penggiat LSM, Praktisi Administrasi serta masih bayak tokoh lainnya. maka untuk saat ini Kampong Sigrun jika musim mudik maka akan dibanjiri oleh kalangan-kalangan besar. data SDM saat ini 2013 jumlah warga yang Tak tamat SD 40 persen, Tamat SD,SMP dan SMA 50 persen, sarjana sudah banyak untuk S1 sudah mencapai 19 persen dari jumlah penduduk, S2 sudah mencapai 3 persen dari jumlah penduduk. dan saat ini masih bayak yang melanjutkan studinya baik dijawa, sumatera bahkan di luar negeri.39.226.82.151 4 Mei 2013 18.56 (UTC)