Sign-on dan sign-off

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pesan sign-off yang disiarkan oleh DWWX-TV (ABS-CBN Manila) sebelum menghentikan semua siaran di 19:52 (PST) sesuai dengan urutan NTC karena kedaluwarsa waralabanya pada 5 Mei, 2020.

Sebuah sign-on (atau start-up di negara-negara Persemakmuran kecuali Kanada) adalah awal operasi untuk stasiun radio atau televisi, umumnya pada awal setiap hari. Sign-on adalah kebalikan dari sign-off (atau closedown di negara-negara Persemakmuran kecuali Kanada), yang merupakan urutan operasi yang terlibat ketika stasiun radio atau televisi mematikan pemancarnya dan mengudara untuk jangka waktu yang telah ditentukan; umumnya, ini terjadi selama jam malam meskipun spesialisasi digital atau sub-saluran penyiar dapat memulai dan menutup pada waktu yang berbeda secara signifikan sebagai saluran utamanya.

Seperti program televisi lainnya, urutan sign-on dan sign-off dapat dimulai oleh sistem otomasi siaran, dan sistem transmisi otomatis dapat menghidupkan/mematikan sinyal pembawa dan pemancar dengan pengendali jarak jauh.

Urutan sign-on dan sign-off menjadi kurang umum karena meningkatnya prevalensi penyiaran 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Namun, beberapa lembaga penyiaran nasional tetap melanjutkan praktik tersebut; khususnya di negara-negara dengan cakupan siaran terbatas. Stasiun terkadang juga ditutup untuk pemeliharaan pemancar, atau untuk mengizinkan stasiun lain menyiarkan pada ruang saluran yang sama.[1]

Sign-on/start-up[sunting | sunting sumber]

Sign-on, seperti sign-off, bervariasi dari satu negara ke negara lain, dari stasiun ke stasiun, dan dari waktu ke waktu; namun, sebagian besar mengikuti pola umum yang serupa. Umum untuk sign-on diikuti oleh siaran berita pagi, atau acara pagi atau sarapan pagi mereka.

Beberapa penyiar yang telah berhenti masuk dan keluar untuk mendukung siaran 24 jam dapat melakukan urutan masuk antara pada waktu tertentu di pagi hari (biasanya antara 4:00 dan 7:00) sebagai formalitas untuk menandakan dimulainya hari operasinya (di Amerika Serikat, hari pencatatan siaran dimulai pada pukul 06:00 waktu setempat).[butuh rujukan]

Nama saluran LCN Pemilik
TVRI Nasional 1 LPP TVRI
TVRI Daerah 2
TVRI World 3
TVRI Sport 4
Trans TV 20 Trans Media
Trans7 21
MetroTV 22 Media Group
SCTV 23 Surya Citra Media
Indosiar 24
RTV 25 Rajawali Corpora
antv 26 Visi Media Asia
tvOne 27
RCTI 28 MNC Media
MNCTV 29
GTV 30
iNews 31
NET. 34 Net Visi Media
Magna Channel 100 Media Group
BN Channel 101
CNN Indonesia 113 Trans Media
CNBC Indonesia 114
Moji 123 Surya Citra Media
Mentari TV 124
Kompas TV 125 KG Media

Urutan sign-on/start-up[sunting | sunting sumber]

Urutan masuk dapat mencakup beberapa atau semua tahapan berikut, tetapi tidak harus dalam urutan ini:

  • Untuk stasiun televisi atau radio yang memotong sinyalnya selama jam-jam di luar siaran, test pattern atau gambar statis yang disertai dengan nada atau musik 1 kHz dapat disiarkan lima belas hingga dua puluh menit sebelum sign-on yang sebenarnya. Saluran digital mungkin masih menjalankan program semalam atau interstisial saat ini (ITV Nightscreen di Inggris sebagai contoh), yang berakhir saat jadwal program utama stasiun dimulai.
  • Sinyal untuk menghidupkan pemancar jarak jauh dapat dimainkan—ini biasanya merupakan rangkaian nada sentuh.
  • Pada stasiun radio, terutama stasiun internasional pada gelombang pendek, sinyal interval dapat diputar dalam satu putaran, biasanya selama 3 hingga 5 menit sebelum siaran sebenarnya dimulai.
  • Sebuah stasiun televisi dapat menayangkan video dan montase foto yang disetel ke lagu kebangsaan atau karya musik patriotik lainnya. Video televisi yang menyertainya dapat mencakup gambar bendera nasional, kepala negara, pahlawan nasional, militer nasional, simbol nasional, dan gambar nasionalistik lainnya (terutama pada lembaga penyiaran milik negara), atau sekadar identitas stasiun.
  • Informasi kepemilikan tentang stasiun, dan daftar organisasi terkait.
  • Salam untuk pemirsa atau pendengar.
  • Informasi kontak, seperti alamat jalan dan surat, nomor telepon, email, dan detail situs web.
  • Sebuah doa atau pengakuan agama lainnya, terutama di negara-negara dengan agama negara, di teokrasi, dan di penyiaran agama.
  • Panduan program untuk program yang akan datang, atau program hari ini.
  • Penafian bahwa program stasiun direkam, ditayangkan langsung, atau berasal dari jaringan televisi atau radio.
  • Penafian lain bahwa program hanya untuk penggunaan pribadi (terkadang dengan informasi tentang pembatasan hak cipta), dan pernyataan bahwa bisnis tidak dapat memperoleh keuntungan dari menampilkannya dengan menerapkan biaya tambahan untuk menonton.
  • Pernyataan komitmen terhadap kualitas; ini mungkin dalam bentuk standar yang diakui, seperti Kode Siaran Filipina dari Kapisanan ng mga Brodkaster ng Pilipinas (Asosiasi Penyiaran Filipina).
  • Identifikasi stasiun, termasuk beberapa atau semua saluran televisi, frekuensi AM atau FM, tanda panggilan, merek, dan identitas jam.

Meskipun sebagian besar langkah sign-on ini dilakukan sebagai layanan kepada publik, atau untuk alasan periklanan, beberapa di antaranya mungkin diwajibkan oleh pemerintah negara tersebut.[butuh rujukan]

Sign-off/penutupan[sunting | sunting sumber]

Sign-off, seperti sign-on, bervariasi dari satu negara ke negara lain, dari stasiun ke stasiun, dan dari waktu ke waktu; namun, sebagian besar mengikuti pola umum yang serupa. Banyak stasiun mengikuti proses kebalikan dari urutan sign-on mereka di awal hari.

Banyak stasiun, sementara tidak lagi melakukan sign-off dan off air untuk jangka waktu tertentu setiap hari, malah menjalankan program berbiaya rendah selama masa jumlah pemirsa yang rendah. Mungkin termasuk infomersial, film, tayangan ulang acara televisi, prakiraan cuaca sederhana, berita murah atau program infotainment dari pemasok lain, siaran simultan dari layanan saudara, atau umpan program perusahaan televisi kabel lokal melalui jalur serat optik ke ujung kabel. Penyiar lain yang merupakan bagian dari jaringan radio atau televisi dapat menjalankan program semalam jaringan yang tidak diedit dari lokasi pusat, tanpa iklan lokal. Selama jam-jam tutup, beberapa saluran mungkin juga menyiarkan halaman teleteks mereka atau berita utama halaman penuh dengan musik atau umpan dari stasiun radio saudara yang diputar di latar belakang. Beberapa stasiun, setelah melakukan sign-off, tetap melanjutkan transmisi selama periode off-air pada kabel/satelit; transmisi ini mungkin melibatkan pola uji, gambar statis, halaman teleteks atau berita utama halaman penuh yang disertai dengan musik atau layanan radio cuaca lokal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ An example of this is the United Kingdom’s BBC Four/CBeebies and the Czech Republic's ČT art/ČT Déčko.