Sight reading

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sight reading adalah cara membaca lagu dan memainkannya secara langsung dari partitur tanpa mengetahuinya terlebih dahulu . Sight reading bisa dilatih dengan cara sering membaca partitur notasi balok baik lagu pop maupun jazz, dan klasik . Sight reading adalah salah satu syarat untuk ujian siswa piano atau keyboard .

Sight reading adalah cara yang tercepat untuk mengumpulkan para pemain orkestra atau pemain instrumen ke dalam pasukan kuintet atau kuartet dan melatihnya hanya dalam 1 jam sebelum tampil di depan televisi, di depan umum, atau di depan panggung pertunjukan. Pemain yang mampu membaca sight reading memiliki kemampuan motorik yang baik dan bisa melihat dengan otak kanannya dan kreatifitasnya. Sight reading lebih besar persentasenya untuk menggunakan feeling ( intuisi ) dan mengendalikan diri untuk lebih hati hati .

Beberapa siswa yang berbakat dengan cepat mampu mencerna partitur atau repertoir sederhana, dan dengan bertambahnya kemampuan dan kerajinannya membaca sembari main piano atau keyboard, maka semakin mudah pula di kemudian hari ia membaca repertoir dengan sight reading. Pada detail, kemampuan sight reading harus teliti kepada peraturan dan simbol simbol tanda musik.