Sifu (permainan video)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sifu
Publikasi22 Februari 2022
GenrePermainan laga-petualangan
LisensiLisensi proprietarium
Bahasa
Karakteristik teknis
PlatformWindows, PlayStation 4, PlayStation 5 dan Nintendo Switch
MesinUnreal Engine 4
ModePermainan video pemain tunggal
Formatdistribusi digital, Cakram Blu-ray dan ROM cartridge
Metode inputpapan tombol komputer, tetikus dan gamepad
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangSloclap
PenyuntingSloclap (en)
PengarahJordan Layani
ProdusenPierre Tarno
KomponisHowie Lee
PenerbitSloclap
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864331
PEGI
enllaç=d:Q14915516
USK
enllaç=d:Q14920393
GSRR
Parental Guidance 15
Informasi tambahan
Situs websifugame.com (Inggris)
MobyGamessifu
Id. SubredditSifuGame
Facebook: SifuGame
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Sifu adalah permainan video laga-petualangan kungfu, dikembangkan dan diterbitkan oleh studio asal Prancis Sloclap, yang baru akan dirilis pada 22 Februari 2022 untuk Microsoft Windows, PlayStation 4, dan PlayStation 5.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Bermula pada seorang murid kungfu yang memulai misi seumur hidupnya untuk memburu kelompok lima pembunuh yang bertanggung jawab atas pembunuhan keluarganya. Permainan video berlatar di sebuah kota di Cina saat ini yang sebagian besar berdasarkan pada realita, dengan tambahan kemampuan sihir sebagai murid kung fu yang dapat membangkitkan hidupnya setiap kali mereka mati.[1]

Permainan[sunting | sunting sumber]

Sifu adalah permainan laga-petualangan yang dimainkan dari sudut pandang orang ketiga. Gerakan bela diri dalam permainan videonya mencakup lebih dari 150 serangan yang dapat dirangkai menjadi satu gerakan secara bersamaan, yang terinspirasi dari seorang ahli kungfu Pak Mei.

pola gerakan tangan salam Pak Mei

Karakter utama dan semua musuh dalam permainan video ini dilengkapi dengan alat “meteran struktural” yang mana ketika meteran ini sudah terisi penuh, pelindung karakter akan pecah dan mereka akan menjadi mudah terkena serangan fatal dari orang lain. Pemain juga dapat memblokir serangan musuh, tetapi hal ini akan menyebabkan meteran mereka juga terisi. Sebagai alternatif, pemain dapat menghindari serangan atau menangkis ketika musuh menyerang. Tangkisan yang dikenai ke musuh memungkinkan pemain dapat membuat musuh stun (pingsan) atau melempar mereka ke arah tertentu. Permainan video ini memungkinkan pemain untuk memanfaatkan apa yang ada di sekitarnya dan digunakan sebagai serangan tambahan mereka seperti, pemain dapat melempar botol ke arah musuh atau menedang musuh dari atas balkon. Musuh terakhir terkadang dapat memasuki arena pertarungan kapan saja ketika pertarungan dengan musuh yang lain sedang berlangsung.[2] Para pemain juga dapat memberikan opsi dialog yang memungkinkan mereka dapat melewati atau menghindari konflik pertarungan.[3]

Ketika karakter pemain terbunuh, mereka dapat dihidupkan kembali di lokasi terakhir pertarungan tersebut. Seiring bertambahnya umur karakter pemain, serangan mereka akan menjadi lebih kuat, tetapi tingkat kesehatan mereka akan berkurang, yang mengakibatkan karakter pemain lebih rentan terhadap serangan musuh. Pemain juga mempunyai misi mencari kuil, yang menjadi tempat pengobatan mereka serta untuk menguasai keahlian baru. Mereka juga dapat mengunjungi "wuguan", sebuah sekolah kungfu untuk melatih dan menambah keterampilan mereka.[2] keahlian bertarung akan hilang ketika karakter pemain mati, tetapi pemain dapat membuka peningkatan keahlian kungfunya secara permanen sehingga tersedia kembali di awal setiap putaran.[4] Saat pemain menyelesaikan beberapa putaran, mereka dapat mengakses "papan detektif", yaitu tempat menyimpan informasi yang berhasil dikumpulkan dari setiap rintangan yang telah dilewati, untuk membuka area rahasia dan jalan pintas.[2]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Permainan video ini dikembangkan oleh Sloclap yang sebelumnya pernah merilis permainan video laga Absolver pada tahun 2017. Tidak seperti Absolver, Sifu bukan permainan video dengan mode permainan pemain jamak. Permainan video ini terinspirasi dari film kungfu yang dibintangi aktor bela diri Jackie Chan, dimana ia mampu menangani banyak musuh seorang diri. Istilah sifu mengacu pada guru (master) dalam bahasa Tionghoa, sementara gaya pertarungan yang ditampilkan didalamnya didasarkan pada gaya bertarung Pak Mei, yang telah mendapat saran dari Benjamin Culos, seorang ahli kungfu Pak Mei. Tim Sifu berusaha memasukkan nilai-nilai seni bela diri kungfu kedalam permainan video ini seperti, penguasaan melalui latihan dan adanya sistem penuaan karakter.[5][6] Permainan video dirancang dengan kurva belajar yang tajam dan tingkat kesulitan tersendiri agar dapat memberi kesan kepada para pemain.[7]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Sloclap secara resmi memublikasikan permainan video Sifu saat siaran langsung State of Play dari Sony pada Februari 2021.[8] Tim awalnya berencana untuk merilis Sifu pada tahun 2021, tetapi ditunda ke tahun berikutnya agar mendapatkan waktu lebih untuk memutakhirkan permainannya.[9] Sifu akan dirilis pada 22 Februari 2022 untuk Microsoft Windows melalui Epic Games Store, PlayStation 4 dan PlayStation 5. Pemain yang membeli Edisi Deluxe dapat mengakses permainan videonya 48 jam lebih awal, serta mendapat tambahan buku seni digital dan soundtrack asli yang disusun oleh Howie Lee.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Peppiatt, Dom (2021-02-25). "Sifu is a Kung Fu action game from the Absolver developers, and it's coming to PS4, PS5 and PC". VG247 (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-16. 
  2. ^ a b c Wilde, Tyler (2021-09-09). "How Sifu's kung fu combat works, with 7 new video clips". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-16. 
  3. ^ Good, Owen S. (2021-09-09). "Rollicking beat-'em-up Sifu is a swift answer to all of kung fu's deepest questions". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-16. 
  4. ^ Saltzman, Mitchell (2021-09-09). "Sifu: The First Preview". IGN Southeast Asia (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-16. 
  5. ^ Wilde, Tyler (2021-02-26). "Kung-fu game Sifu will be singleplayer only, all about 'mastery through practice'". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-16. 
  6. ^ Donnelly, Joe (2021-09-09). "Sifu wants you to break walls and faces like Jackie Chan in its time-bending Kung Fu fighter". gamesradar (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-16. 
  7. ^ Avard, Alex (2021-03-29). "How Sifu is mixing authenticity, style, and the supernatural to deliver the ultimate Kung Fu power fantasy". gamesradar (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-16. 
  8. ^ Guisao, Jason. "Sifu, An Exciting New Martial-Arts Game, Premieres During State Of Play". Game Informer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-16. 
  9. ^ Holt, K (25 Agustus 2021). "Sifu's slick kung fu battles arrive on PlayStation and PC February 22nd". Engadget (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-16. 
  10. ^ Knoop, Joseph (2021-08-25). "Martial arts game Sifu gets February release date in new trailer". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-16. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]