Shooting-brake

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Reliant Scimitar GTE
Ferrari FF

Shooting-brake merupakan salah satu jenis bentuk mobil, biasanya dengan satu pintu di setiap sisi, dan mengotak sedikit di bagian belakang. Di bagian belakang mereka mungkin memiliki satu atau dua bukaan pintu bagasi.

Pada awalnya, jenis mobil ini merupakan jenis mobil mewah yang dimodifikasi untuk digunakan oleh pemburu ataupun berbagai pemain olahraga yang membutuhkan akses mudah seperti yang ditawarkan tipikal mobil biasa.[1] Di Inggris, Shooting-brake sudah umum digunakan dalam bahasa lisan dan tertulis, dan selama tahun 1950-an, untuk menunjukkan setiap kendaraan seperti itu. Namun, penggunaan kata tersebut mulai memudar dari penggunaan (kecuali di antara tuan tanah ) dan secara bertahap diganti istilah itu, selama tahun 1950 dan 1960-an.

Top Gear menggambarkan Shooting-brake sebagai "persilangan antara mobil estate dan mobil kupe".[2] Hampir semua mobil model Shooting-brake Sebagian besar datang dengan bentuk hatchback.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Woody Gallery - British Woodies". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-14. Diakses tanggal 2011-06-21. 
  2. ^ "Four-wheel-drive Ferrari shooting brake revealed". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-05. Diakses tanggal 2011-06-21.