Shitposting

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Shitposting adalah tindakan mengirimkan konten yang agresif, ironi, maupun troll tingkat rendah dalam skala yang besar.[1] Biasanya shitposting dilakukan di forum internet maupun media sosial.[2][3][4][5] Terkadang, shitposting digunakan untuk mengalihkan pembicaraan atau membuat para pengunjung situs web menjadi kurang nyaman.[6]

Awal mula

Tidak diketahui asal mula penggunaan kata shitposting ini dimulai. Namun dilansir Know Your Meme, diketahui terdapat di suatu forum bernama Something Awful pada tanggal 10 April 2007, dimana pengguna bernama OhSNAP!Tray menggunakan kata tersebut sebagai gambaran betapa kacaunya situasi di thread BYOB.

Penyebaran

Pada tanggal 28 Juni 2007, pengguna forum Penny Arcade bernama IHasABucket mengomentari salah satu thread tentang berbagai jenis musik EDM (Electronic Dance Music) sembari mengkritik pengguna lain dikarenakan melakukan shitposting pada thread tersebut.

Pada tanggal 4 Januari 2008, pengguna Urban Dictionary bernama jarrynkell membuat entri untuk mendefinisikan shitposting sebagai perbuatan "untuk mengacaukan suatu kiriman/diskusi pada suatu forum".[7]

Lalu pada tanggal 26 Maret 2010, pengguna Urban Dictionary lainnya bernama Chunky Milk menambahkan definisi baru perihal shitposting:

  1. Kegagalan membuat kiriman atau diskusi yang kondusif
  2. Ketidakmampuan untuk menambahkan informasi yang berguna ke suatu diskusi
  3. Ditambah dengan tulisan-tulisan yang provokatif yang dapat memperburuk kondisi suatu diskusi[7]

Pada tanggal 27 April 2011, sebuah entry berjudul "Shitpost" dibuat di situs budaya internet Encyclopedia Dramatica yang terdaftar di board /s4s/ (Shit 4chan Says) dan subreddit /r/circlejerk sebagai wadah komunitas yang berhubungan dengan shitposting. Pada tanggal 22 Oktober, dibuatlah subreddit bernama /r/shitpost yang bertujuan untuk mendiskusikan tentang post/thread berkualitas rendah yang ada di situs reddit.

Pada tanggal 11 November 2012, pengguna Reddit bernama RustledHard menambahkan sebuah screenshot dari suatu thread di 4chan berjudul "Now this is what I call shitposting" pada subreddit /r/4chan.

Istilah terkait

Funposting

Funposting adalah persamaan satiris dari istilah shitposting, mengartikan komentar seseorang yang tidak berkontribusi dalam suatu diskusi forum dan mengejeknya. Kemunculan awal penggunaan kata ini berawal pada suatu forum pada board /a/ di 4chan ketika seorang anonim mengeluh dikarenakan thread tersebut dirusak oleh para shitposter.

It's Still Shitposting Even If You Are Being Ironic

It's Still Shitposting even if you are being ironic Adalah kalimat yang digunakan untuk mengkritik para pengirim shitposting 4chan dengan menggunakan gambar makro yang menampilkan karakter Keine Kamishirasawa dari serial game Jepang Touhou Project.

[s4s]

[s4s] (Shit 4chan Says) adalah tempat yang sering disebut dengan nama forum shitposting, diketahui forum inilah yang memomulerkan istilah Topkek, gippo dude, dan dubs guy memes. Dalam 4chan FAQ menggambarkan shitposting sebagai "dengan sadar memberi kontribusi pada thread berkualitas rendah, di luar topik, atau sakit."

Desu

Desu adalah kata akhiran dalam bahasa Jepang yang sering digunakan untuk berkomentar tanpa makna pada suatu alur diskusi sembari menggunakan karakter Suiseiseki dari animasi Jepang bernama Rozen Maiden.

Le Lenny Face

Le Lenny Face adalah emotikon yang dibuat dari simbol karakter unicode yang sering digunakan untuk spam comment/nyampah pada suatu forum.

Awal mula

Dilansir dalam Know Your Meme, kemunculan pertama kali emotikon ini berasal dari suatu tempat mengirim gambar-gambar di internet asal Finlandia. Ylilauta pada tanggal 12 November 2012 pada forum internasional yang digunakan sebagai komentar pada pengurus untuk mengubah pengaturan detektor spam mereka setelah seorang anonim mengeluh dikarenakan terlalu banyak diskusi yang disematkan, lalu pengguna anonim lainnya menggunakan emotikon ini beserta kalimat this thread is leaking from the heavens, pengguna lainnya lagi menggunakan emotikon ini secara terus menerus selama 3 hari berturut-turut.[butuh rujukan]

Penyebaran

Pada hari yang sama, emotikon ini menyebar hingga ke 4chan, tepatnya pada forum /v/, kemudian menjalar pada forum /sp/ (Sports), dan /b/ (Random), di mana beberapa pengguna sempat diblokir dikarenakan menggunakan emotikon secara berlebihan.[butuh rujukan]

Penerapan

Politik

Pada Mei 2016, The Daily Dot menulis bahwa shitposting merupakan bentuk provokasi yang disengaja untuk memberikan dampak yang maksimal, tetapi dengan usaha yang minimal.[8]

Pada September 2016, kelompok alt-right Nimble America menjadi sorotan media massa karena kerap melakukan shitposting dan menyebarkan meme internet untuk memfitnah Hillary Clinton.[9][10][11]

Lihat pula

Referensi